Bongkar Tujuh Perbedaan Honda New CBR150R 2018 Dengan CBR150R 2016, Dijejali Fitur Kekinian!

Nah kan beda? kiri yang dulupernah saya tes!

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!

Brosist, kemarin siang kita semua digegerkan dengan perilisan motor sport fairing terbaru Honda, yakni Honda New CBR150R 2018 yang sebelumnya sudah muncul rumornya, menyeruak diantara gosip motor lainnya. Honda yang terakhir kali merilis CBR150R versi Facelift di tahun 2016 lalu, nampaknya tetap ingin mempertahankan posisi sang Honda CBR150R sebagai motor sport fairing terlaris di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan pemberian fitur pada sang sport fairing yang kini jadi lebih banyak dan pastinya lebih kekinian. Pas buat brosist yang suka aura modern dari sebuah motor. Nah, kali ini spesial IndoRide mau kupas Tujuh Perbedaan Honda New CBR150R 2018 dengan CBR150R 2016! Apa saja itu? Monggo disimak lebih lanjut brosist!

Mesin masih sama dengan versi 2016!

Baca juga :

Seperti yang brosist tahu, bahwa dari segi dapur pacu, sang sport fairing besutan Honda ini masih memakai mesin yang sama dengan versi pendahulunya. Mesin DOHC Near Square yang sanggup mengeluarkan tenaga 12,6 kW (17,1 PS) /9.000 rpm dan torsi 14,4 Nm (1,47 kgf.m)/7.000 rpm. So, gak ada bedanya nih, tetap memakai mesin sebelumnya yang identik ganas di putaran bawah dan stabil di putaran atas. Dari mesin gak beda ya, jangan ditanya lagi okeh, wkwkw.. Nah AHM lebih menekankan pada perubahan fitur yang berguna bagi kenyamanan dan keamanan riders saat memakai CBR150R ini. Apa saja?

1. Visor tinggi dan cembung, makin gagah deh!

Sebelumnya Honda CBR150R 2016 seringkali dikritik karena penggunaan visor yang pendek dan juga rata, membuat sang sport fairing menjadi kurang gagah dan kelihatan ramping banget. Alhasil, banyak yang protes dan akhirnya beli visor sendiri. Ternyata AHM mendengar keluhan ini dan segera mengganti visor dengan yang lebih tinggi dan cembung, nah ini baru keliatan “mogenya”! Setuju gak bro?

2. Bentuk Fairing “Muka” berbeda, kini lebih berisi!

Nah kan beda? kiri yang dulupernah saya tes!

Jika brosist sadar, melihat “muka” atau fairing depan dari CBR150R terbaru ini berbeda dengan CBR150R versi 2016. Terlihat berbeda karena selain Visor yang kini tinggi, bagian Muka dari sang CBR150R juga ada perbedaan dengan versi sebelumnya. Terlihat, sekarang bagian fairing depan tidak lagi terlihat pipih seperti versi terdahulu, sekarang jadi lebih berisi tampilannya karena Honda mengisi bagian-bagian kosong pada motor ini. Terlihat Honda menghilangkan lubang yang ada di bagian fairing depan CBR150R sebelumnya yang membuat tampilannya jadi terlihat kecil dan ramping. Terbukti, sekarang jadi makin berisi deh! Dikombinasi dengan visor tinggi dan headlamp LED yang menyipit, makin sangar dah.

3. Speedometer LCD Negative Backlight, lah ini keren!

Wow, pake speedo Negatif!
Yang versi old, backlight biru!

Menjawab keinginan konsumen dan menyambut tren terbaru 2018, Honda mengubah speedometer sang CBR150R versi 2018 menjadi negatif, atau bahasa inggrisnya inverted speedometer. Bisa ditebak tampilannya jadi berubah menjadi warna biru gelap dengan aksen digital berwarna putih. Walau ukuran dan bentuknya sama, perubahan instrumen warna pada speedometer ini gak bisa dipungkiri menjadi daya tarik tersendiri bagi the new CBR150R. Jujur warna LCD negative inverted ini emang kerennn abis bro!

Baca juga :

4. Cakram gelombang/Wavy Disk di depan dan belakang, makin tahan panas nih!

untuk tren Wavy Disk ini sudah diindikasikan oleh Honda sejak perilisan CB150R 2018 beberapa waktu lalu. Honda nampaknya ingin menyamaratakan pemakaian disk Wavy/bergelombang ini di lini motor sportnya. Karena memang terbukti, pemakaian cakram bergelombang atau wavy disk ini efektif meningkatkan penampilan motor jadi jauh lebih ngganteng masbrooo! Selain itu pastinya ada kegunaan lain, yakni penyebaran panas pada cakram jadi jauh lebih baik, karena ada lebih banyak kisi-kisi untuk menyalurkan panas supaya cakram gak overheat. Mantab deehh..

5. Bentuk velg berbeda, mirip Honda CB150R Exmotion!

velg makin agresif nih keliatannya!

Nah yang satu ini saya sadari pasca melihat foto dari sang sport fairing. nampak Honda mengubah velg Honda CBR150R yang baru saja 2,5 tahun pasca perilisan tahun 2016 ini, diganti menjadi bentuk baru yang terlihat lebih atraktif nih bro. Velg palang Y, yang kini nampak sekilas mirip dengan velg Honda CB150R exmotion Thailand. Ukuran tentu masih sama yakni 2,5 inch depan dan 3,5 inch belakang. Perbedaan bentukmenjadi palang Y ini mengindikasikan sesuatu kah bagi brosist? Hmm… Exmotion bakal dilokalkan? Silahkan berspekulasi :p .

Ketemu Langsung Honda CB150R Exmotion! SANGARRRR!
Nah kan mirip? Apa jangan jangannn…

Baca juga :

6. Suspensi depan Teleskopik, yang punya 5 level kekerasan. Bisa distel! 

Ini menurut saya yang terbaik sih dari perubahan CBR150R 2018. AHM memberikan fitur yang menurut saya sangat berguna, tertutama di kelas sport fairing allrounder kayak gini. Pastinya butuh suspensi yang bisa digunakan di segala kondisi. Jalan rusak? ayo, jalan mulus atau sirkuit balap? gas terus! Nah disini AHM memberikan fitur yang mungkin pertama diaplikasikan di kelasnya nih, yakni suspensi teleskopik dengan 5 level kekerasan brosist! Maksudnya?

Jadi gini bro, lazimnya suspensi yg bisa distel ini ada di suspensi depan upside down, biasanya sih dipakai oleh moge nih suspensi yang bisa distel. di Honda CBR150R ternyata juga diberikan fitur ini, yakni 5 level (preload) kekerasan suspensi. Intinya, semakin tinggi angka maka suspensi akan semakin soft/lembut, dan semakin rendah angka maka suspensi akan makin stiff/kaku. Menurut pihak AHM, CBR150R default di stel di angka 3 untuk kenyamanan dalam pengunaan harian maupun handling untuk nikung. Mau lebih agresif lagi di sirkuit? Bisa stel ke paling rendah! Mau nyaman menghantam lubang? Stel paling tinggi! Enak kannnn..

Baca juga : 

7. Fitur ABS+ESS disematkan, pertama di kelasnya!

Awalnya rumor bahwa CBR150R akan kembali dijejalkan fitur pertama di kelasnya menjadi perbincangan hangat netizen. Setelah di versi sebelumnya Honda menjadi pelopor All LED lamp di motornya, kali ini honda kembali menjadi pelopor dengan memberikan fitur Antilock Braking System di CBR150R ini bro! Sedaaapppp… Antilock braking system pada dasarnya adalah teknologi pengereman yang mencegah ban ngunci saat direm di kecepatan tinggi. Pastinya bakal lebih aman nih bro!

Selain itu diperkenalkan juga fitur ESS alias Emergency Stop Signal, adalah fitur baru yang meningkatkan keamanan saat menaiki Honda New CBR150R 2018. Singkatnya, fitur ini memberikan sinyal lampu Hazard kepada pengguna jalan lain sebagai isyarat saat motor rem mendadak. Fitur ini untuk memberikan informasi kepada pengendara lain agar menjaga jarak dan dapat menghindari kecelakaan.. Mantap yaa!

Nah, itu dia Perubahan Honda New CBR150R 2018 dibanding CBR150R 2016 brosist. Memang soal mesin dan desain gak ada perubahan berarti. Tapi soal fitur-fitur terbarunya menurut saya ini pass banget untuk diaplikasikan di kegiatan harian. Pastinya bikin sang CBR150R terbaru ini makin nyaman dan aman dipakai harian. Oh ya…

Pilihan Warna Honda New CBR150R 2018

Honda New CBR150R 2018 memiliki 4 varian warna untuk masing-masing tipe. Ada warna Matte Black, Victory Black Red, Honda Racing Red dan juga yang spesial ada warna Honda Repsol MotoGP Edition. 

Honda New CBR150R 2018 warna Matte Black
Honda New CBR150R 2018 warna Victory Black Red
Honda New CBR150R 2018 warna Racing Red
Honda New CBR150R 2018 warna Repsol MotoGP Special Edition

Harga Honda New CBR150R 2018!

Pastinya… untuk harga CBR150R ABS dan CBR150R standart berbeda dong ya. Untuk Matte Black dan Victory Black Red dipasarkan dengan harga OTR (On The Road) Jakarta Rp 33.800.000,- untuk tipe STD dan Rp 37.800.000,- untuk tipe ABS. Sementara pilihan warna Honda Racing Red dipasarkan dengan harga On The Road (OTR) Jakarta Rp 34.500.000,- untuk tipe STD dan Rp 38.500.000,- untuk tipe ABS. Sedangkan warna MotoGP Edition dipasarkan dengan harga On The Road (OTR) Jakarta Rp 34.700.000,- untuk tipe STD dan Rp 38.700.000 untuk tipe ABS.

Sip deh, udah dibongkar semua ya bro, perbedaan dan persamaan, spesifikasi, sampai pilihan warna serta harga dari Honda New CBR150R 2018 ini. Semoga makin memperkokoh niat brosist buat beli atau gak beli sport fairing terbaru Honda ini. Silahkannn dipilih, oke gak nih CBR150R pake fitur-fitur yang kekinian ini? Silahkan berikan commentnya ya brosist!

Semoga berguna!

Jangan lupa follow media sosial saya lainnya untuk bersilaturahmi..

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

.<

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*