Suzuki Gixxer Vs Yamaha FZ (Byson) FI,bakal berdarah-darah jika dibawa ke Indonesia nih!!

ARblog – Assalamualaikum,selamat malam brosist,semoga tetap sehat dan semangat ya..

fz vs gixxer

Dunia otomotif semakin kesini semakin menggeliat saja. Tidak hanya di Indonesia,bahkan di hampir seluruh wilayah di dunia membutuhkan sarana transportasi yang mumpuni,maka dari itu pabrikan berlomba-lomba menyediakan motor yang sekiranya bisa memenuhi keinginan masyarakat dan hasilnya mereka akan meraup keuntungan karena karyanya tersebut. Tak terkecuali di India,negeri yang terkenal dengan Bollywoodnya ini juga dunia otomotifnya semakin maju saja. Bisa kita lihat karya dari pabrikan-pabrikan asal India yang sudah membentangkan sayapnya ke seluruh penjuru dunia. Bajaj,TVS,dan Tata yang sudah masuk ke Indonesia adalah contoh pabrikan asal negeri bollywood ini. Bahkan salah satu pabrikan otomotifnya,Mahindra,berani ikut serta di ajang balap bergengsi Moto3 dengan motor andalan buatannya..

FZ FI

FZ FI

Nah,oleh karena itu Yamaha tertarik untuk memasarkan produk fenomenalnya,FZ16 a.k.a Byson di India. FZ16 sendiri pertama kali diluncurkan di India dan sekarang sudah menjadi motor yang sempat laku keras di Indonesia. Meski banyak yang mengatakan kalau mesin FZ16 ini boyo atau tidak ada tenaganya,tidak bisa ngebut,dan segala macam komentar negatifnya,tetapi tetap saja konsumen suka,mungkin karena desainnya yang serba gambot membuat konsumen jatuh cinta.. Tak mau kalah,Suzuki akhirnya juga memperkenalkan gacoan barunya di kelas 150 cc yang diberinama Gixxer. Sport entry level berkubikasi 150cc ini sepertinya desainnya sengaja dibenturkan dengan FZ16 yang sudah berjaya sebelumnya. Dengan tetap mengusung “Suzuki Style” yaitu kalem dan elegan,tidak dapat dipungkiri kalau motor yang satu ini memikat hati brosist.. Desain velg yang berbentuk Y dan power yang cukup besar membuatnya jadi semakin diminati dinegara asalnya.

suzuki Gixxer

suzuki Gixxer

Media otomotif terkenal asal India,Autocar,ternyata sudah membuat video komparasi dari keduanya. Mereka mengulas secara detail kelebihan dan kekurangannya melalui channel videonya di YouTube. Motor yang dikomparasikan antara lain adalah FZ-S FI yakni versi sportynya dari FZ16 FI,kebetulan warnanya merah dan putih. Lalu Gixxernya sendiri berwarna merah polos.. Kira-kira bagaimana ya tanggapan mereka yang sudah expert mereview motor berbicara tentang kedua motor ini??

  • Dipakai di segala kondisi jalan

Menurut mereka,baik FZ FI maupun Gixxer sama-sama nyaman dipakai di jalan baik jalanan aspal halus maupun bumpy road atau jalanan bergelombang. Tak ada guncangan yang berarti ketika berada di atas jok motor ini. Mungkin karena motor baru juga ya :D. Belum ada longterm testnya sih brosist..

  • Handling

fz vs gixxer 2

Tanggapan mereka juga sama ketika ditanyakan soal handling,mereka bilang handlingnya cukup baik untuk motor 150cc entry level. Bisa dilihat di video komparasi tersebut,meliuk-liuk menggunakan Gixxer maupun FZ FI enak saja,tidak ada hambatan yang berarti.. Belum ngerasain langsung sih,semoga kalo diboyong kesini saya bisa diajak testride #curhat 😥

  • Performa mesin

Masuk ke ranah yang agak sensitif nih,mesin! Gak jarang kan banyak yang nyebar black campaign karena kekurangan suatu produk,apalagi kalau soal mesin tuh.. Nah di bagian pembahasan tentang performa mesin,tester bilang kalau si Gixxer agak sedikit superior dibanding rival sekelasnya,FZ FI. Mesin basisnya sama yaitu 2 valve air cooled brosist. Mungkin letak perbedaannya ada di kubikasi mesin,jika FZ-FI mengalami downgrade dari generasi sebelumnya yang berkubikasi 153 cc dan output powernya mencapai 14 bhp diturunkan menjadi 149 cc dan output power 12,9 bhp menggunakan mesin teknologi Blue Core yang kabarnya bisa lebih efisien dan bertenaga. Gixxer sendiri berkubikasi 155 cc 2-valve air cooled dan punya output power hingga 14,6 bhp. Kedua motor ini sudah menggunakan pengabutan injeksi brosist.. Wooww.. Menurut testrider sih katanya akselerasi lebih jago si Gixxer juga. Dan topspeednya,untuk Gixxer 116 km/jam dan FZ-FI 109 km/jam menurut testrider. Hmmm,lagi-lagi agak kurang percaya kalau belum ngetest sendiri ya :p

  • Desain

fz vs gixxer 3

Desain = selera. Ya,desain memang selera masing-masing orang yang melihatnya. Menurut kacamata saya pribadi,keduanya mempunyai desain yang hampir sama,yaitu desain besar dan kekar yang membuat siapapun yang menaikinya serasa macho. Untuk soal desain dari kedua motor ini,saya lebih menyukai desain FZ-FI yang masih membawa kesan kekar namun tetap elegan layaknya kakak kandungnya,FZ16 old. Revisi dibagian headlamp yang lebih meruncing,shroud yang lebih besar,knalpot,dan tail light yang lebih tajam membuatnya sedikit lebih ganteng ketimbang rivalnya. Bikin naksir nih FZ-FI!!

Desain dari Gixxer juga gak kalah menariknya. Mengusung Velg palang Y dengan ban gambot menjadikannya kekar berotot! Selain itu,tangki yang lebih berlekuk ala moge-moge suzuki menjadikannya lebih macho dan pastinya membuat tangkinya lebih enak “dipeluk” oleh paha.. Tail light yang sekilas mirip Inazuma juga membuatnya terkesan elegan.. Macho brosist!

Sayangnya,kedua motor ini kekurangannya yaitu masih menggunakan rem tromol pada ban belakangnya. Memang sih rem tromol gak kalah pakem dari rem disc,tapi agak mengurangi estetika ya brosist..

Last,Bagaimana ya kalau kedua motor ini diboyong oleh pabrikan masing-masing ke indonesia? Pasti akan menarik buat dimiliki. Dengan harga 20 jutaan,motor ini sepertinya akan worth untuk dibeli mengingat desainnya yang macho dan beberapa kelebihannya.. Kabar yang santer menyebutkan bahwa Yamaha FZ-FI sudah mulai ditest dijalanan Indonesia. Wah,Gixxer kapan nih?? Ayo Suzuki,perlihatkan taringmu dengan berani memboyong Gixxer ke tanah air tercinta. So,Yamaha dan Suzuki? Siap berduel hingga “berdarah-darah” gak nih?? Ditunggu kehadirannya 😀

Neh video dan spesifikasi kedua motor ini,silahkan dinikmati brosist 😀

Thanks for reading and sharing,please comment below here,and see you on the next article

Wassalamualaikum.

Advertisements

About IndoRide.com

Seorang pemuda yang mencintai dan punya passion di dunia Roda 2. Senang menulis dan sharing apa yang saya tahu dan saya alami. This is my ordinary blog, selamat berkunjung di IndoRide.com.
This entry was posted in Suzuki, Versus, Yamaha and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

8 Responses to Suzuki Gixxer Vs Yamaha FZ (Byson) FI,bakal berdarah-darah jika dibawa ke Indonesia nih!!

  1. Pingback: Yamaha Resmi Launching New Byson FI,Kini Tampil Lebih Garang dan Agresif! | Alki Rahmatullah's Blog

  2. oscar coy says:

    Klo msin sama2 stndart pabrik. Gk kya suzuki br0.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s