Tips n Trick : Riding Safety di Traffic padat perkotaan,Kenapa tidak??

ARblog – Assalamualaikum,selamat sore brosist,semoga tetap sehat dan semangat..

Padet banget dah!

Padet banget dah!

Semakin banyaknya kendaraan baru yang murah dan terjangkau,semakin pelik juga masalah yang dihadapi bagi para pengguna jalan. Membludaknya angka kendaraan baru yang turun ke jalan tak ayal membuat jalanan semakin padat dan macet. Tak heran,angka kecelakaanpun semakin tinggi karena banyak pengguna jalan yang kurang mematuhi peraturan yang telah ditetapkan. Gak hanya kecelakaan brosist,jalanan juga bisa menjadi ajang duel karena saling tidak terima merasa dirinya benar.. Sudah banyak contohnya brosist,seperti artikel yang sudah saya tulis sebelumnya tentang om Andi Wenas,beliau menjalankan misi vigilante karena sudah muak dengan perlakuan pengguna jalan yang masih srunthulan,tapi ya caranya kurang baik brosist,dengan memaki-maki pengguna lain..

Baca juga ; Kisah om Andi Wenas : Niatnya baik sih,tapi…

Nah,berdasarkan pengalaman pribadi juga yang masih sering sruntulan (maafkan saya yang kadang suka khilaf ini brosist :D),saya pun browsing,gimana sih caranya supaya bisa safety riding yang tentunya aman bagi diri sendiri dan juga pengguna jalan lain??

Baca juga : SELALU GUNAKAN PERANGKAT SAFETY RIDING JIKA TIDAK MAU SEPERTI INI BROSIST! NGERI BANGET..!!

Saya pun mendapatkan artikel yang dirilis oleh motorcyclistonline.com, tentang 10 cara agar tetap aman saat berkendara di kota. Artikel ini sebenarnya sudah lama dirilisnya brosist,tapi apa salahnya saya kembali angkat untuk memberikan edukasi berkendara yang lebih baik,istilahnya artikel ini Old But Gold lah hehe.. So,pantengin terus ya brosist!! Check this one out yeah!

1.  Antisipasi pergerakan kendaraan di depan

safety 3

Antisipasi memang menjadi jurus ampuh supaya selalu aman dalam segala hal. Biasanya,sesuatu yang sudah diantisipasi bisa berjalan dengan baik. Begitu juga saat sedang riding atau driving brosist,antisipasi sangat diperlukan supaya gak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti berbenturan atau tabrakan. Antisipasinya dengan cara selalu konsentrasi ke kendaraan yang berada di sekitar kita,dan atur kecepatan kendaraan yang brosist kemudikan,agar masih bisa melakukan manuver kalau kendaraan didepan berbelok tiba-tiba..

2.  Lihat spion,tetapi jangan terlalu sering

Spion. Pict from : sansinno.com

Spion. Pict from : sansinno.com

Spion sangat penting saat berkendara. Kegunaannya ialah melihat kendaraan di belakang sehingga kita tidak perlu menengok terlalu sering. Seringnya,spion ini letaknya sejajar dengan bahu,sehingga harus melakukan usaha ekstra untuk melihat kendaraan di belakang. Menurut artikel tersebut sih,jangan terlalu sering melihat ke spion. Gunakan sedikit feeling dan isyarat tangan agar tidak terlalu sering melihat ke spion.

3.  Jangan pernah berada diantara mobil dan trotoar!

Bahaya..!!

Bahaya..!!

Jangan pernah berada ditengah-tengah mobil dan trotoar,bahkan ketika ingin menyalip sekalipun! Mengerikan ketika brosist mencoba menyalip mobil dari arah kiri dan tiba-tiba mobil tersebut memutuskan untuk belok,selesai urusannya brosist. Sebaiknya,menyalip hanya dari kanan dan usahakan jalan di depan kosong agar tidak bergesekan atau bahkan bertabrakan dengan ke

ndaraan arah sebaliknya..

4.  Selalu siap untuk ngerem!

Nah,terkadang kendaraan didepan kita bisa saja berhenti mendadak. Maka dari itu,antisipasi rem mendadak juga perlu brosist. Selalu tempatkan kaki kanan brosist di pedal rem belakang,atau jika motornya matic selalu sedia pegang tuas rem kiri. Imbangi dengan tekan rem depan secara teratur agar motor bisa berhenti dengan sempurna. Jangan menggunakan rem depan ataupun belakang secara full,karena akan membuat motor brosist oleng dan terjatuh!

5.  Beri tanda

Pastikan pengendara lain dan pejalan kaki melihat wujud brosist sebagai pengendara motor :D. Nyalakan selalu lampu utama dan nyalakan lampu High beam jika berkendara di malam hari nan sepi.. *hiihihi *skip. Cobalah untuk menggunakan riding wear yang terang atau jika perlu glow in the dark supaya selalu terlihat bahkan ketika berkendara di malam hari..

6. Kenali power motormu!

speedo

Kenali power motormu brosist. Mengenali power motor sendiri bisa membuat brosist jadi punya gambaran bagaimana cara menyalip mobil atau bahkan truk dengan benar. Banyak kecelakaan yang terjadi karena biker tersebut memaksa menyalip padahal power kurang mumpuni dan celahnya sangat sempit,akhirnya tertabrak dari lawan arah! Lebih baiknya,menyalip mobil jika didepan sedang kosong,tidak ada kendaraan dari lawan arah..

7.  Traffic melambat? Tetap di sisi kanan atau kiri kendaraan didepan..

safety 4

Ketika traffic tiba-tiba melambat,usahain supaya brosist tetap berada di sebelah kanan atau kiri kendaraan yang berada di depan brosist. Ketika brosist berada di sisi kiri atau kanan kendaraan tersebut.memungkinkan bagi brosist untuk menyalip. Hati-hati ketika menyalip saat traffic sedang melambat brosist,jaga-jaga kalau ada motor juga yang mencoba menyalip dengan kecepatan tinggi! so,balik lagi ke point-point sebelumnya ya!

8.  Pelajari keadaan sekitar (kondisi jalan,kondisi cuaca,dll)

Pelajari kondisi atau keadaan sekitar wilayah tempat brosist mengendarai kendaraan. Mempelajarinya memungkinkan brosist untuk sekali lagi mengantisipasi hal-hal yang akan terjadi seperti munculnya lubang,atau pasir yang bisa membuat motor brosist kehilangan keseimbangan,atau cuaca yang bisa berubah-ubah,dll. Keep in Touch with the situation around you brosist..

9.  Gunakan Jempolmu!

Gunakan jempol kirimu untuk sekedar menekan tombol sein,klakson atau menekan tombol lampu dim brosist. Berikan sinyal yang cukup kepada pengendara lain jika ingin berpindah jalur atau ingin berbelok. Hati-hati,lupa menekan tombol sign atau tombol klakson bisa membuat celaka karena pengendara lain tidak tahu jika kita ingin berbelok misalnya!!

10. Kendarai motor di “Zona Terbuka”

safety 2

Jika jalanan yang brosist lewati ketika berkendara cukup lengang,perhatikan kecepatan kendaraan brosist lalu cari gap diantara kendaraan dan kendarailah melaluinya. Jangan terlalu dekat dengan kendaraan yang brosist akan lewati,sebaiknya berikan ruang tambahan untuk bermanuver dan menghindari blind-spots. 

Baca juga : Berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan ketika berkendara disaat hujan brosist..!!

Last but not least,sudah saatnya kita semua sadar akan pentingnya berkendara yang aman di jalan. Dengan semakin gencarnya pabrikan motor dan mobil menggelontorkan gacoannya masing-masing,artinya jalanan akan semakin padat! Maka dari itu,agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,apa salahnya mulai dari sekarang mencoba melakukan safety riding?? Semoga artikel ini berguna bagi brosist sekalian dan juga bagi penulis sendiri yang masih banyak kekurangannya :D. Ada yang mau menambahkan tentang artikel ini brosist? Silahkan berkomentar di kolom komentar yang telah tersedia dibawah ini 😀

Thanks for reading and sharing,see you on the next article. Wassalamualaikum.

Advertisements

7 thoughts on “Tips n Trick : Riding Safety di Traffic padat perkotaan,Kenapa tidak??

  1. Pingback: Merawat Kabel Kopling Motor Agar Tidak Keras Dan Rawan Putus,Mudah Banget! | Indoride.com

  2. Pingback: Cara Mudah Kloning/Memperbanyak Objek Gambar Di Picsart ; Bisa Jadi Kurcaci! | Indoride.com

  3. Pingback: Wahana Honda Lakukan Kampanye Safety Riding Ke Anak TK ; Pentingnya Safety Riding Sejak Usia Dini! | Indoride.com

  4. Pingback: Wahana Honda Lakukan Kampanye Safety Riding Ke Anak TK ; Pentingnya Edukasi Safety Riding Sejak Usia Dini! | Indoride.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s