Perbedaan Spesifikasi Suzuki GSX150 Bandit Dengan Suzuki GSX-S150, Masukkk!

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!

Brooo, maaf baru muncul tulisannya karena kemarin saya lagi piknik ke kota orang, hahaa… Jadi langsung aja ke pembahasan ya. Ceritanya Kamis tanggal 6 September kemarin saya menghadiri undangan Suzuki untuk acara Info Session Suzuki GSX150 Bandit 2018. Wajar saja, karena banyak dari kami yang belum puas dan masih kepo banget dengan sang Bandit yang hadir di GIIAS 2018 Agustus lalu. Nah, di acara ini Suzuki menampilkan hal-hal yang perlu diketahui tentang Suzuki GSX150 Bandit terbaru ini, termasuk tentang Perbedaan Spesifikasi Suzuki GSX150 Bandit dengan Suzuki GSX-S150! Yap, banyak yang pengen tahu, soalnya kabarnya dua motor ini sama, masuk di segmen yang sama dengan banyak kesamaan, apa gak benturan? Nah, berikut paparannya brosist!

GSX150 Bandit, apa saja perbedaannya dengan GSX-S150?

 

Di acara kemarin, gak cuma bongkar informasi tentang motor naked terbaru dari Suzuki ini, tapi juga membongkar tentang perbedaan sang Bandit dengan GSX-S150 yang lebih dulu hadir. Suzuki, lewat bapak Harsoyo selaku technical team Suzuki menjelaskan, Suzuki GSX150 Bandit punya segment yang berbeda dengan GSX-S150, jadi gak bisa dibilang sama ya kedua motor ini. Suzuki GSX150 Bandit diciptakan untuk segment yang lebih luas, dengan mengedepankan kepraktisan berkendara dan kenyamanan yang lebih ditonjolkan. Terbukti dengan koreksi yang ada di segitiga ergonomi serta jok tandem yang pas untuk berboncengan.

Jok landai, pas untuk boncengan!

Selain dari desain, yang sudah jelas beda, ada lagi yang berbeda dari Suzuki GSX150 Bandit ini dengan GSX-S150. Terutama adalah di bagian Rangka belakang yang lebih landai dibanding GSX-S150. Hal ini mendukung kenyamanan yang lebih tinggi bagi para boncenger yang bisa duduk dengan lebih nyaman dan tidak terlalu tinggi. Tinggi tempat duduk dari footstep juga lebih rendah yakni hanya 395mm, berbeda dengan versi R dan S di angka 425mm. Gak hanya itu, footstep pun diubah menjadi lebih rendah supaya kaki boncenger bisa nyaman dan tidak cepat pegal saat dibonceng naik GSX150 Bandit.

Suzuki mengklaim, walau dengan perubahan rangka ini Suzuki GSX150 Bandit tetap kencang dan stabil untuk melahap tikungan layaknya GSX-R150 dan GSX-S150. Rangka ini tetap elastis dan kokoh untuk meningkatkan kenyamanan berkendara para pemakainya. Mantaapp!

Perbedaan juga ada di pemasangan handle belakang atau yang biasa kita sebut behel. Tentunya part ini sangat berguna di motor naked bike, untuk menggeser atau mengangkat body motor saat sedang di parkiran. Pasti deh brosist ngerasain gimana sulitnya mindah mindahin motor kalau gak ada handle/pegangan ini.. Selain itu pegangan ini juga berguna untuk memberikan kenyamanan lebih pada pembonceng untuk berpegangan ke handle ini. Apalagi kalau belum nikah tuh! :p.

Gak cuma itu, yang sempat bikin saya penasaran adalah perubahan Ban Suzuki GSX150 Bandit dari versi GSX-R150 dan GSX-S150. Walau dari kaki kaki terlihat sangat mirip, namun ada yang berbeda dari GSX150 Bandit ini. Ialah Ban yang merknya berbeda tuh Brosist! Ban Suzuki GSX150 Bandit ini Merknya DUNLOP dengan tipe D102FA untuk depan dan D102A untuk belakang. Kembangan/ulir bannya pun beda dengan IRC EXATO yang sebelumnya dipakai di GSX-R150 dan GSX-S150. Alasannya apa sih? Nanti saya jabarkan di artikel berikutnya, panjang soalnya!

Lalu, perbedaan lain mungkin hanya perbedaan kecil seperti di bagian muffler atau knalpot, dimana di knalpot GSX150 Bandit ini diberikan semacam cover yang berguna banget untuk menghindari kontak langsung sepatu/barang boncenger dari panasnya pembuangan udara hasil pembakaran mesin bertenaga 19,2 PS ini. Sayangnya, di GSX150 Bandit, spakbornya tidak terdiri dari 2 piece, melainkan hanya 1 piece. Bisa dilepas, namun harus lepas semuanya, gak seperti GSX-S150 yang bisa dilepas mudguardnya saja.

Baca juga

Perbedaan juga ada di bobotBobot Suzuki GSX150 Bandit adalah 136kg, berbeda dengan Suzuki GSX-S150 yang hanya di angka 130kg. Ada perbedaan sekitar 6kg disana. Saat ditanyakan, pak Harsoyo menjawab bahwa perbedaan berat ini disebabkan oleh perubahan konstruksi dan bentuk rangka, sehingga ada penambahan berat disana. Namun, pak Harsoyo menjamin bahwa handling, tenaga, serta kenikmatan berkendara GSX150 Bandit ini gak akan berbeda dengan GSX-S150 maupun GSX-R150!! Hmmmm, jadi penasaran mau coba dahhh!

Overall, SAMA! 

Seperti yang udah saya jelasin di artikel sebelumnya, overall GSX150 Bandit ini SAMA PERSIS dengan GSX-S150. Dalam arti kata soal mesin, kaki-kaki, speedometer, serta fitur-fitur dari nakedbike yang ringan ini. Spesifikasi Suzuki GSX150 bandit ini di bagian mesin pun sama dengan GSX-S150. Berikut Spesifikasi Lengkap Suzuki GSX150 Bandit 2018!

Spesifikasi GSX150 Bandit

Nah, sama kan? Suzuki juga meyakini bahwa Suzuki Genuine Accesories serta aksesoris SARP yang sebelumnya diinstalasi pada GSXR150 dan GSXS150 dapat dengan mudah dipasangkan di GSX150 Bandit, tanpa banyak ubahan lagi! Weesss jelas thooo.. jadi yang beda gak cuma fisik aja ya, ada beberapa perbedaan yang cukup signifikan, tapi secara overall sih kedua motor ini identik, tentunya supaya part lebih mudah dan murah karena common parts… Jadi gak sabar mau ditest buat boncengan ya!

Jadi penasaran mau coba, GSX150 Bandit!

Semoga berguna!

Jangan lupa follow media sosial saya lainnya untuk bersilaturahmi..

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

.<

Advertisements

1 Trackback / Pingback

  1. Suzuki GSX150 Bandit Warna Putih Kuning Memang Favorit, Representasikan Semangat Anak Muda! - IndoRide.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*