Yamaha Lexi 125 Atau Honda Scoopy Untuk Ojek Online? Mana Yang Cocok? (Pertanyaan Pembaca)

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!

Bro, asli nih di awal tahun lagi ngumpulin motivasi buat nulis lagi, maaf ya kalau jadi bolong2 gini nulisnya haha.. Nah kali ini saya bakal bahas sedikit tentang pertanyaan yang buanyak banget masuk ke DM instagram saya di @indoride , pembaca dan juga followers yang nanya soal motor apa yang cocok untuk dirinya. Banyak macamnya nih, mulai dari membandingkan motor matic, bebek, sport, hingga maxi scooter.. Banyak yang nanya “mending mana bang…”, karena yang nanya banyak, kita jawab satu satu ya! Nah, kali ini ada yang nanya ke saya, untuk profesi ojek online, lebih pilih mana antara Yamaha Lexi 125 atau Honda Scoopy? Pertanyaan menarik nih!

Yamaha Lexi 125 atau Honda Scoopy untuk Ojek Online?

Jawab panjang lebar di DM kayaknya kurang pas ya, mending sekalian dijadikan artikel nih, biar lengkapp! Kali ini pertanyaan dari kawan kita, dengan nama instagram @aidilfitrah28 yang berprofesi sebagai ojek online atau Ojol. Nah jadi ojol ini tentunya harus memilih motor yang sesuai dan pas dengan karakter, supaya nyaman untuk diri dan penumpang. Kebetulan, pilihan bro Aidil mengerucut ke Lexi 125 atau Honda Scoopy Ring 12 yang sepertinya sesuai dengan karakter dirinya. Yap, motor matic memang sepertinya lebih rasional untuk dijadikan armada ojek online, karena kepraktisan dan kemudahannya.

Scoopy FI, gimana kalo buat harian?

Sebelumnya bro Aidil bertanya, lebih pilih mana untuk narik antara Lexi atau Scoopy? Dengan pertimbangan paling besar tentunya ke segi Kenyamanan berkendara dan konsumsi BBM. Bagi pengendara ojek online tentunya dua hal ini menjadi sesuatu yang wajib ada bagi motor yang ditunggangi. Karena kebayang dong, narik bonceng penumpang butuh kenyamanan dan bbm irit untuk jalan jauh atau macet. Nah, karena sudah pernah test keduanya, saya coba bahas berdasarkan apa yang saya ketahui mengenai dua motor tersebut yah! Cusss, disimak sampe abis artikelnya!

Pilih mana, Yamaha Lexi 125 atau Honda Scoopy FI?

Ergonomi

Yamaha Lexi 125, soal ergonomi nyaman nih!

Ini yang paling penting, bawa motor buat harian pastinya butuh yang nyaman dan gak bikin capek. Dari segi ini, bisa dibilang keduanya punya ergonomi yang sedikit berbeda. Sama sama membuat tubuh tegap, tapi berbeda rasanya terutama buat saya yang punya tinggi badan 180cm. Yamaha Lexi 125, adalah motor matic 125cc yang punya ergonomi mantap terutama buat kita kita yang badannya besar. Ergonomi tegap, posisi tangan lurus yang bener-bener nyaman, posisi duduk juga luas karena joknya panjang, dan punya ruang luas untuk dengkul. Posisi duduk juga tinggi dan serasa bawa motor yang besar, cocok buat yang postur tinggi.

Scoopy, lumayan lah, buat orang postur standar sih oke!

Sedangkan Scoopy FI layaknya motor matic 110cc lain, punya ergonomi yang cukup nyaman untuk orang dengan postur standar Indonesia. Posisi duduk tegap, namun untuk yang badannya besar seperti saya ini agak membuat tangan nekuk dan gak se rileks Lexi. Namun tetap nyaman kalo kita lihat dari posisi duduk yang tegak dan posisi dengkul yang gak mentok ke dek depan. Stang Honda Scoopy juga cukup panjang, cocok untuk yang posturnya standar orang Indonesia nih bro (160-170cm).

Yamaha Lexi S 125

Dari segi ergonomi? Saya pribadi pilih Yamaha Lexi 125, dengan ergonomi tegap dan juga rileks serta terasa besar untuk motor 125cc, pas buat postur saya.Untuk saya, Lexi nyaman untuk dibawa harian soal Ergonomi, karena luas dan gak bikin pegel. Tapi, apa kenyamanan cuma dari ergonomi aja? Kita lanjut ke poin selanjutnya!

Vibrasi

Rileks cuy!

Soal mesin keduanya berbeda ya bro. Lexi dibekali mesin 125cc 4 valve dengan teknologi VVA, dan juga dilengkapi dengan pendingin cairanSedangkan Scoopy dibekali mesin yang sama dengan Beat, yakni mesin 110cc eSP 2 Valve dengan pendingin udara. So, soal vibrasi juga pastinya berbeda. Yang saya rasakan pribadi, untuk soal vibrasi, Yamaha Lexi 125 punya vibrasi mesin yang cukup terasa terutama di putaran bawah. Cukup getar terasa apalagi dalam keadaan dingin. Dugaan saya ini juga ada andil dari sistem CVTnya, namun gak terlalu besar karena saat saya tes motor masih tergolong baru.

Pada Honda Scoopy 110, vibrasi terasa lebih minim. Mesin halus baik di putaran bawah maupun putaran atas. Pengaruh dari mesin 110ccnya? Mungkin, karena mesin lebih kecil dan lebih simple, tenaga juga gak terlalu besar, membuat mesin Scoopy lebih terasa adem dari getaran. Walau kalau CVT kotor ya getar juga sih terasa.

Soal vibrasi atau getaran, lebih minim Scoopy, Lexi agak sedikit getar terutama di putaran bawah, so kadang buat stop n go dikemacetan cukup terasa. Lagi-lagi mungkin karena perbedaan kubikasi dan teknologi mesin. Buat vibrasi ini, saya lebih pilih Scoopy karena vibrasi lebih minim terasa.

Konsumsi BBM

Soal konsumsi BBM, keduanya juga berbeda ya, walau gak jauh jauh banget kalau saya yang ngetes. Haha.. Yamaha Lexi 125 dibekali mesin 125cc 4 valve radiator dengan teknologi VVA, sedangkan Scoopy FI dibekali mesin 110cc FI eSP dengan pendingin udara. Soal teknologi dan kubikasi, keduanya berbeda, pasti ngaruh banget sama yang namanya konsumsi BBM ya bro.

Soal irit, saya pegang Scoopy…

Pernah mencoba tes bbm keduanya. Pengetesan Scoopy langsung saya siksa di jalur Bandung kota-Ciater dan menemukan angka 1 liter untuk 42 kilometer saat pengisian full to full. Nah belum pernah coba di kota langsung sih, saya yakin dengan jalanan yang relatif mulus dan lurus Scoopy bisa jauh lebih irit. Dengan ban besar dan velg diameter kecil, konsumsi BBM bisa cukup ditekan jika dibawa di jalur dalam kota. Menurut testimoni pemakai, bisa diatas 50km untuk 1 liter bahan bakar.

Sedangkan Yamaha Lexi 125 sudah pernah saya bawa harian, baik untuk di dalam kota maupun dibawa menembus jalur Puncak Bogor. Konsumsi BBM yang saya dapatkan pun cukup variatif, yakni di angka 35-40 km/liter. Dengan berat badan dan tinggi badan yang bisa dibilang kurang lazim , rata rata konsumsi BBM di angka 37 km/liter saat memakai Yamaha Lexi. Seringnya geber karena teknologi VVA yang nikmat banget terasa di putaran atas membuat konsumsi BBM sang Lexi jadi terasa lebih boros. Hmm, maklum tangan kanan belum disekolahin, whkwkwk..

Beda kubikasi juga pengaruh ya, dengan cc lebih besar Lexi lebih berpotensi untuk lebih boros dalam hal konsumsi bbm. Namun sekali lagi ini soal tangan kanan dan cara bawanya sih hehe.. Tapi untuk soal irit, Scoopy lebih oke.

Fitur 

Fitur Smart Key System pada Lexi S 125 memang sangat modern dan aman!

Yamaha Lexi 125 sedikit lebih unggul soal fitur, ya kelasnya berbeda pula bro. Lexi 125 dibekali fitur speedometer full digital dengan instrumen lengkap hingga ke RPM dan pencatatan konsumsi bbm. Ada juga fitur socket untuk ngecharge HP, start stop system, dll. Fitur lainnya ada Keyless, alarm, answer back system yang hanya ada di varian teratas nih bro. Kalo di varian std, ya dapatnya yang standar aja.

Untuk scoopy sendiri tentunya sudah ada socket lighter untuk ngecas hp, cocok buat ojol ya. Sudah dilengkapi juga dengan alarm, answer back system, dan idling stop system serta Combi Brake System dalam mendukung fitur kekiniannya. Speedometernya sendiri masih standar, dengan analog dan panel digital untuk bar bensin.

Soal fitur, saya lebih condong ke Yamaha Lexi 125 karena lebih lengkap soal fitur untuk mendukung kegiatan narik ojek online.

Kesimpulan, pilih mana?

Pilih mana? Scoopy atau Lexi ya?

Buat ojek online pilih mana? Jujur agak sulit karena saya belum tahu karakter seperti apa yang diinginkan bro Aidil. Namun, berikut ada beberapa poin yang bisa disimak.. Jika bro suka motor yang terasa besar dengan cc kecil, ergonomi nyaman tegap, jok lebar, dek luas dan tenaga mesin yang besar cocok pilih Lexi 125. Jika bro suka motor yang kecil, simple. mudah selap selip, mesin apa adanya dan IRIT buat harian, nah cocok banget pilih Scoopy. Jadi yang mana rekomendasi saya? Sesuaikan dengan kebutuhan. Yang jelas soal fitur Lexi tipe STD dengan Scoopy, sama sama ada socket lighter untuk ngecas HP yang berguna banget untuk bang ojol.

Jadi pilih mana? Sekali lagi sesuaikan dengan kebutuhan..

Semoga Berguna!

Jangan lupa follow media sosial saya lainnya untuk bersilaturahmi..

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com

Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

Advertisements

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*