Beberapa Pertanyaan Seputar Keyless Ignition System Pada Suzuki GSX-R150 ; Ternyata Mudah Nih!

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!

wp-1478532916208.jpeg

Semenjak peluncurannya di ajang IMOS 2016 November lalu, banyak banget yang penasaran soal fitur terbaru yang ditawarkan oleh Suzuki kepada motor terbarunya ini. Yap, ini dia Keyless Ignition System yang memang khusus dirancang untuk Suzuki GSX-R150. Dari awal, fitur ini udah menarik perhatian banyak orang, termasuk saya kala itu!

Nih dia keylessnya!

Nih dia keylessnya!

Setelah bertemu beberapa kali sama sosoknya, akhirnya saya paham gimana cara nyalainnya, cara matiin, cara mengunci, hingga cara mencabut kuncinya untuk membuka tangki bensin dan kompartemen kecil di jok belakang. Artikel dan videonya bisa brosist intip dimari ya :

Dan lengkapnya juga bisa dilihat di instagram official IndoRide.com di @indoride, disana lengkap brosist!

Nah, yang namanya manusia penuh dengan rasa penasaran dong ya. Belum lagi yang namanya penasaran soal kuncinya ini aman apa engga, gimana kalau kuncinya ini hilang sehingga bisa dimaling, dan bagaimana kalau kehabisan baterai remotenya, dan lain-lain. Saya yang mendengar pertanyaan tersebut tentu juga kurang tahu persis ya brosist, secara ini teknologi baru gitu loh di sepeda motor..

Sampai saat saya diberitahu oleh mas Fandi seputar hal-hal yang lazim ditanyakan oleh konsumen yang baru membeli GSX-R150 nih! Dan kebetulan udah sekalian dirangkumin oleh masbro Fandi selaku Public Relation dari Suzuki 2W kepada saya untuk diteruskan kepada brosist sekalian! Asiikk.. Langsung disimak aja yaak biar ga kepo lagee..

Rangkuman Q&A about Keyless Ignition System Suzuki GSX-R150 : 

1.       Ketika membeli Suzuki GSX-R 150 konsumen mendapat berapa remote dan diberi kunci cadangan juga? Berapa jumlahnya?

Jawab : satu buah remote dan satu buah anak kunci.

Di dalam remote terdapat ID number rahasia yang perlu diingat / dicatat oleh pemilik. Pemilik bisa membeli remote tambahan di Dealer Suzuki dan memasukkan kode ID remote yang baru ke dalam system GSX-R150. Dalam hal ini pemilik perlu ke Dealer Suzuki untuk mengeset ID number remote yang baru.

2.       Untuk penggantian baterai remote, bisa dilakukan sendiri atau sebaiknya dibawa ke bengkel resmi Suzuki?

Jawab : penggantian baterai remote sangat mudah dan bisa dilakukan pemilik sendiri. Caranya dengan membuka tutup remote menggunakan obeng minus, setelah tutup remote terlepas maka langsung terlihat baterai, tipe battery adalah : Button Battery CR2032

3.       Bagaimana pengoperasian GSX-R 150 untuk bisa menghidupkan mesinnya ketika remote hilang atau tidak berfungsi?

Jawab : GSX-R150 bisa dioperasikan dengan memasukkan kode rahasia ID number pemilik dengan cara menekan knob. Dalam hal ini pemilik perlu menghubungi Dealer / Halo Suzuki supaya dipandu langkah-langkahnya. Dealer / Halo Suzuki akan memverifikasi terlebih dahulu pemilik GSX-R150 tersebut.

4.       Ketika remote hilang atau dicuri, pemilik khawatir remote dipakai untuk mencuri motornya. Nah bisa kah remote ini dinon aktifkan? Kalau bisa bagaimana caranya?

Jawab : bila remote GSX-R150 hilang, maka ID number remote tersebut bisa dihapus dari system GSX-R150. Dalam hal ini pemilik perlu menghubungi Dealer / Halo Suzuki supaya dipandu langkah-langkahnya. Dealer / Halo Suzuki akan memverifikasi terlebih dahulu pemilik GSX-R150 tersebut.

5.       Keyless Ignition ini hanya utk pengaman, menghidupkan mesin motor? Keyless Ignition kerhubung ke kabel listrik di aki dan massa?

Jawab : Keyless Ignition selain pengaman, juga kepraktisan pemilik dalam mengoperasikan motornya. Ya, terhubung ke battery / aki. Bila koneksi ke battery terputus, maka knob switch otomatis akan terkunci dan motor tidak bisa diaktifkan, hal ini sebagai pengaman kalau ada pencuri yang mencoba memotong kabelnya.

6.       Keyless Ignition mencocokkan  gelombang antara yang ada di switch utama dan remote. Dalam mebaca gelombang ini apakah menggunakan antena? Bila ada posisi antena dimana Pak?

Jawab : Ya menggunakan antenna yang berada di bawah jok tempat duduk. Radius antenna ini adalah 1 meter. Sedangkan answer back system radius 20 meter.

7.       Keyless Ignition System apakah dijual ? Sebab  Biasanya bagi yang senang modifikasi ingin pasang ke motornya yang belum dilengkapi supaya keren seperti GSX-R150. Bila dijual berapa harganya?

Jawab : Ya dijual. Tetapi karena dirancang untuk GSX-R150, Suzuki tidak menyarankan diaplikasikan untuk tipe selain GSX-R150. Harga komponen akan diinformasikan ketika launching bulan Februari nanti.

Kebetulan banget, yang dirangkum sama mas Fandi ini memang hal-hal yang sering banget ditanyain sama konsumen baru GSX-R150 ke saya! Wah, emang mas fandi ini pengertian banget ya hhihi..

Udah jelas ya brosist, bahwa hal-hal yang selama ini dianggap masih kurang jelas sekarang sudah clear. Bahwa soal remote rusak, hilang, atau mau beli Keyless Ignition System untuk motor lain, sudah dijawab semua. Saya harap brosist terpenuhi hasrat keponya ya! Next saya bakal tulis pengalaman main ke Pabrik Suzuki 2W di Tambun, yang mana saat itu saya ngeliatin persis bagaimana pembuatan GSX-R150 dan GSX-S150 beserta beberapa motor Suzuki lainnya dibuat, dari masih bahan sampai jadi motor! Sabar yah, lagi digodook! :D.

Keyless aman gak sih? Menurut saya aman banget selagi benar pengoperasiannya!

Keyless aman gak sih? Menurut saya aman banget selagi benar pengoperasiannya!

wp-1485827617369.jpeg

Semoga berguna nih infonya! Jangan lupa yang masih ada pertanyaan, jangan segan nanya di kolom komentar yah!

Thanks for reading and sharing, please leave your comment below here, and see you on the next article.

Wassalamualaikum.

Written by Alki Rahmatullah

Follow me on..

Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com
Instagram : @indoride

Advertisements

About IndoRide.com

Seorang pemuda yang mencintai dan punya passion di dunia Roda 2. Senang menulis dan sharing apa yang saya tahu dan saya alami. This is my ordinary blog, selamat berkunjung di IndoRide.com.
This entry was posted in Sport, Suzuki, Technology and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

6 Responses to Beberapa Pertanyaan Seputar Keyless Ignition System Pada Suzuki GSX-R150 ; Ternyata Mudah Nih!

  1. Pingback: Cara Melepas dan Memasang Hugger/Rear Fender Suzuki GSX-R150 dan GSX-S150 ; Mudah dan Fungsional! | Indoride.com

  2. Pingback: Konsep Modifikasi Suzuki GSX-R150 Pakai Upside Down dan Arm Banana, Kerennya Keterlaluan! | Indoride.com

  3. Pingback: Launching Suzuki GSX-R150 dan GSX-S150 di Citos Bareng Andrea Iannone dan Alex Rins, Meriah Bangettt! | Indoride.com

  4. Pingback: Komunitas Suzuki GSX-R150 Turut Hadiri Grand Launching Suzuki GSX-R150 dan GSX-S150! | Indoride.com

  5. Pingback: Intip Modifikasi Suzuki GSX-S150 Pakai Headlamp Satria FU Ini, Kerennya Gak Masuk Akal!! | Indoride.com

  6. Fortuner says:

    apakah remote tahan air?
    apakah keyless ignition bisa dipasang di all new cbr 150/r 15 v3/motor lain nya?
    apakah keyless ignition bisa di guna kan untuk mematikan mesin apaila kereta dirampas di jalan?
    tq

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s