Resize Busa Helm di Bengkel Helm Depok, Helm Sempit Jadi Lega+Nyaman!

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!

Punya helm jangan dipajang doang, dipakee!

Brosist, helm alias helmet dalam bahasa inggris ini adalah komponen yang wajib dipakai ketika berkendara dengan kendaraan roda dua. Gak hanya wajib di Indonesia saja, tapi rata-rata semua negara di dunia ini sudah menerapkan kewajiban memakai helm saat berkendara motor. Helm, tentu saja melindungi aset paling berharga dari manusia, yakni kepala dan semua yang ada di dalamnya..

Bayangkan jika brosist berkendara motor tanpa helm, dalam posisi pelan saja terus jatuh, dan kepala brosist secara langsung menyentuh aspal yang keras? Dijamin, baret hingga luka parah menunggu brosist. Belum lagi resiko terbentur dengan benda keras lainnya, amit-amit jangan sampai terjadi!

Jangan sampe berkendara ga pake helm, bisa berabe bro!

Helm sendiri banyak jenisnya. Jaman dulu, berkendara dengan motor cukup pakai helm cetok, alias helm yang cuma numpang nempel di kepala! Helm ini bener-bener gak ada safetynya brosist, maka dari itu pemerintah menerapkan Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk helm yang beredar di Indonesia.

Buka dulu nih ulasan saya tentang helm :

Praktis, makin banyak jenis helm dan tentunya produsen helm yang berlomba membuat helm yang nyaman dipakai dan tentunya murah serta memenuhi SNI. Contohnya, yang jadi favorit adalah helm Half face, helm ini paling banyak dipakai oleh pemotor di jalanan Indonesia. Lalu ada lagi helm fullface yang menutupi full kepala hingga muka, dan ada jenis modular, yang bisa dibuka bagian dagunya. Keren pokoknya!

Nah, cukup nih bahas tentang helmnya, masuk ke pokok bahasan kita saat ini. Brosist pernah gak beli helm, yang udah brosist pengen banget tapi ternyata gak muat? Pasti kecewa banget dong ya.. Apalagi misalnya helm itu lagi diskon besar atau brosist dikasih sama orang. Pasti sayang dong kalau gak bisa dipake.

Apalagi, saya, punya postur tubuh yang lebih besar dari orang Indonesia rata-rata. Otomatis, kepala juga ikutan lebih besar. Walah, makanya saya suka bingung karena sudah gandrung sama helm fullface, kemana-mana harus pake helm fullface, tapi kalau sempit semua kan mumet!

Helm-helm andalague dulu.. yang kuning putih dah ga ada 😦

Sempet muter otak, gimana caranya supaya helm KBC V Zero White Yellow yang saat itu saya beli dan jadi pilihan saya, bisa dipakai di kepala saya. Buat brosist pemakai helm KBC, pasti tau nih helm KBC ini shellnya lebih kecil dari helm lokal lain. Saya kebetulan beli ukuran XL saat itu, jadi deh kesempitan. Tapi, ada solusinya kok… Buka dulu artikel yang satu ini sebelum saya lanjutkan lebih jauh :

Solusi?

Daripada beli busa, langsung eksekusi aja ke Bengkel Helm gas alam!

Solusinya? Beli busa baru dengan ukuran yang lebih besar, modifikasi busa pipi, atau ekstrimnya lagi modifikasi sterofoam helm! Opsi 1, beli busa lagi, tentu makan biaya yang gak sedikit. Buat helm-helm tertentu harga busa bisa 1/3nya harga helm! opsi 3, kikis sterofoam, saya ngeri aja. Takut gak aman saat nanti (amitamit) semisal crash, sterofoam yang dimodif sudah gak bagus lagi buat meredam benturan.

So, modif busa pipi lah solusi yang paling murah, mudah, dan tentunya aman buat saya! Sip, cari info dimana yang bisa modif busa helm, ternyata Bengkel Helm di Jalan Gas Alam Depok bisa nih. Nanya-nanya ternyata hasilnya cukup bagus menurut testimoni, dan enaknya lagi bisa ditunggu kalau gak rame! Mantapp.. Meluncur!

Oiya, sudah 2 helm yang saya modif busa di kios Bengkel Helm ini. Yang pertama, KBC V Zero yang dulu pernah sama saya, dan helm KYT R10 yang jadi souvenir kenang-kenangan Touring T4klukkan Ba7asan bersama Suzuki GSX-S150 Jakarta-Purwokerto kemarin.

Saat touring GSX-S150, gear wajibnya ya KYT R10!

Sip, langsung bawa helm yang mau dieksekusi, seperti yang sudah brosist baca diatas, helm yang akan saya eksekusi kali ini adalah KYT R10 Solid Black yang memang ukurannya L, sangat gak nyaman dan bahkan gak muat di kepala saya. Datang ke kios bengkel helm gas alam, gak pake lama langsung dieksekusi, soalnya ga terlalu rame saat itu.

Ukuran L, sesak di kepala

Request papas busa pipi, hingga ukuran XL atau XXL. Saya minta langsung ukuran XXL aja biar enak, toh kepala saya juga besar dan XL rasanya masih terlalu sempit. Si akang (sayang lupa nanya namanya) dengan cekatan membuka jahitan pada busa pipi tersebut dan langsung mengikis busa didalamnya. Ajib skillnya, memang pengalaman adalah guru terbaik..

Langsung dipasang lagi di helmnya untuk saya coba, dan ternyata sudah pas! Oiya, pokoknya selama dicoba belum pas, itu busa gak akan dijahit dulu sebelum dirasa nyaman. Setelah dirasa nyaman sama kita pas dicobain, baru dijahit sama akangnya. Jos!

Setelah merasa nyaman, si akang melanjutkan untuk menjahit busa helm tersebut di kios permak jeans sebelah kios helmnya. Nampaknya memang sudah terbiasa, keseluruhan proses hanya memakan waktu kurang dari 30 menit!

Hasilnya?

Memuaskan! Jadi lega dan nyaman, mantepp!

Memuaskan! Helm yang tadinya gak muat masuk ke kepala, jadi enak dan nyaman masuk ke kepala. Saat dulu KBC V Zero sampai sekarang KYT R10 alhamdulillah malah jadi nyaman setelah papas helm karena gak sesuai ukurannya. Jahitannya juga gak bisa diremehkan nih, nyaris tanpa cacat dan kuat juga brosist. Enaknya lagi, busa padding R10 ini empuk, jadi ga bikin kepala sakit!

Alhamdulillah, sekarang KYT R10 saya bisa dipakai, dan siap menemani saya kemanapun saya mau. PRnya tinggal ganti flat visor bening, soalnya visor gelap bahaya euy kalo jalan malem wkwkwk… Pokoknya jos! Puas!

Oiya, biayanya sendiri 25 ribu untuk memapas busa pipi helm plus jaitnya lagi. Terus kalau fullset sampai ke busa atas sih kabarnya 50ribuan aja, tapi saya gak berani papas sampai busa atas karena takut keamanannya jadi kurang terjamin. Main aman aja kita #cari_aman , busa pipi sudah cukup lah yaa..

Buat brosist yang punya helm kebetulan helmnya fullface, dan merasa gak nyaman karena sempit, boleh dicoba cara aman saya ini brosist. Modif busa pipi gak bikin kekuatan helm berkurang, untuk kasus tertentu malah bikin tambah nyaman! Ya, tentu lebih murah daripada harus beli busa helm 1 set ya.. wkwkwk.

Nih kiosnya, di Gas Alam Depok brosist

Oke brosist, sebelumnya saya gak bekerjasama dengan pihak bengkel helm ya, cuma membagi kepuasan saya aja sama kerjanya akang bengkel helm ini. Ya buat brosist yang pengen coba juga silahkan sambangi kios Bengkel Helm Gas Alam (posisinya kalau ga salah dekat pintu tol Cisalak). Mantep pokoknya! Kebetulan saya juga pernah beli sarung tangan Scoyco MC09 juga di kios ini brosist, simak ulasannya :

Helm fullface gak muat? Jangan panik…modif busa pipinya aja!

Semoga berguna!

Thanks for reading and sharing, please leave your comment below here, and see you on the next article.

Wassalamualaikum.

Written by Alki Rahmatullah

Follow me on..

Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com
Instagram : @indoride

Baca yang menarik lainnya brosist…

Advertisements

2 thoughts on “Resize Busa Helm di Bengkel Helm Depok, Helm Sempit Jadi Lega+Nyaman!

  1. Pingback: Waduh… Logo Sertifikasi SNELL di Helm NHK Itu Palsu?? | Indoride.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s