Bedah Suspensi Honda PCX 150 Lokal, Ini Jawaban AHM Mengenai Isu Shock Bengkok! Bagaimana Menurut Brosist?

Boncengan sama kang Eno Anderon ngetes PCX 150!

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!

Brosist, menarik nih menyimak perkembangan tentang Honda PCX 150 Lokal, maxi scooter 150cc Honda yang memang laris banget sejak awal peluncurannya. Terhitung sudah 20ribu unit lebih inden unit oleh konsumen kepada AHM selaku penyedia maxi scooter ini. Wajar saja, karena sejak bberapa tahun lalu kehadiran skutik besar sangat dinantikan oleh konsumen setia Honda di Indonesia. Tentunya buatan lokal, karena AHM telah menghadirkan PCX 150 CBU dengan harga yag bisa dibilang cukup mahal karena didatangkan dari negara tetangga. Kalo bisa bikin sendiri, kenapa nggak, hehe..

Honda All New PCX150 lokal

Honda PCX 150 Lokal sendiri sangat menarik karena dijejali banyak fitur yang keren dan futuristik banget. Gak hanya itu, teknologi-teknologi yang diusung juga bisa dibilang cukup advance di kelasnya. Contoh saja seperti Smart key System, speedometer LED, lampu full LED, hingga teknologi-teknologi pada mesin dan kelistrikan. Bahkan ada juga versi Hybrid yang punya akselerasi lebih mantap. Namun…

Sejak awal, PCX150 Lokal dilanda banyak isu miring…

Yang namanya produk baru tentu aja ada rintangan yang siap menghadang nih brosist. Skutik premium Honda yang resmi rilis Februari 2018 kemarin ini sempat terkena beberapa kasus yang pemberitaannya sangat masif di internet. Mulai kasus permasalahan knalpot saat perilisan, hingga yang paling terkenal adalah beberapa kasus tentang suspensi, sasis, dan CVT yang getar. hmm…

Boncengan sama kang Eno Anderon ngetes PCX 150!

Kebetulan, hari Rabu tanggal 16 Mei kemarin, saya diundang untuk menghadiri BEdah Teknologi PCX 150 dan PCX 150 Hybrid. Saya datang dengan harapan bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan brosist yang disampaikan baik lewat IG saya maupun lewat blog. Pastinya brosist pengen tau dong bagaimana jawaban dan reaksi AHM atas berita-berita atau isu yang muncul masif selama ini di medsos. Saya telah mengumpulkan beberapa pertanyaan brosist, dan kali ini saya akan menuliskan Klarifikasi AHM soal Suspensi/Shock PCX 150 yang diberitakan bengkok. lanjut disimak…

Baca juga :

Ikut bedah tuntas PCX150!

Sebelumnya, perlu di note ya brosist, klarifikasi ini tidak saya tambahkan atau kurangi, semuanya murni jawaban dari perwakilan PT. AHM saat pertemuan kemarin. Kalau penasaran mangga disimak, kalau berfikiran saya memihak, langsung diclose aja ya.

Penjelasan Spesifikasi Suspensi Honda PCX150 Lokal, ada 3 kerenggangan berbeda

Pertama-tama sebelum masuk ke bahasan, yuk  kita bahas dikit mengenai spesifikasi shock Honda PCX150 Lokal. Ternyata di versi lokal ini berbeda suspensinya dari versi CBU. Di versi lokal, ada 3 kerenggangan per berbeda , atau bahasa kerennya Triple Rate Spring. Tujuannya agar memiliki karakterisitik riding feeling yang lebih baik supaya nyaman digunakan saat riding sendiri maupun berboncengan, begitu juga ketika berboncengan melewati jalanan yang tidak rata (bumpy road). 

Baca juga :

Bisa brosist lihat gambar di atas, cara kerjanya adalah ketika per mendapat beban ringan maka kerenggangan per akan turun. Dan jika mendapat beban berat, semisal berboncengan atau dinaiki pria atletis kayak saya, maka per akan semakin turun dan rapat.

Untuk suspensi PCX 150 Lokal ini dibuat dengan tipe medium, yang berarti kekenyalan shocknya di tingkat tengah dengan harapan cocok untuk medan yang ada di Indonesia, yang kontur jalannya variatif. Memang saat dibawa jalan berasa cukup stiff alias kaku, apalagi saat dinaiki sendirian. Hal ini kabarnya untuk mendapatkan handling yang baik dari PCX 150 lokal, makanya tidak dibuat terlalu soft… Saya manggut-manggut aja. Okeh, itu sedikit spesifikasi dari suspensi PCX lokal. Pasti brosist udah penasaran sama bahasan utama kita di artikel ini.. Lanjut baca buat yang penasaran!

Suspensi Honda PCX150 Lokal Bengkok?? Ini penjelasan PT. AHM!

Selepas penjelasan spesifikasi Shock PCX 150 kemarin, kebetulan lek Iwanbanaran langsung menanyakan terkait yang sedang ramai di medsos. Yakni isu shock PCX150 Lokal yang bengkok, atau bisa dibilang melengkung. Tentunya hal ini membuat banyak konsumen dan juga calon pembeli yang bertanya. Apakah aman? berikut jawabannya…

jawaban disampaikan oleh Pak Nyoman Kesawa selaku team HC3 AHM, lalu oleh pak WInaryanto dan pak Hendro Sutarno dari divisi Technical, dan juga pak Hendrik yang bertanggung jawab langsung di plant Produksi..

Pertanyaan sebenarnya tidak terfokus pada shock melengkung/bengkok saja. ada juga pertanyaan lain, namun saya rangkum satu persatu nih bro. Berikut jawaban dari pak Endro Sutarno mengenai shock PCX 150 lokal melengkung, yang saya kutip langsung dari penyampaian beliau saat acara kemarin.

“Soal shock bengkok atau melengkung, itu hanya visual. Pada intinya adalah visual. Karena komponen yang ada di PCX ini memang sudah lolos uji. Apabila tidak mengurangifungsinya itu tidak bermasalah. Umpama kita lihat posisinya agak sedikit miring, tapi bagian as tengahnya ini tetap lurus pada saat dipakai, itu tidak bermasalah, tidak perlu diganti.” ujarnya.

Sebagai tambahan, pak Endro menjelaskan tentang Triple Rate Spring pada PCX150 lokal ini.

“Honda PCX 150 Lokal ini menggunakan Triple Rate Spring. Disini ada tiga tingkat kekerasan. Memiliki karakteristik riding feeling yang lebih baik. Nyaman digunakan untuk riding sendiri maupun berboncengan, atau berboncengan di jalan rata.”

Ketika ditanyakan kembali soal bepengaruh atau tidaknya shock yang katanya terlihat miring tersebut, pak Endro menambahkan,

“Saat shock berayun, yang pertama perlu dilihat adalah bagian as dalamnya, lalu bagian spring atau pernya. Apabila as tengahnya bengkok, maka akan mengurangi fungsinya, bahkan bisa mengalami kebocoran. Namun, kalau fungsinya tidak bermasalah, tidak perlu diganti.”

Ketika ditanya, apakah kedepannya AHM akan melakukan perubahan bentuk spring supaya tidak terjadi masalah seperti ini, Pak Nyoman dari HC3 AHM menambahkan

“Untuk masalah tersebut, menurut saya hal ini bukan bengkok, melainkan springnya yang melengkung saja, karena jika semua strukturnya bengkok, maka rod atau bagian dalamnya akan membuat fungsinya terganggu, jadi gini, pada prinsipnya, apa yang sudah kita buat disini sudah sesuai spek, adapun nanti perubahan atau improvement  untuk memperbaiki masalah ini itu nanti akan kita lakukan”.

Nah, pertanyaan brosist tentang shock Honda PCX150 sudah disampaikan semua ya. Sudah dijawab juga berdasarkan jawaban dari PT. AHM. Jadi intinya adalah kasus shock PCX yang diisukan bengkok ini adalah visual semata menurut AHM. Secara fungsi selama masih baik dan tidak menimbulkan kebocoran, tidak perlu diganti. Begitulah sekiranya brosist, disini saya menyampaikan kembali apa yang disampaikan oleh pihak AHM ya. semisal brosist masih mengalami hal yang sama dan atau belum puas dengan jawaban yang ada, bisa langsung disampaikan kembali melalui call center AHM atau langsung datang ke AHASS terdekat di kota brosist.

Brosist mengalaminya juga kah? menurut brosist pribadi, hanya visual atau memang benar shocknya yang bengkok? silahkan dikomentari, jangan serang personal ya broo…

Lebih kurangnya mohon maaf, berikut saya sertakan video asli percakapan kami selama mengikuti acara bedah teknologi PCX 150…

Semoga berguna!

Jangan lupa follow media sosial saya lainnya untuk bersilaturahmi..

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

Baca juga berita menarik lainnya :

.<

Advertisements

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*