Honda PCX Lokal Bermesin Listrik Akan Hadir di Akhir Tahun Ini! Minat?

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist..

Bro, asli ya yang namanya teknologi selalu berkembang dan makin maju. Kira dapat merasakannya secara langsung bagaimana sebuah teknologi berkembang pesat 10 tahun terakhir. Mulai dari segi telekomunikasi, gadget, hingga teknologi dan inovasi yang juga merambah di dunia otomotif! Gak dipungkiri, saat ini pabrikan otomotif berlomba-lomba memberikan teknologi serta inovasi terbaru bagi line up motornya. Biasanya diberikan dalam bentuk fitur terbaru yang dapat membantu kegiatan sehari-hari penggunanya jadi semakin mudah dan simple..

Honda PCX bermesin listrik akan hadir di akhir tahun?!

Bicara teknologi dan inovasi, gak lepas dari dunia roda dua juga brosist. Terutama pabrikan berlogo sayap mengepak, Honda, yang terus melakukan inovasi bagi motor-motor terbarunya yang akan dirilis. Flashback ke tahun 2017 lalu, ketika Honda memperkenalkan Honda PCX Hybrid dan PCX Elektrik selain PCX150 standart. Tentu hal ini jadi perbincangan yang ramai karena baru Honda yang berani menjual secara massal Honda PCX Hybrid di dunia terutama di Indonesia.

Honda PCX Hybrid masih memakai mesin konvensional

Berbeda dengan Honda PCX Hybrid, Honda PCX Elektrik ini full memakai mesin listrik. Ketika honda PCX Hybrid memakai mesin yang sama dengan PCX150 standar plus motor listrik, maka di PCX Elektrik tidak akan memakai mesin bakar konvensional lagi, yang artinya akan full memakai bahan bakar listrik yang modern dan irit! So, tentunya gak ada komponen-koponen yang biasa ada di mesin bakar seperti knalpot, throttle body, dll.. Menarik ya?

Ketika ditanya, apakah PCX Elektrik akan didiamkan saja atau dibiarkan menjadi sebuah konsep? Petinggi Honda AHM pun menjawabnya dengan santai. Menurutnya, semua akan dirancang dan didevelop terlebih dahulu dengan baik. Honda juga terus melakukan riset menyoal PCX Elektrik ini di Indonesia. Kabar baik nih brosist, ada satu gosip yang menyebutkan bahwa AHM gak tinggal diam dengan project yang dieprkenalkan di Tokyo Motor Show 2017 lalu ini. Kabarnya, AHM akan merilis Honda PCX Elektrik di akhir tahun nanti! Woww…

Seperti yang dishare oleh mang Kobayogas disini , PCX Elektrik akan dijual mulai awal tahun 2019 nanti. Dengan mekanisme yang hampir mirip dengan perilisan PCX150 lokal kemarin. Diperkenalkan dulu di akhir tahun, lalu dijual massal di awal tahun. Perlu diketahui, menurut bocoran mang Kobay, skutik listrik pertama Honda ini akan diproduksi secara lokal oleh PT. Astra Honda Motor lho brosist! Tapi gak seperti PCX150 dan PCX Hybrid yang komponen lokalnya lebih dari 95 persen, untuk versi mesin listrik ini nantinya banyak komponen yang di import dari luar negeri. Karena menurut info, mesin listrik ini masih jarang produsen vendor lokal yang bisa memproduksinya secara massal. Kabarnya sih akan pakai part CKD dari Thailand. Josss..

Berita juga datang dari media Kompas.com disini, kabarnya Honda telah bekerjasama dengan perusahaan raksasa elektronik yakni Panasonic, untuk menyediakan hal-hal yang diperlukan untuk mendukung kinerja Honda PCX EV ini. Hal tersebut meliputi komponen baterai dan lain-lain.. Menurut informasi juga, kerjasama tersebut gak sebatas hanya di project Honda PCX EV saja, gak menutup kemungkinan juga untuk produk kendaraan listrik Honda kedepannya..kerenn!

Untuk kerasama ini, menurut info mereka bekerjasama membuat sebuah baterai yang diberinama Honda Mobile Power Pack yang berbentuk paket baterai yang bisa dilepas untuk berbagai kegunaan brosist. Penelitian soal baterai ini akan dimulai pada Desember 2018 di beberapa daerah yakni Bali dan Bandung. Konsep ini menjadi salah satu jalan keluar bagi konsumen di negara yang infrastruktur pengisiannya masih minim. Jadi konsepnya, kemungkinan nanti baterai bisa dilepas pasang dan diisi dengan mudah di rumah-rumah nih brosist. Mungkin, bisa juga untuk sebagai baterai alat penerangan maupun jadi cadangan listrik rumah?? Hmm..

Pihak Kompas.com pernah bertanya kepada Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM) Thomas Wijaya mengenai hal tersebut.

“Kita memang sudah rencanakan itu, untuk tahap awal kita siapkan buat PCX EV (listrik),” ujar Thomas menjelaskan bahwa kerjasama tersebut disesuaikan dengan produk yang akan diluncurkan akhir tahun 2018.

Nah! pak Thomas dengan gamblang menyebut akan diluncurkan akhir tahun ini. Pak Thomas melanjutkan, bukan hanya untuk PCX listrik saja tetapi ke depan bisa juga buat model lain yang menggunakan baterai.

“Jadi peran AHM dalam kerjasama ini untuk keperluan seperti itu di masa depan,” tegasnya.

Sipp deh! Bener bener bikin penasaran, terutama bagi saya sebagai seorang yang seneng banget menyimak kemajuan teknologi yang ada di dunia. Jika benar ada, benar dirilis di akhir tahun nanti, pastinya akan jadi kebanggaan tersendiri bagi bangsa Indonesia, karena bisa memproduksi Honda PCX bermesin listrik di negara kita sendiri. Ajibbb! Apakah rilis di IMOS 2018? Kita tunggu saja…

Jangan lupa follow media sosial saya lainnya untuk bersilaturahmi..

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

.<

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*