Spyshot Yamaha MT-15 2019 Muncul di India, Tapi… Kok Ada Yang Beda?

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist!

Bro, seru nih nyimak perkembangan roda dua di negara orang wkwkwk.. Maklum, lagi stuck gosip perkembangan motor di negara sendiri, jadi motor negara orang dibahas mulu deh :D. Kebetulan ada berita baru nih soal motor baru Yamaha di negara Bollywood India. Untuk pertama kalinya, muncul sosok misterius yang beberapa bulan lalu kita lihat penampakannya wara-wiri di jalanan Indonesia. Yap, pertama kalinya terlihat Spyshot Yamaha MT-15 muncul di India. Motor yang sudah kita tunggu-tunggu kehadirannya di Indonesia ini tertangkap kamera sedang dites di India oleh test rider berpakaian riding lengkap. Sosoknya sih jelas MT-15 banget! Tapi, setelah dilihat-lihat, Kok beda??

Yamaha MT-15 2019 India, Kok… beda??

Hayo tebak, apa bedanya?

Ya, brosist bisa langsung lihat desain dari sport naked ini persis banget dengan MT-15 yang sudah lebih dulu rilis di Thailand sana. Mulai dari headlamp ala streetfighter yang gahar, tangki besar lebar, hingga buritan landai ala MT-series, itu semua mirip dan identik banget. Sekilas dari bodynya ini udah persis banget deh, mirip coy! Tapi, coba, Come take a closer look… spot it? Brosist bakal lihat sesuatu yang bener-bener beda! tebak, apaan coba?

Baca dulu :

Ya, ada sekitar 3 perbedaan besar yang sangat mencolok bisa kita lihat dari sosok yang tertangkap kamera di India ini. Perbedaan yang bener-bener mendasar dan bahkan bisa langsung kita kenali sebagai sesuatu yang janggal. Yang pertama dari segi suspensi, terlihat MT-15 India 2019 ini tidak memakai suspensi Upside Down layaknya MT-15 yang pernah saya review sebelumnya, melainkan suspensi Teleskopik berdiameter besar yang identik dengan milik Byson Facelift 2019 tuh! Mengejutkan ya, sebab salah satu daya tarik dari MT-15 adalah suspensi Upside downnya tersebut! Downgrade lagi nih, persis R15 V3 yang sebelumnya juga sudah dirilis di India dan di downgrade.

Swingarm MT-15 versi Thailand, cakep! Banana arm

Perbedaan lain kita bisa lihat dari swing armnya, dimana MT-15 yang tertangkap kamera di India ini memakai swingarm kotak tahu ! Identik dengan Vixion/Byson yang ada di Indonesia nih. Yaahh, lagi-lagi downgrade, swingarm ala Banana yang bikin penampilan MT-15 Thailand jadi makin kece tersebut harus dilengserkan demi memenuhi harga yang pas untuk pangsa pasar India. Hemmm…

Velg versi Thailand dan Indonesia (semoga) palang Y, seperti Xabre

Cuma itu? Gak ternyata euy! Satu lagi yang berubah adalah dari segi velg. Dimana MT-15 yang tertangkap kamera ini memakai velg yang jauh berbeda dengan MT-15 Thailand dengan bentuk palang Y. Untuk MT-15 di India ini tetap memakai velg yang identik dengan R15 V3/Byson Facelift 2019 yang ada di India. Satu lagi cirikhas yang menghilang dari MT-15 yang lebih dulu muncul. Tapi ya balik lagi ke cost reduction, dimana memakai satu bentuk dan ukuran velg pada berbagai varian motor tentunya akan lebih murah biaya pembuatannya ya brosist.

Ada lagi ternyata yang berbeda dibanding MT-15 yang sudah dirilis duluan di Thailand. Spakbor yang sudah panjang dan cukup tinggi tersebut ternyata belum cukup, untuk versi India ditambahkan rear fender mudguard sebagai ksesoris standarnya. Ditambahlagi aksesoris khas India yakni mata kucing dan juga sari guard yang bikin aman buat boncengan istri-istri Bikers di India sana yang memakai pakaian Sari. 

Untuk menambah kesan murah… maksudnya, untuk nambah cost reductionnya, MT-15 2019 India ini juga memakai lampu sen (sign lamp) yang adalah part subtitusi dari FZ-S dan FZ25 di India sana. Yang which is sama persis dengan lampu sen Vixion Old dan juga Byson Karbu saya, si Edward.

Itu aja? Iyak, itu beberapa perbedaan mendasar dari Yamaha MT-15 2019 yang diduga akan dirilis di India ini. Selain itu semuanya sama. Mulai dari body, lampu depan yang bengis, dan mesin yang tetap mengusung mesin 155cc VVA dengan tenaga puncak hingga 19,3 ps.

Versi Indonesia nih MT-15 nya, gimana? Ga jauh beda kan bodynya!?

Kabarnya, motor ini akan diposisikan berdekatan dengan Yamaha FZ25 dan R15 yang berada di atasnya. Belum tahu apakah MT-15 India ini akan diberikan opsi Rem Antilock Braking System (ABS) seperti R15 V3 ABS atau Byson Facelift 2019 India yang sudah diberikan rem ABS. Namun, jika merujuk kepada regulasi pemerintah yang mengharuskan motor diatas 125cc memakai rem ABS, sepertinya MT-15 India juga akan dijejali rem ABS sebagai piranti keselamatan wajib di India. Menarik nih ya..

Gimana menurut brosist? Keliatan kayak MT-15 atau lebih kayak Byson? Saya sebar di Instagram @indoride sih banyak yang ketipu nih bro! Bilangnya ini Byson hehe.. Padahal, MT-15 yang emang nyamar jadi Byson, atau BYson yang diupgrade jadi MT-15? Ahsudahlah, bingung aku, kita tunggu saja kelanjutannya!

BTW… ini MT-15 INDONESIA kabarnya begimana yak?? Ekheeemm!

Nonton dulu review Yamaha MT-15nya ya!


Semoga Berguna!

Jangan lupa follow media sosial saya lainnya untuk bersilaturahmi..

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com

Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

.<

 

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*