Honda CB650R Neo Sport Cafe, Pembuka Jalan Bagi CB150R Exmotion di Indonesia?!

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!

brosist, beberapa waktu lalu, tepatnya di tanggal 9 Februari 2019 bertempat di Bandung, AHM merilis varian bigbike terbarunya yakni Honda CB650R Neo Sport Cafe. Motor yang sudah dirilis di ajang EICMA Milan 2018 lalu ini memang mengundang penasaran banyak pihak, terutama di Indonesia yang pasar moge 100-200jutaan disini cukup menjanjikan! Tanpa lama-lama, AHM langsung memasukkan sang CB650R dengan desain cafe tersebut ke Indonesia! Benarkah, hadirnya Honda CB650R Neo Sport Cafe akan menjadi pembuka jalan, bagi motor retro Honda di kelas 150cc ataupun 250cc?? Ini yang mau kita telisik lebih dalam.. Kuyyy lanjut baca!

Honda CB650R Neo Sport Cafe, jadi pembuka jalan bagi CB150R Exmotion?

CB650R Neo Sport Cafe, bisa jadi pembuka jalan!

Sebelumnya, kita bicara soal konsep Honda Neo Sport Cafe dulu ya brosist. Sebenarnya, Honda sudah melengkapi seluruh kelas Neo Sport Cafe ini. Dari 125cc sampai 1000cc, sudah lengkap! Kita lihat dari varian mesin 125 ada CB125R untuk pasar Eropa dsktrnya, lalu ada Honda CB150R Exmotion untuk di negara Asia (udah ketemu di Thailand), lalu ada CB250R/CB300R yang pakai mesin jomblo silinder seperti mesin CBR250R Thailand, naik lagi, kini ada Honda CB650R Neo Sport Cafe yang menjadi generasi paling baru dan paling keren! Terakhir, ada Honda CB1000R sebagai top of the line dari NeoSport Cafe Honda…

Sebelumnya saya sendiri sudah pernah bertemu Honda CB150R Exmotion di Thailand. Bahkan, sudah test ride juga! :D, dan motor ini bener-bener asik dan pastinya cocok banget buat pecinta motor retro modern di Indonesia. Desain keren, serba retro dengan sentuhan modern, suspensi USD gagah, hingga mesin 150cc yang mumpuni dipakai di kontur jalan Indonesia pastinya bakal jadi idaman kawula muda hingga papa muda yah! Ehhh kok jadi ngelantur kesana sih, fokus bahas di Indonesia ya!

Ketemu Langsung Honda CB150R Exmotion! SANGARRRR!

Nah brosist, adakah korelasi antara Honda CB650R yang baruu saja diboyong AHM ke Indonesia, dengan hadirnya motor neo sport cafe Honda dengan kapasitas mesin kecil-menengah?? Tentu saja ada dong! Simak dulu yuks..

Buanyak yang tanya sama saya di DM ig mengenai hal ini. Kenapa malah Moge yang dimasukin? Bukan dari kelas yang bisa jadi lebih terjangkau dan lebih besar exposurenya karena banyak yang mampu untuk beli? Ayo dong masukin, udh pengen banget beli nih sport cafe dari Honda! Ujar mereka…

Kenapa CB650R? Lalu, kapan untuk versi kecil dirlis disini dan dibikin lokal supaya murah? Berikut saya dapat info dari lek Iwan Banaran yang langsung bertanya saat prosesi perilisan brosist. Maklum, saya ga bisa dateng sabtu kemarin euyy..

” Setiap produk tentu saja akan kita pelajari…. seberapa besar potensi semua tergantung dari hasil riset dan survei. Tergantung seberapa besar minat pasar terhadap model Neo sport Cafe. Artinya untuk kelahiran versi cc kecil bisa iya bisa tidak….. jadi belum bisa kita pastikan…” Ujar pak Feri Firman, Departemen RnD AHM. Tetap jawaban diplomatis yang diberikan brosist, karena namanya strategiperusahaan tentu ga bisa kita bongkar lebih dalam ya.

Karena kurang puas, lek IWB melemparkan pertanyaan susulan. ” Potensi seberapa besar Pak kalau melihat trend neo Sport yang semakin naik….? Tanya IWB. ” Ya…itu tadi, tergantung hasil riset dan tentu Saya tidak bisa menjawab sekarang….” ujarnya sambil melempar senyum. Waduhh. jawaban mengawang lagi ya brosist, nampak AHM memang menutup rapat sampai ada waktu yang tepat!

Jawaban serupa disampaikan bu Istiyani Susriyati selaku HC3 Dept. AHM di perilisan Honda CB150 Verza setahun lalu, saya pribadi bertanya adakah potensi perilisan motor neo retro premium kelas 150cc di Indonesia? “Tentunya kami selalu memikirkan dan membuat apa yang menjadi keinginan konsumen. Kami selalu mendengar dan berusaha mewujudkannya. Untuk saat ini, project tersebut masih kami pikirkan. Untuk itu (Re : CB150R Exmotion Lokal) mungkin akan kami teliti lebih lanjut lagi, apakah sesuai dengan kemauan konsumen. Kita lihat juga nanti bagaimana respon pasar terhadap Verza terbaru ini. Jika bagus, mungkin akan kami pertimbangkan.” serunya penuh senyum..

Nahh! tetap potensi kedepannya masih ada dan masih terbuka lebar! Cuma masih menunggu waktu, saat ini jawaban yang diberikan oleh pihak AHM masih diplomatis dan mengambang. Belum ada kepastian karena masih tergantung riset dan penelitian lebih lanjut mengenai minat konsumen Honda di Indonesia. Karena, tentunya akan kurang menjanjikan dong ya jika motor tau-tau brojol tapi ga lewat riset lebih dulu! Bisa gagal totalll kalo ga sesuai…

Masuk Indonesia? Ya kudu riset!

Lewat Honda CB650R Neo Sport Cafe ini juga, Honda akan melakukan riset mengenai minat konseumen Indonesia untuk desain retro modern seperti ini. Jika nantinya varian ini laris dan mencapai target hingga inden panjang, diambil kesimpulan bahwa memang banyak yang suka desain Neo Sport Cafe, sehingga kemungkinan besar akan diarahkan project dan riset ke arah sana (150cc). Sepertinya, prediksi saya akan main di kelas 150cc dulu, karena di kelas ini lebih menggiurkan, lebih menjanjikan dan pastinya lebih terjangkau buat banyak orang!

CB150R Exmotion

Pastinya gimana? Yawes, ditunggu aja, semoga AHM segera merealisasikannya dan hasil survey kepada CB650R positif! Ngasih bocoran dikit aje… Kalo udeh liat langsung Honda CB150R Exmotion mah bakal naksir pokoknya dah. :p selamat menunggu!

Semoga berguna!

Jangan lupa follow media sosial saya lainnya untuk bersilaturahmi..

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

.<

 

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*