Yamaha India Rilis FZ FI V3 2019, Byson Facelift Makin Keren! Sudah LED dan Rem ABS!

Suspensi depan teleskopik 41mm

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist!

Bro, sesuai prediksi yang sudah saya tulis beberapa waktu lalu di blog kesayangan ini, Yamaha India akhirnya resmi rilis Yamaha FZ FI V3 2019! Yap, saudara sedarah Yamaha Byson di India ini memang masih dapat perhatian khusus di negara Bollywood sana. Yamaha FZ FI V3 2019 dirilis berbarengan dengan FZ-S FI 2019. Penampilannya pun bener-bener pas dengan yang sudah saya bocorin beberapa waktu lalu, persis dengan spyshot! Desainnya bisa kita lihat jauh lebih keren dibanding FZ FI V2 yang lahir tahun 2015 lalu. Versi yang sekarang, bener-bener diupdate dengan serius oleh Yamaha India!

Yamaha FZ-FI V3 2019, Byson Facelift makin cakep!

Desainnya itu lho, cakeppp! Ngeliat FZ-FI V3 ini seperti melihat Yamaha Byson di awal perilisannya hampir 10 tahun lalu. Ada kesan wah karena beberapa part yang membuat motor ini menjadi lebih gagah dan maskulin. Bisa brosist lihat dari tangkinya, ada semacam lubang jaring yang identik dengan keluarga MT-series, gahar! Untuk menambah kesan padat, di bagian bawah tangki diberikan semacam shroud yang sekilas mirip dengan shroud Byson karbu yang tampak lebih lebar. Bikin tampilan makin padat!

lampu depan LED!

Yang berubah adalah dari segi depan. ada lampu depan LED dengan desain tumpuk ya bro. Sekilas sih mirip dengan headlamp FZ-25 namun lebih lebar di bagian atasnya. Yamaha kembali berinovasi dengan membuat headlamp ala tumpuk yang sebenarnya masih ada shape/bentuk dari headlamp FZ sebelumnya. Bedanya, kali ini headlampnya makin kecil dan di bagian atasnya terpisah membentuk desain yang asimetris antara lampu atas dan bawah. Segi headlamp biasa aja sih hehe… Oh ya, lampu sen jadul ala Byson karbu masih tetap dipertahankan. Cocok sih sama bentuknya yang serba membulat.

Suspensi depan teleskopik 41mm

Untuk suspensi, masih tetap memakai suspensi 41mm khas FZ/Byson yang besar dan gagah. Kaki-kakinya sendiri FZ-S dan FZ FI V3 2019 ini memakai velg yang mirip dengan R15 VVA di Indonesia. Tentunya dengan cakram belakang yang gak pernah hadir di Byson versi Indonesia. Oh ya, sesuai dugaan, Yamaha India memberikan rem ABS untuk Yamaha FZ FI V3 dan FZ-S v3 2019 lho brosist! Gak heran, ini sesuai dengan regulasi yang ditetapkan pemerintah India, yakni moor diatas 125cc kudu pake ABS demi alasan keamanan. Keren yah.. Sayangnya, rem ABS hanya ada di rem depan alias single channel. Cocok deh demi harga yang gak terlalu melambung nantinya.

Perbedaan lainnya ada di jok belakang yang kini kembali dengan model TANDEM! Tidak seperti FZ V2 yang pake model split seat. Bagus lah, jujur mau diapain juga lebih nyaman model tandem sih kalo untuk motor naked! Desain knalpotnya juga unik, jelas banget ngambil dari desain knalpot Byson karbu yang mengotak dan terkesan gagah walau kaku. Untuk mensiasatinya, Yamaha India memberikan lubang-lubang di cover knalpotnya supaya keliatan lebih dinamis.

Detail-detail kecilnya juga menarik banget, terutama dari segi engine guard unik dan juga speedometer negative! Ya, akhirnya FZ FI mengikuti trend digiital inverted speedometer alias negatif setelah dua kali facelift hanya berganti model dan warna backlid LEDnya. Makin keren nih, kayak si edward aja pake speedo negatif! :D.

Speedo negatif euy!

Soal mesin gimana Bang? Wahhh… ini yang bikin penasaran pastinya ya!

Mesin, sayangnya masih sama! 

Bicara soal dapur pacu alias mesin, Yamaha tetap memberikan mesin yang hadir pada FZ FI V2 yang hadir tahun 2015 lalu. Mesinnya punya spesifikasi 149cc, SOHC Injeksi, 2-klep, satu silinder yang mampu mengeluarkan tenaga sebesar 13,2 PS @8.000 rpm dan torsi puncak 12,8 Nm @6.000 rpm. Masih standar banget ya, mending jangan masuk Indonesia deh, soalnya ketebak, dijamin bakal dibully sama para pecinta kecepatan. Maklum, sekarang jamannya udah pada mesin kenceng, padahal mereka lupa, kenikmatan berkendara gak cuma harus bisa kenceng. *curhat*. Intinya, mesin yang dipakai masih mesin yang sama.

Mesin sama!

Pilihan Warna Yamaha FZ FI V3 2019 dan FZ-S V3 2019!

Yamaha India mengeluarkan dua varian dari FZ series ini, yakni Yamaha FZ FI V3 dan FZ-S FI V3 2019! FZ-FI V3 dirilis dalam 2 varian warna, dan FZ-S V3 dirilis dalam 3 varian warna. Varian warnanya adalah sebagai berikut :

Yamaha FZ FI V3 2019 Warna Racing Blue

Yamaha FZ FI V3 2019 Warna Metric Black

Yamaha FZ-S V3 2019 Warna Matte Black

Yamaha FZ-S V3 2019 Warna Dark Matte Blue

Yamaha FZ-S V3 2019 Warna Gray&Cyan Blue

Harga kompetitif khas India! 

Bicara soal harga jual, India emang mantep nih. Walau dengan spesifikasi yang bisa dibilang cukup tinggi dengan rem ABS dan LED, Harga Yamaha FZ FI hanya berkisar INR 95,000 atau sekitar 18,9 juta rupiah aja! Sedangkan untuk FZ-S FI dibanderol INR 97,000 atau sekitar 19,3 juta rupiah aja.

Gimana brosist? Masuk indonesia gak ya kira-kira? Kalo menurut saya sih selama mesin masih sama kayaknya sulit mau bersaing di Indonesia. Apalagi, disini harganya bakal tembus 20 juta ke atas. Kecuali kalo pake mesin Vixion? Baru, gurih bener dengan harga 26 jutaan juga nih! Hahaa… Okelah, saya mah tetep pake Edward aja, gasss!

Penasaran sama galerinya? Berikut gallerynya ya bro! Gass!

Semoga Berguna!

Jangan lupa follow media sosial saya lainnya untuk bersilaturahmi..

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com

Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

.<

 

Advertisements

2 Comments

  1. keren om,naksir saya bodinya besar mirip FZ25 apalagi kalo harga sama seperti kemarin yang murmer peduli amat omongan orang yg penting dah injeksi dan cakram belakang tapi kok ada yang ngga pakai engine cover yah?

  2. not bad desainnya.. tp mesin nya kalo dijual disini pake mesin MX king aja, mau gw beli deh.. asal harganya gak jauh sama yg V2.. wkwkwk

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*