Berikut Tips #Cari_Aman Saat Berkendara Dari Team Safety Riding Wahana Honda, Simak Bro!

Nyoba Narrow Plank pake CB500x, susah bro!

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!

Safety Riding Blogger Vlogger, seru dan mendidik bro!

Sebagai salah satu pabrikan sepeda motor di Indonesia yang penjualannya bisa dibilang sangat banyak, PT. Astra Honda Motor selaku ATPM merk Honda di Indonesia memang punya komitmen untuk selalu menyebarkan kampanye tentang keamanan berkendara nih masbro. Dimulai sejak tahun 2012 lalu, Honda terus mengkampanyekan virus aman berkendara kepada seluruh kalangan. Puncaknya di tahun 2017 ini dimana ada tagline baru yakni #Cari_Aman , semakin membuat Honda gencar untuk menyebarkannya lebih luas lagi. Gak terkecuali oleh Main Dealer Honda Wilayah Jakarta-Tangerang, PT. Wahana Makmur Sejati nih masbro..

Wahana memang sangat concern terhadap isu keamanan berkendara dan juga soal pendidikan masbro…

Yap, Wahana Honda memang konsisten untuk menyebarkan “Racun” Cari_Aman ini ke berbagai kalangan serta umur. Bahkan, Wahana juga merambah hingga ke PAUD dan TK demi menyebarkan kampanye ini untuk segala kalangan bahkan dari umur yang masih belia. Diajarkan bahwa keamanan berlalulintas itu bisa ditanamkan sejak kecil.. Gak cuma ke anak kecil, Wahana juga aktif menyebarkannya ke sekolah-sekolah dan universitas wilayah JKT-Tangerang lho bro..

Gak terkecuali kepada para Bloggers dan Vloggers nih, ikutan “Diracun” juga sama Wahana! Wkwkw.. Racunnya tentu positif, banget, yakni racun #Cari_Aman saat berkendara. Sebelumnya saya udah pernah ditraining juga dan tulisannya udah muncul uga bro. Silahkann dibaca-baca untuk referensi lebih banyak lagi..

Gw juga ikutan diracun! Ettdaaahhh!

Nah, kebetulan kemarin diajak lagi sama Wahana untuk Safety Riding Course bareng BloggerVlogger. Temaptnya di Jatake, Tangerang, karena memang Wahana punya lahannya disana yang cukup luas dan memadai untuk dipakai latihan. Mantep pokoknya! Saya dan temen-temen pun sangat fun dalam mengikuti acara tersebut dari awal hingga akhir…

Mas Ady Jotos sedang menjelaskan tentang posisi berkendara

Namun, gak lupa saya selalu mencatat beberapa poin penting jika ada ilmu yang bisa saya serap. Prinsipnya sih pengetahuan yang saya dapat dan selama itu baik serta berguna akan saya share lagi di blog ini. Yah hitung-hitung juga sebagai pengingat, karena manusia sifatnya pelupa :D. Jadi, kemarin ada beberapa hal yang memang mneurut saya penting bro dalam pelatihan Safety Riding dari tim instruktur Safety Wahana Honda ini.

Yang pertama kudu diinget adalah, Safety riding ini bukan soal salah apa benar dalam bawa motor, karena disini goalnya adalah aman atau tidak kita saat berkendara. Jadi, dibawa fun aja asal tetap ikut peraturan yang ada. Sebagai informasi, yang di share oleh tim Instruktur SR Wahana Honda ini langsung dari team Safety Riding Jepang sana bro. Oke sip, langsung aja yuk kita bahas.. Apa saja sih tips dan trik Safety Riding agar tetap selalu #Cari_Aman saat berkendara?

  1. Cek kondisi motor sebelum riding, wajib!

Nah, ini salah satu ritual wajib bro sebelum memulai riding kita. Baik riding jauh ataupun riding jarak dekat. Cek motor sebelum berangkat adalah suatu kewajiban. Yang pertama kudu dicek adalah Bengsin! Pastikan bensin ada dan siap untuk dibawa jalan. Lalu, cek juga klakson, lampu-lampu, serta alat wajib lainnya di motor brosist. Jangan lupa juga cek bagian mesin jika pada motor sport, apakah ada oli yang keluar dari sela-sela mesin atau tidak. Yang terakhir, tentunya cek rantai (pada motor sport/bebek) serta pengereman. Karena dua hal ini juga sangat penting saat riding bareng motor kita..

2. Cek kondisi badan! 

Ini yang paling penting, cek juga kondisi badan kita, karena sebaik-baiknya kondisi motor jika kondisi badan kita gak fit atau gak mendukung buat riding bakal gak aman pastinya bro. Pastikan badan sudah fit dan bisa dibawa riding. Jangan lupa juga untuk melakukan pemanasan dan peregangan badan sebelum riding untuk memperbanyak oksigen ke otak kita..

3. Perhatikan posisi riding!

Posisi riding ini perlu diperhatikann!

Nah, setelah 2 poin penting diatas sudah dicek, alangkah baiknya brosist juga mengetahui beberapa posisi riding yang tepat untuk membuat nyaman kala naik motor kesayangan. Yang pertama adalah, sesuaikan posisi duduk sejak awal menduduki jok motor, jangan sampai berubah karena dapat mempengaruhi kenyamanan bro. “Posisi tubuh saat pertama kali naik motor adalah yang terbaik”. Kalau udah berubah, koreksi lagi dengan sedikit mengangkat badan dan duduk lagi :D. Lalu yang kedua adalah perhatikan posisi tangan. Di Safety Riding ini, posisi tangan harus tetap di tuas gas, jangan standby di handle rem/kopling kecuali hanya saat diperlukan saja. Hal ini untuk menghindari ban ngelock saat brosist kaget. Efeknya udah saya rasakan 2 kali saat kecelakaan konyol beberapa waktu lalu… Huft!

Selain itu, posisi riding saat nikung juga harus diperhatikan. Dengkul musti selalu rapat ke body jika naik motor sport bertangki. Jangan gaya gaya body out atau body in layaknya di balapan resmi, ingat, kita di jalan raya brooh.. Ya bertindak sewajarnya aja supaya tetap aman hehe.. Berasa kok di jalan raya nikung dengan dengkul tetap rapat masih bisa cepat keluar masuk tikungannya.

4. Pengereman juga kudu diperhatikan

Tata cara pengereman pada sepeda motor memang masih banyak diperdebatkan, terutama sama bikers di Indonesia. Ngerem mana duluan, depan atau belakang? Porsinya berapa? banyakin mana rem depan atau belakang? Nah, menurut mas Jotos sendiri sebaiknya ngerem dibarengi antara depan dan belakang dengan porsi rem depan yang lebih banyak masbro. Karena sejatinya rem depan ini tugasnya lebih berat untuk menjaga grip motor agar tetap stabil dan seimbang. Jadi, disesuaikan saja sama kebiasaannya bro. Kalau saya kira-kira porsinya 70% rem depan dan 30% rem belakang. Insyaallah bisa memperlambat motor dengan efisien tuh bro.

5. Berdoa, Jaga emosi, jangan tengil dijalan, dan tetap #Cari_Aman

Stay classy, stay under control…

Ini yang paling penting. Setelah semuanya siap, jangan lupa berdoa saat sebelum jalan. Ingat, buat brosist yang tinggal di kota besar, bakal gampang banget kegoda sama yang namanya emosi sama pengendara yang gak tahu aturan. Emang saya paham banget bro rasanya. Tapi, sebisa mungkin kontrol emosi kita dan tetap santun dijalan. Jangan tengil dan ugal-ugalan karena nantinya gak akan sukses #cari_amannya bro! Huehehe..

Foto bareng mas Ady Jotos, juara Safety Riding Instructor Japan 2014! Jos!

Last, sepeda motor semakin banyak, kendaraan juga semakin banyak, mau gak mau kita yang harus menjaga diri kita sendiri dan orang lain lewat trik-trik cari aman nih bro. Jangan lupa bahwa ada keluarga yang nunggu dirumah dengan cemas. Semoga berguna dan jangan lupakan #Cari_Aman sebelum berkendara yaa bro!!

Terimakasih Wahana Honda!
Foto bareng bonky motovlog, akhirnya ada yang lebih gede dr gw! Wkwkwkwkwkwkw
Foto pake kameranya fotografer Sumarlin, mantap!
Nyoba Narrow Plank pake CB500x, susah bro!
Latihan slalom pake Rebel 500, diliatin mak Adin ampe begitu bener! Wkwkwkw

Terimakasih buat PT. Wahana Makmur Sejati dan team Safety Riding Instructors Wahana Honda atas ilmunya, alhamdulillah sangat berguna! Mari share yuk bro untuk kebaikan bersama!

Semoga berguna!

Jangan lupa follow media sosial saya lainnya untuk bersilaturahmi..

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com

Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

Baca juga artikel menarik lainnya bro..

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*