Tips n Trick : Safety Riding Itu Kayak Gimana Sih?

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist,salam geber sampai redline!!

Saya saat beraksi bersama CB650F di acara Safety Riding Honda sabtu kemarin..

Saya saat beraksi bersama CB650F di acara Safety Riding Honda sabtu kemarin..

Seperti yang sudah diketahui bersama nih,Sabtu lalu saya bersama blogger-blogger otomotif lain yang kece abis,menghadiri undangan dari PT. Wahana Makmur Sejati (Wahana Honda) selaku Main Dealer Honda di wilayah Jakarta-Tangerang. Artikel singkatnya pun sudah saya rampungkan di link dibawah ini brosist,silahkan dibaca dulu yaak biar enak mulainya.. *itu yang mau baca aja,enggak juga gapapa :v.

Hnahh,rasanya gak enak banget udah dapet sesuatu yang sangat bermanfaat,tapi gak saya share di blog alias web log alias catatan pribadi saya di web ini.. Yap,sekali-kali ngasih artikel yang bermutu deh di IndoRide.com,biasanya kan IndoRide.com bikin artikel kejar tayang mulu,jemur mulu.. Wkwkwk *no offense :D.

Nih contoh artikel kurang menarik ane.. Jangan dibaca

Jujur saya akui,selama ini naik motor semampunya saya aja. Maksudnya semampunya gimana tuh kang? ya saya belajar sendiri,praktik sendiri,ketahui teori-teorinya sendiri (umumnya dikasihtau sama bapak,thanks dad :D). Nah,akhirnya disempatkan untuk belajar lebih tentang,bagaimana sih cara riding yang baik dan benar di jalanan,terutama jalanan ibukota yang super padat?

Lalulintas begini apa yang dirasa?

Lalulintas begini apa yang dirasa?

Selama ini saya hanya mengikuti cara-cara saya sendiri dalam mengendarai motor. Ya walaupun gak lupa,ada peraturan di jalan yang lebih penting dan harus diutamakan :D. Ngomongin Safety Riding,apaan sih ya? Selama ini saya selalu lihat tagline sakral bagi pengendara kendaraan bermotor ini. Rasanya setiap hari bisa saya lihat di grup-grup otomotif.. Wajar sih,karena di zaman ini,keamanan berkendara sangat diutamakan tuh!

Pak sis sedang memberi pengarahan

Pak sis sedang memberi pengarahan

Teknik pengereman yang benar nih..

Safety berarti aman (ya iyalahhh…). Berarti kita harus berkendara dengan teknik yang baik dan se aman mungkin,guna meminimalisir kecelakaan yang bisa melanda kita saat mengendarai kendaraan. Begitulah sekiranya ringkasan yang bisa saya dapat dari pembicaraan pak Sis,selaku Instruktur Safety Riding Wahana Honda,Sabtu kemarin.

Pak Sis beserta Mas Jotos selaku instruktur langsung memeragakan beberapa adegan yang berhubungan dengan cara berkendara kita sehari-hari tuh brosist. Yang pertama adalah..

Posisi berkendara!

Posisi berkendara,pilih yang paling PeWe alias Posisi Wenak!

Posisi berkendara,pilih yang paling PeWe alias Posisi Wenak!

Ini yang paling penting menurut para instruktur,karena posisi badan kita saat berkendara itu menentukan,apakah aman kita saat berada di atas motor? Berhubung ketika kita mengendarai motor,badan kita ini yang melindungi motor,menjadi tameng lah istilahnya. Beda dengan saat mengendarai mobil,yang kita cenderung dilindungi oleh body.

Posisi ter pewe saya

Posisi ter pewe saya

Nah,posisi badan kita saat berkendara motor nih kudu rileks brosist. Umumnya,posisi badan saat pertama kali menaiki motor adalah posisi terbaik.. Ketika kita menggeser sedikit saja *maaf* bokong saat berkendara,cukup mempengaruhi juga kan posisi berkendaranya.. Dan posisi tangan juga harus rileks dan tidak tegang,agar saat ada kejutan semisal motor terkena lubang,kita masih bisa mengendalikan motor dengan baik.

Pengereman!

wp-1461590006629.jpeg wp-1461590036524.jpeg

Mas jotos sedang memperagakan teknik pengereman yang baik..

Gimana sih cara ngerem yang bener menurut para instruktur yang bawa motornya dewa banget ini? Nah,menurut mas Jotos yang memperagakannya,ngerem yang baik dan benar itu adalah dengan mengkombinasikan rem depan dengan rem belakang dengan porsi yang pas,agar motor dapat berhenti dengan sempurna di tempat yang kita inginkan.

Seringkali kita (saya tentunya saat pertama kali bisa bawa motor) ngerem dengan sembarangan aja,terutama terlalu nekan rem belakang,sehingga rem belakang jadi ngepot,dan ujungnya resiko terpelanting sangat besar tuh.. Yang benar sih menurut pak instruktur,adalah mengkombinasikan rem depan dan belakang,supaya ban menghentikan motor dengan baik di tempat yang diinginkan. Kalau saya sih biasa porsinya 60% rem depan dan 40% rem belakang tuh.. Bagaimana dengan anda? hehe..

Tikungan!

Nikung kudu nyaman!

Nikung kudu nyaman!

Saat melewati tikungan,badan juga harus diperhatikan posisinya nih,biar gak kecele saat sedang nikung yang lumayan tajam tentunya. Menurut para instruktur sih,badan kita harus benar-benar “nyatu” dengan motor saat melewati tikungan di jalanan. Because,kita gak tahu apa yang sedang dihadapi di depan kan.. Jadi gak harus nurunin lutut dan geser-geser *maaf* bokong ala sembalap deh.. Kalau gak tahu medan bisa bahaya tuh hehe..

wp-1461589978697.jpeg

Kaki usahakan menapak dengan baik di footstep,atau kalau motor batangan,lutut sebaiknya menempel kuat dengan tangki. Tapi kalau dirasa aman treknya sih,gapapa kneedown.. Saya juga suka,asik sih hahaha :D.

Duh,segini aja dulu yak brosist.. Saya lupa apa apa saja yang diajarin kemarin. Seingat saya sih cuma segini point-point penting yang saya garis bawahi dari pelatihan safety riding kemarin.. (terlalu fokus sama moge diujung sanah.. wwkkw :D). Nah,bagi brosist sekalian,semoga slogan Always Safety On The Road bukan sekedar slogan aja yaa.. Diterapkan dan di amalkan di jalan,supaya InsyaAllah kita tetap aman dan bisa ketemu keluarga tercinta di rumah dengan tubuh yang lengkap tanpa kurang satu apapun! Joss.. Because we love riding,and we ride safety! 🙂.

Pelatihan Safety Riding Blogger by Wahana Honda!! Keep safety always..

Pelatihan Safety Riding Blogger by Wahana Honda!! Keep safety always..

Semoga berguna ya brosist,maaf bila dalam penyampaiannya kurang berkenan di hati brosist sekalian. Semoga saja sih berkenan dan mudah dimengerti yaa.. Dimaafkan bila kurang ngenakin bahasanya.. :D. Lanjut edit video dulu ah abis nyemplak duo moge pembuat jatuh hati,stay tuned terus di IndoRide.com ya brosist!!

Thanks for reading and sharing,please leave your comment below here,and see you on the next article.

Wassalamualaikum.

Written by Alki Rahmatullah

Follow me on..

Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

Advertisements

About IndoRide.com

Seorang pemuda yang mencintai dan punya passion di dunia Roda 2. Senang menulis dan sharing apa yang saya tahu dan saya alami. This is my ordinary blog, selamat berkunjung di IndoRide.com.
This entry was posted in Safety, Tips n Trick and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

9 Responses to Tips n Trick : Safety Riding Itu Kayak Gimana Sih?

  1. alhamdulillah posisi duduk ane kyaknya udah bener… sayang ngerem sma nikungnya masih salah kayaknya :mrgreen:

    Like

  2. RichardGN says:

    “Kita mengendarai motor, badan kita yang melindungi motor”

    Pantas dari dulu kalau kita (amit”) kecelakaan, orangorang pada nanya “motornya gimana ? Aman ?”

    Wkwk

    Like

  3. Pingback: Mau Riding Jarak Dekat Ataupun Touring Jarak Jauh? Jangan Lupa Pemanasan Bro! | Indoride.com

  4. Pingback: Ini Dia Beragam Event Bermanfaat Yang Dilaksanakan Oleh Jaringan AHASS Jakarta-Tangerang Selama Bulan April,Mantapp! | Indoride.com

  5. Pingback: Cara Mudah Kloning/Memperbanyak Objek Gambar Di Picsart ; Bisa Jadi Kurcaci! | Indoride.com

  6. Pingback: Tutorial : Cara Mudah Memperbesar Kepala Di Aplikasi Picsart Android (Bubble Head) | Indoride.com

  7. Pingback: Wahana Honda Lakukan Kampanye Safety Riding Ke Anak TK ; Pentingnya Safety Riding Sejak Usia Dini! | Indoride.com

  8. Pingback: Wahana Honda Lakukan Kampanye Safety Riding Ke Anak TK ; Pentingnya Edukasi Safety Riding Sejak Usia Dini! | Indoride.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s