Ganti Bohlam Rem Motor Yamaha Pakai Punya Suzuki, Perbedaan Itu Indah!

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!

Brosist,di zaman yang serba canggih ini, teknologi juga masuk ke dalam dunia otomotif. Berbagai macam teknologi disematkan pada kendaraan, terutama dari sisi penerangan. dimana banyak kendaraan yang sudah memakai lampu LED (Light Emitting Diode) yang jauh lebih terang, hemat daya, dan tahan lama dibanding bohlam. Namun, saya masih tetap memakai motor jadul (baca : tua) karena salah satunya adalah perawatannya murah.. hehee.. Salah satunya adalah ketika ganti part yang satu ini, Bohlam belakang! Motor saya si Edward, Byson 2012, masih setia pake bohlam pada lampu remnya…

Ganti bohlam Byson yang matek, pake punya Suzuki!

Alih-alih mengganti lampu LED ori yang mahal dan tidak terjangkau, saya kembali mengganti lampu belakang yang sudah gosong dengan lampu bohlam. Lari lah saya ke bengkel tempat biasa beli part motor, dengan asumsi dapat bohlam asli byson yang terjangkau harganya. Cuma saya inget-inget lagi, dulu bohlam asli Byson umurnya kurang lama, ga sampe setahun udah modyar!

Sempat inget terakhir kali, tepatnya 2 tahun lalu saya beli bohlam belakang merk Honda. Kabarnya sih bisa juga dipake di si Byson karena dudukannya sama. Lanjut beli, seharga Rp 10 ribu saja. Ternyata bener, awet sampai 2 tahun lebih dan baru mati 2 hari kemarin hehe..

Ke bengkel, nanya bohlam Honda, ternyata lagi habis mas ujarnya. Terus, nanya bohlam untuk motor Yamaha, malah dianjurkan pakai bohlam merk Suzuki (SGP)! Lah gimana ini abang bengkelnya wkwkwk.. Alasannya, biasanya yang lain juga beli bohlam pakai Suzuki kalau gak Honda, entahlah kenapa. Yawes, karena asumsi saya biasanya part Suzuki awet-awet, langsung ambil dengan harga sama, 10 ribu.

Kemasannya apik warna biru khas Suzuki, dengan dilapisi plastik laig yang ada logo suzukinya. Saat dibuka, merknya sama euy dengan bohlam Honda, stanley juga! Berarti memang mungkin satu vendor nih wkwk.. Langsung buka bohlam Honda yang udah gosong, dan ganti bohlam Suzuki.

Untuk terangnya sama saja sih, tegangan dan dayanya juga sama aja, merknya sama, harganya sama. Yang saya harapkan semoga awetnya juga sama deh wkwk.. Maklum, suka pecicilan injek-lepas tuas rem. Wjwkw..

Semoga awet…

Ya inilah cerita sedikit saat ganti bohlam motor kesayangan kemarin. Jangan disepelekan ya, karena bohlam rem ini cukup vital sebagai penanda bagi pengendara lain saat dijalan. Oke brosist? Perbedaan itu indah… Buktinya motor Yamaha saya didalamnya terdapat part Honda, part Suzuki, sampe ke part Bajaj India juga ada wkwk.. Jadi yang masih ribut karena beda merk? Hadeh… Kelaut aje dah!

Semoga berguna!

Jangan lupa follow media sosial IndoRide.com ya brosist…

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

.<

 

Advertisements

3 Comments

  1. persis sama byson FI ane bawaan dealer bohlam matus (mati putus) pas setahun blek!!Merk ga jelas akhirnya bli ke dealer yamaha a.m sangaji punya byson karbu sama aj. Tp dicek merk bohlamny ‘stanley’!Mantab neh dlm hati!Ternyata bener masih awet smpe 1,5 thun berjalan ini 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*