Lampu Rem Belakang Nyala Terus, Padahal Gak Ditekan? Ganti Switch Rem Jawabannya!

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!

Bro, seperti yang brosist tahu dari IG dan post blog saya sebelumnya, biasanya saya suka posting diary atau cerita-cerita unik pas ngurusin motor kesayangan saya, Yamaha Byson 2012 yang saya namakan si Edward hehe.. Melihara motor tahun 2012 yang artinya sudah 6 tahun sejak diproduksi tentunya sudah banyak yang harus diganti. Tiap bulan ada aja yang kiranya minta diganti, maklum deh.. Nah, ada yang bikin saya bingung akhir-akhir ini, lampu rem belakang kok nyala terus?

si Edward nih, alhamdulillah masih awet!

Hal ini udah terjadi sekitar 3 bulan, dan munculnya gak terus-terusan. Saya bingung, soalnya tuas rem tangan/kaki gak saya tekan, tapi lampu bohlam belakang nyala terang terus seperti lagi ditekan dari tangan/kaki. Sebelumnya, tepatnya sebelum lebaran saya cek juga ternyata switch rem belakang lepas, awalnya saya duga part ini yang jadi masalahnya. pas diganti pun ternyata masih sama, masih nyala! Walaupun lampu utama (depan) juga dalam keadaan mati. Bingung…

Lampu belakang Byson, nyala terus padahal gak ditekan!

Hmm, cari sana sini, cari masalah yang kira-kira terhubung sama lampu belakang. Karena males ke bengkel, akhirnya cari tahu sendiri. Ternyata pas dicoba-coba masalah ada di rem depan! Dimana saat rem depan ditekan dan digoyang-goyang dikit, lampu belakang bisa mati lagi! Lalu kembali nyala terang walau lampu depan dalam keadaan mati..

Nih dia switch rem yang bermasalah!

Fix nih, mungkin switch rem depan bermasalah. Ternyata benar bro, kabel yang menyambungkan antara tuas rem ke switch remnya sudah gak bagus. Cari ke sana sini bengkel biasa gak ready, coba cari ke bengkel Yamaha yang biasa saya ganti part ternyata barangnya ready! Yowes, sekalian ganti karet tutup kopling yang udah inden sejak 2 bulan lalu deh wkwkwk..

Langsung ganti!

Oh iya, part ini khusus untuk Yamaha Byson ya brosist. Dengan nama Front Stop Switch Assy YGP. Kodenya adalah 45P-H3980-00 untuk Byson, jangan salah yak! Alhamdulillah ternyata partnya masih tersedia dan masih bisa dibeli di bengkel resmi, soalnya Byson saya baru discontinue 3 tahun lalu.. Masih tersedia sampai 7 tahun kedepan! :D.

Langsung ganti, karena males ganti dan gak ada alatnya jadi langsung ditangani sama mas mekanik bengkel Yamaha Harapan Motor II Proklamasi yang ramah dan baik-baik pegawainya. Gak sampai 10 menit, instalasi pun selesai. Sekalian cek komstir ternyata masih aman hanya perlu dikendorin dikit supaya gak kaku banget. Siipp deh!

Horeee!

Bayar, ternyata harganya hanya Rp 34 ribu saja di BeRes Yamaha. Ongkos pasang 11 ribu, jadi 45 ribu. yasudah gapapa daripada pasang sendiri tapi gak paham.. Nah, karena total transaksi saya diatas 50 ribu plus part yang udah diinden sebelumnya, saya dapet promo diskon ke the Jungle sebanyak 35% di bengkel ini. Mantep bener dah wkwk, transaksi 50 ribu aja dapet diskon euy! :D.

Last, insyaallah si Edward bakal terus dirawat nih brosist,  supaya tetep nyaman dipakai untuk cari nafkah dan cari ilmu sehari-harinya. Kebetulan soal karbu yang beberapa tahun lalu sempat saya keluhkan udah fix dan udah bener karena ngakalin beberapa hal.. Mau tau? Pantengin nanti yak dibikinin artikelnya! :D. Mana nih yang masih ngurus motor menjelang tua kayak siEdward ini? Share dong!

Salam seruduukkk rider Byson seIndonesia!

Semoga berguna!

Jangan lupa follow media sosial saya lainnya untuk bersilaturahmi..

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com

Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

.<

Advertisements

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*