Bertemu Yamaha QBix 125 di Thailand, Khusus Yang Suka Metik Nyentrik dan Unik!

indoRide.com – Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!

Halo brooo.. pas nulis artikel ini kebetulan saya masih berada di Thailand dan akan segera pulang ke Indonesia untuk kembali ke realita hahaha.. dan Alhamdulillah saya bersama teman teman rombongan pemenang trip motogp bersama Evalube sudah puas selama 5 hari exploring Thailand untuk nonton MotoGP dan jalan jalan keliling kota Bangkok. Dan tentunya sebagai seorang bikers dan juga blogger, gak bisa tuh  yang namanya berdiam diri saat berada di negara yang punya line up motor motor unik seperti di Thailand ini! Kamera, hp, dan action cam selalu standby untuk menangkap momen momen dan juga motor unik yang ada di negara ini… terutama saat bertemu dengan Yamaha QBix 125 2018 di Thailand kemarin!

Lucuuu!

Kondisi kehidupan beroda dua di negara Thailand ini juga unik brosist. Untuk habit ridingnya sih yang saya lihat dan pantau selama di kota Bangkok dan Buriram, hampir sama dengan di Indonesia. Pelanggaran2 kecil semacam lawan arah itu sih masih ada di kota ini. Namun gak se crowded di Indonesia terutama Jakarta hehe.. nah yang paling saya suka disini tuh ada motor-motor unkk yang siap memanjakan mata brosist!  Termasuk saat kemarin main ke sirkuit Chang untuk nonton MotoGP. Sangatt banyak motor yang bisa memanjakan mata dan pikiran brosist, muali dari mocil sampai moge-moge eksotis berbagai merk dari BMW, Triumph, Kawasaki, Benelli, Honda, Yamaha dll ngumpul jadi satu! Josss..

Nah motor kecil atau mocil di Thailand ini juga gak kalah menarik, malah saya jauh lebih tertarik melihat mocil-mocil di negara gajah putih ini. Setelah lama lihat di internet akhirnya saya berhasil menemukan Yamaha QBix 125 yang sedang parkir. Asliii seneng banget bro, setelah sebelumnya jarang lihat karena populasinya kalah sama Honda Zoomer X (nanti dibahas di lain artikel), makanya begitu ketemu saya langsung ambil sedikit foto.

Ketemu Yamaha QBix 125! Asli, Lucu dan Unik!

Sebelumnya liat di internet pasca perilisannya tahun 2017 lalu. kok aneh banget nih motor ya. Kayak speaker portabel yang dijadiin satu dan dikasih stang wkwk.. tapi sebenernya motor ini memang dibuat untuk segmen matic kecil unik disana. Soal desain, yes or pass… Tergantung, suka atau gak karena desain “radikal”gini mah pasti pro dan kontra!

Tapi, andai brosist lihat secara langsung dan kebetulan suka sama desain motor yang out of the box kayak gini sih saya yakin 10000% brosist bakal suka. Yap, karena bentuk bodynya ini pas dengan postur tubuh rata-rata-rata orang Asia (pastinya bukan org Asia kayak saya yak). Velgnya juga berukuran cukup lebar dengan ban Gambot yang seperti donat. Lucu banget dilihat langsung, bener bener kayak koper / speaker yang bisa dikendarai haha.. pastinya bakal jadi perhatian orang kalo dikendarai di Indonesia nih bro! Take it or leave it.. suka atau nggak suka! Kalo saya sih suka benerrr dah, lucuu! Wkwk..

FITUR YAMAHA QBIX 125 Thailand

Lari ke fitur, Yamaha QBix 125 2018 Thailand dirilis dengan segudang fitur bahkan untuk motor matic kelas 125cc. Fitur umum sebutlah ada Shutter Key System dengan pembuka jok integrated, serta untuk buka fuel cap! Yap, unik banget, karena motor ini walaupun kecil dan deknya rata, tapi untuk tangki bensinnya ada di dek kaki sehingga tentunya lebih simple dan mudah dijangkau..

Motor ini juga sudah dilengkapi dengan socket charger dan speedometer digital yang informatif. Selain itu yang paling asik sih motor ini punya bagasi yang super lebar dan besar, 22,5 Liter masbro! Jadi kalau dibuka bisa muat barang dan helm halfface sekaligus.. Tentu saja bagasi ini lebih besar dibanding Yamaha Lexi 125 yang hanya muat 12,5 liter saja di bagasinya…

Untuk fitur lain motor ini juga sudah dilengkapi dengan Lampu LED depan bertumpuk dengan DRL semacam garis panjang di sampingnya. Unik banget ini sih serius, liat asli lebih cakep bro!

MESIN YAMAHA QBIX 125 Thailand

Di segi mesin, Yamaha QBix 125 dibekali mesin bertipe SOHC 125cc Water Cooled 2 Valve, dengan teknologi Blue Core yang bertenaga dan efisien. Kompresinya menyetuh angka 9,5 : 1 yang pastinya bakal irit dan gak butuh oktan terlalu tinggi. Kurang lebih mesin ini sama persis dengan mesin Mio M3 series di Indonesia, ketambahan water cooled aja biar makin stabil suhu olinya untuk dipakai harian bro! Sayangnya, saya gak ketemu orang yang punya motor ini untuk ngetes atau in depth review motornya. Lha seandainya ketemu juga, ngertinya cuma Sawadikap. wkwkwkwk…

Spesifikasi Yamaha QBix

Machine
Type Water cooled 4-stroke, SOHC, Single cylinder
Capacity 125cc
Diameter X Steps 52,4 mm x 57,9 mm
The Compression Ratio 9,5: 1
Ignition TCI (Transistor Control Ignition)
Fuel System Fuel injection (Blue Core)
Starter Electric & kick starter
Transmsi Dry, Centrifugal automatic V-belt automatic
Frame and Legs
Order Underbone
Front suspension Telescopic
Rear suspension Unit Swing
Front Tire 100/90 (standard), 110/90 (S&ABS)
Rear Tire 130/70 (standard), 140/70-12 (S&ABS)
Front Brake Disc – ABS
Rear Brake Drum
Body
P x L x T 1860mm X 710mm (standard), 740mm (S &ABS) X 1066mm
The Weight Of The Contents – QBIX Standard 103 kg
– QBIX S 106 kg
– QBIX ABS 108 kg
Seat Height 775mm
The Lowest distance to the Ground 135mm
Wheelbase 1280 mm
Tank capacity 4.2 L

Yamaha QBix 125 Thailand, Gimana kalo masuk Indonesia?? 

Nah ini yang sebelumnya banyak perbincangan terjadi di medsos. Mereka yang seneng sama motor unik dan nyentrik di medsos berharap ada motor-motor seperti ini yang masuk ke Indonesia. Pastinya sih soal desain ini soal selera, karena bener-bener nyentrik dengan bentuk ala kotak speaker yang dikasih stang dan roda haha.. Jika Yamaha berani masukin ke Indonesia, pastinya akan jadi pembuka kelas motor skutik unik di Indonesia yang selama ini belum ada yang berani “join”. Halo Yamaha? Thailand aja bisa, Indonesia kasih dong? Hehhee..

Lanjut ini dia beberapa foto yang saya ambil kemarin brosist. Silahkannn didownload buat yang kepengen hehe.. Harganya di Thailand sekitar 53 ribu Thai Baht atau sekitar Rp 20 jutaan. Nah kalau masuk Indonesia bisa nih di angka 17 jutaan. Ngareppp! wkwkwk..

Jangan lupa follow media sosial saya lainnya untuk bersilaturahmi..

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

.<

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*