Begini Saat Yamaha FreeGo Dinaiki Rider Dengan Tinggi 180cm Lebih, Masih Nyaman?!

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!

Bro, Yamaha Indonesia Motor Mfg. atau yang biasa kita sebut PT. YIMM, beberapa waktu lalu tepatnya di ajang IMOS 2018 telah merilis motor matic terbarunya yang siap melengkapi line up skutiknya di Indonesia. Yap, bener bro, Yamaha FreeGo 125 telah resmi dirilis untuk melengkapi penjualan skutik Yamaha. Motor dengan tagline Amazing Matic ini mempunyai beberapa fitur kelas atas yang disematkan di sebuah motor matic entry level. Contoh aja seperti *Keyless, *Rem ABS, ,power outlet, Smart Motor Generator, Bagasi super luas, serta speedometer digital! Wajar aja Yamaha pede ngasih tagline Amazing, karena untuk di harga 18-22 Jutaan fiturnya cukup lengkap untuk mendukung riding kita sehari-hari. Nah, kali ini saya gak akan bahas soal fitur, dan segala macamnya, tapi saya mau bahas Gimana sih saat orang dengan tinggi 180cm naik Yamaha FreeGO? Ehm… Nyaman ga?? Berikut ulasannya!

Jadi saat perilisan FreeGo, saya coba untuk naikin diatasnya. Nyobain gimana rasanya ergonomi matic yang membawa Konsep baru di kelas matic entry level di Indonesia ini. Seperti yang brosist tau, kalo biasa liat ulasan saya soal motor pasti paham gimana badan saya nih ya. Agak spesial, dengan tinggi lebih dari 180cm dan berat *sensor* ukuran badan saya seringkali dijadikan ejekan atau bahan candaan netijen… Hmm :(. Entah sekedar “kasian motornya” atau “itu motor kekecilan, ga cocok!” atau bahkan “buset gede bener nih orang!!” udah jadi santapan setiap review motor. Emang cocoknya naik Harley… wkwkwkw! Tapi gakpapa, saya akan tetep kasih ulasan yang sesuai dengan pengalaman pribadi saya ya brosist! No hard feeling la…

Distandar dua agak jinjit ni!

Untuk Yamaha FreeGo ini sendiri memang punya dimensi body yang cukup besar di kelasnya. Sebenernya gak terlihat besar dalam artian lebih dominan dibanding yang lain, namun sudut-sudut body yang menggembung membuat motor ini terlihat besar dan chubby. Buat kalian yang seneng desain seperti ini, pasti bakal gemes liat motor ini haha! Walau dimensinya terlihat besar, sebenarnya motor ini compact kok bro. Dimensi PxLxT keseluruhannya adalah 1905 x 690 x 1100. Jelas lebih besar dibanding Yamaha Mio series, contohnya saja Mio S yang punya panjang 1870mm, lebar 685mm dan tinggi 1060mm. Artinya, masih oke nih untuk dibawa harian karena walau terlihat besar, dimensinya masih gak terlalu besar! Oke lah ya… Bukan itu yang pengen saya omongin, tapi Masih nyamankah dibawa orang tinggi besar? berikut pengalaman saya.

Yamaha FreeGo 125, ternyata masih cocok buat saya… Tapi…

Pas! Gak terkesan “nongkrong” yang penting

Banyak yang bilang, ah kasian motornya! Kekecilan! Penyiksa motor lu! Dsb, ketika saya tes motor matic entry level… Huft! Padahal kan bisa jadi referensi juga buat yang badannya sama dan suka motor matic kecil hahaha.. Dan impresi saya mengenai ergonomi dan posisi riding dari FreeGo 125, masih masuk batas nyaman saya nih brosist! Kok bisa? Karena saat dinaiki, Jok lebar+tebal nya menambah kesan nyaman saya sama motor ini. Feelsnya juga bener-bener roomy nih motor! Karena brosist bisa lihat di foto atas, saat dalam posisi duduk sempurna, jarak antara dengkul dan dek depan masih jauh dan masuk batas wajar. Soal dengkul, aman! Gak mentok dek!

Roomy banget ya, lihat jarak dengkul masih luwassss

Posisi duduk juga untuk orang setinggi dan sebesar saya, ternyata masih oke nih brosist. Feelnya dapet karena gak terkesan nongkrong pas naik motor ini. Duduk sempurna dengan raihan tangan yang pas ke stang menambah kesan nyaman saat membayangkan membawa si FreeGo di kemacetan panjang ala Jakarta.

Yang saya soroti juga Seat Height dan Ground Clearancenya! Soal seat height atau tinggi jok ini memang cukup sensitif terlebih di kelas 125cc entry level ya. Tinggi dikit, bakal susah dibawa dan dinaikin. Saya concern ke seat height karena justru Yamaha FreeGo ini punya tinggi jok yang bersahabat untuk orang dengan tinggi 170cm keatas, yang mana di motor matic entry level lain kurang mendukung. Wajar aja karena tinggi jok Yamaha FreeGo ini adalah 778mm! Tinggi ya jika dibandingkan dengan Mio M3 atau Mio Z dan Mio S, yang punya Seat Height 750mm.

tingginya pas, dibawa riding masih masuk batas nyaman

Jadi wajar, buat orang dengan tinggi diatas 170cm masih cukup nyaman bawa motor ini karena mendukung tinggi badannya. Tapi mungkin akan menjadi sedikit jinjit balet buat yang tinggi badannya dibawah 170cm nih brosist. Karena selain tinggi, motor ini juga punya jok lebar berkat bagasi super luas 25L dibawah joknya! Jadi pastiin test dulu ya sebelum beli! Namun saya rasa sih gak jadi masalah besar deh, karena beratnya cukup ringan nih motor, hanya 100KG! *102KG versi ABS.

Ground Clearance yang sama dengan generasi Mio lainnya, walau dengan velg 12 inci membuat motor ini sama tingginya dengan matic entry level Yamaha lainnya. Jadi, bakal aman dari gasruk poldur deh ya. aman jaya dah! Flat floor decknya juga cukup luas, dan mampu menampung kaki besar saya berukuran sepatu 46 ini dengan sangat pas. Gak dikurangi dan dilebihin, brosist bisa lihat foto-fotonya deh ya…

Nyiksa Yamaha FreeGooo!
Ergonomi nyaman

Lantas…. Cocok buat bikers tinggi gede kah? 

Cocoknya naik Xmax… huft

Kalo dibilang cocok atau pas banget sih, menurut saya pribadi gak juga ya. karena brosist bakal ngerasa motornya kekecilan untuk dibawa nih wkkwkwkw *maklum kita berbeda 🙁 *. Tapi kalo ditanya pas atau gak, saya rasa ini motor udah pas dengan body tinggi besar, karena walaupun dimensi kecil namun motor ini menawarkan posisi duduk yang nyaman dan gak “nyiksa dengkul”! Itu yang paling penting.. Dan gak bakal keliatan pendek banget karena seat heightnya juga tinggi dan joknya lebar, jadi feel roomynya dari sebuah motor kecil masih dapet lah ya. Iya iya… kalo gw emang cocoknya naek XMAX bukan FreeGo. Wkwkwk..

FreeGo masih oke lah y!

Segitu aja dulu deh brosist soal pembahasan dari FreeGo 125 ini. Memang agak sulit nyari motor yang pas dengan postur saya. Buat yang nasibnya sama,punya badan besar, kepengen XMAX tapi baru bisa beli FreeGo, mungkin bisa jadi referensi nih buat brosist sekalian. Pastinya tetap sesuaikan dengan selera dan kebutuhan ya brosist..

Untuk in depth review dan Test Ride Reviewnya brosist bisa cek video dibawah ini ya!

Gimana menurut brosist? Share di kolom komentar ya!

Jangan lupa follow media sosial saya lainnya untuk bersilaturahmi..

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

Baca juga berita menarik lainnya bro!

.<

 

 

 

Advertisements

2 Comments

    • Kalo tinggi segitu mending ambil yg agak besar, Lexi cocok buat dengkul supaya ga mentok. Vario agak mentok kalo diatas 180cm

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*