Tips n Trick : Bersihkan Rantai Secara Berkala Agar Tetap Dalam Performa Yang Maksimal!

ARblog – Assalamualaikum brosist. How’s Life? Semoga tetap sehat dan semangat ya.

Hari libur kalau diisi dengan santai-santai aja rasanya bosan juga ya brosist. Biasanya mempunyai kegiatan,dan tiba-tiba tidak ada kegiatan tuh rasanya membosankan XD. Nah,daripada gabut alias gaji buta,saya mencoba melakukan sesuatu hal yang kira-kira bisa dikerjakan dan bermanfaat juga. Akhirnya saya pilih membersihkan tunggangan kesayangan.

Baca Juga : Servis Tunggangan Kesayangan Secara Berkala Agar Tetap Mantap Dikendarai

Ya,memang sebuah motor hanyalah motor yang hanya sebuah benda mati. Tetapi,jika kita merawatnya dengan baik dan teratur maka motor tersebut akan tetap mempunyai performa yang maksimal sehari-harinya,dan semakin membuat kita sebagai penggunanya akan selalu senang untuk melakukan perjalanan bersamanya. Oke,saat ini tunggangan kesayangan saya masih si Evita,yaitu Revo 100 kelahiran tahun 2008. Suka maupun duka saya jalani bersamanya sudah kurang lebih 7 tahun. Apasalahnya,melakukan perawatan kepadanya agar tetap sehat,ya gak brosist? :D.

Karena si Evita sudah dalam kondisi yang kotor dan mengenaskan XD,akhirnya saya coba untuk melakukan pembersihan hingga sedetil-detilnya *hayah :D. Pembersihan ini saya lakukan seperti biasa,yaitu mencuci seluruh bagian body dan ban sampai bersih. Yang berbeda,hari ini saya lakukan special treatment yaitu membersihkan rantai secara keseluruhan.

Baca Juga : Aplikasikan oli Diesel ke Honda Revo 100

Rantai memang terlihat part yang biasa saja. Hanya berfungsi sebagai penggerak roda belakang,dan menyalurkan tenaga mesin ke roda belakang. Tapi jika kita tidak memperhatikan rantai motor kita (terutama motor transmisi manual,karena matic kan gak pakai rantai),maka tunggangan kita akan semakin tidak nyaman dikendarai. Kotoran-kotoran yang bercampur di rantai serta gir membuat penyaluran tenaga ke roda belakang tidak maksimal,akibatnya tenaga motor akan terhambat dan tentunya bikin malas berkendara tuh brosist! Nah,makanya pembersihan rantai ini harus dilakukan setidaknya sebulan sekali atau paling telat 2 bulan sekali ya brosist.. Kebetulan saya sudah tidak membersihkan rantai selama 3 bulan nih! Ampun,jangan ditiru yah :D.

Oke,senjata-senjatanya yang diperlukan untuk pembersihan ini adalah..

  • Solar secukupnya (loh,kok pake solar??)
  • Sikat gigi bekas
  • Sabun detergent secukupnya
  • Lap kain perca
  • Minyak Singer untuk mesin jahit (Loh apaan lagi nih?)
  • Kopi susu,air putih dingin,dan camilan (kalo-kalo laper pas pengerjaan :D)
Bahan utama

Bahan utama

P1020044 P1020041

Penyanyi?? XD

Penyanyi?? XD

Nah,langsung aja eksekusi! Setelah barang-barang tersebut siap,cuci dulu dahh tunggangan kesayangan supaya makin maksimal gantengnya hehe.

cuci cuci..

cuci cuci..

Cuci cuci,terus cuci..

Cuci cuci,terus cuci..

Setelah selesai dicuci hingga bersih,buka penutup rantai depan dan belakang menggunakan kunci 8,serta buka footstep yang menggantung dengan kunci 12. Karena saya ga punya kunci-kunci ini,maka minta tolong sama tetangga yang buka bengkel,hehe sip! Udah kebuka semua. Gaspol!

Tutup rantai setelah dibuka,mengenaskan! :D

Tutup rantai setelah dibuka,mengenaskan! 😀

Sebelum dibersihkan,ngeri :(

Sebelum dibersihkan,ngeri 😦

Sebelum dibersihkan

Sebelum dibersihkan

Langkah pertama,siram rantai menggunakan air yang telah dicampur oleh sabun detergent secukupnya. Lalu sikat halus oleh sikat gigi bekas. Nah,disini gunanya solar. Setelah bertapa 2 tahun di goa kalong membaca dan mencari referensi sana sini,akhirnya ketemu kalau solar bisa membersihkan noda-noda membandel di rantai. Oke langsung siram solar secukupnya ke permukaan rantai dan gir,sikat dengan sikat gigi bekas tadi hingga bersih. Kalau sudah bersih,lap rantai dengan menggunakan kain perca yang telah diteteskan oleh solar tadi. Pokoknya sampe bersih dan gaada kotoran lagi brosist,gausah sampe kinclong banget hehe.

Setelah dibersihkan! Ga kinclong sih,tapi bersih kok!

Setelah dibersihkan! Ga kinclong sih,tapi bersih kok!

Setelah dibersihkan! Ga kinclong sih,tapi bersih kok!

Setelah dibersihkan! Ga kinclong sih,tapi bersih kok!

And voila! Rantai dan gearpun kembali bersih dan jozz,siap digunakan lagi untuk menjelajah kemanapun dengan performa yang maksimal! Eh,tapi tunggu dulu ya brosist. Tuh minyak Singer buat apa ya?? Menurut referensi juga,minyak Singer untuk mesin jahit ini sangat baik untuk melumasi rantai yang kering. Karena tulisan di botolnya juga minyak Singer ini adalah All Purpose Oil. Harganya pun murah brosist,hanya Rp 6.000,-,jadi bisa dibilang lebih hemat daripada menggunakan chain lube. Okee,teteskan beberapa tetes ke rantai hingga terlumasi sempurna,dan rantai sudah siap menyalurkan tenaga yang maksimal ke roda! Mantaapp..

Last,semoga bisa menjadi referensi yang baik untuk brosist sekalian dalam merawat motor ya :D. Karena biar bagaimanapun,benda mati yang dipakai sehari-hari pun membutuhkan perawatan yang layak juga kan. Thanks for reading and sharing,please comment below,and see you on the next article.

Wassalamualaikum,

See the posts related to this article :

Advertisements

About IndoRide.com

Seorang pemuda yang mencintai dan punya passion di dunia Roda 2. Senang menulis dan sharing apa yang saya tahu dan saya alami. This is my ordinary blog, selamat berkunjung di IndoRide.com.
This entry was posted in Servis Berkala, Tips n Trick and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

26 Responses to Tips n Trick : Bersihkan Rantai Secara Berkala Agar Tetap Dalam Performa Yang Maksimal!

  1. macantua.com says:

    Wah alki cona sini.ke pwk bersihin rumah wkwkwkkwkwkwwk

    http://macantua.com/2015/04/30/mobil-kaleng-kerupuk/

    Like

  2. diova says:

    Artikel nya mantap nih, ngmg2 cari singer itu td dmn ya mas? Apakah di supermarket ada? Sama utk membersihkan gear dan rantai td mas alki pake nya solar dan kain perca kalo misal di gnti pake sabun colek gmn mas? Soalnya mumpung ada sabun colek yg nganggur nih
    Tks

    Like

    • Wehehe siapp,mas atau mba nih? Makasih udah komen yaa.. kalau minyak singer saya beli di toko obras/toko jahit. Pasti ada dgn harga yang variasi. Nah,kalau pakai detergen aja sih bisa cuma ya hasilnya kurang maksimal dan kurang bersih. Bagusnya sih dikasih solar sedikit terus digosok sampai bener2 bersih..

      Like

  3. diova says:

    Wah mantap ini artikel nya, ngmg2kalo mau beli minyak singer itu carinya dmn ya mas? Sama mau tnya utk mslh pembersihan td kan pake solar kalo misal di gnti pake sabun colek apakah bisa? Soalnya ada sabun colek yg nganggur nih
    Tks

    Like

  4. bramantyo says:

    wah bisa dicoba nih, sayangnya di tanggal merah kaya gini ane masih ada kerjaan, oh iya domisili AR dimana nih ?

    Like

  5. diova says:

    Saya mas, bro alki hehehe
    Oo gt ya, okelah bisa saya coba nnti. Sama utk penetesan minyak singer itu per mata rantai 1 tetes atau gmn?

    Like

    • Oohh oke mas diova hehe. Iya mas silahkan dicoba.. untuk netesinnya bebas aja mas,asal kedengeran kalau rantai udah ga gemerincing lagi bunyinya berhentiin aja.. kebanyakan juga ga bagus mas,nanti mercik2 ke ban jd licin bannya 😀

      Like

  6. Pingback: Tips n Trick : Lindungi Kabel Earphone/Chargermu Dengan Benda Sederhana Ini!! | Alki Rahmatullah's Blog

  7. Pingback: Service Pertama Setelah 1000km Bersama Oli Diesel “Menyimpang”,Sebaiknya Jangan Ditiru Brosist! | Alki Rahmatullah's Blog

  8. Pingback: Selalu Matikan Mesin Saat Membersihkan Rantai! Kalau Tidak,Begini Akibatnya!! | Indoride.com

  9. Pingback: Merawat Kabel Kopling Motor Agar Tidak Keras Dan Rawan Putus,Mudah Banget! | Indoride.com

  10. Pingback: Cara Mudah Kloning/Memperbanyak Objek Gambar Di Picsart ; Bisa Jadi Kurcaci! | Indoride.com

  11. Pingback: Tutorial : Cara Mudah Memperbesar Kepala Di Aplikasi Picsart Android (Bubble Head) | Indoride.com

  12. Tri Mulat says:

    tutup gir depan yang rusak lubang bautnya kurang kuat menempel di mesin. maka itu harus dibuat tutup gir depan yang murah seperti dari casing cpu komputer yang berwarna hitam, terbuat dari logam, seperti https://www.youtube.com/watch?v=5lvxoS_lNOo

    Like

  13. Tri Mulat says:

    kalo tutup gir depan lubang bautnya pecah, tutup ini bisa di buat dari casing cpu yang terbuat dari logam yang di cat hitam, seperti https://www.youtube.com/watch?v=5lvxoS_lNOo

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s