Test Ride dan Review Singkat Yamaha FZ6 Fazer S2, Khas FZ-Series, Nyaman Dan Bikin Nagih!

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!

Yamaha FZ6 Fazer S2, Nikmat!

Bro, beberapa waktu lalu saya mendapat kesempatan yang sangat jarang terjadi di hidup saya ini. Sebagai blogger newbie yang baru gabung ke dunia motoran ini dari 2014 silam, saya merasa sangat senang kalau bisa ngetest motor-motor yang dahulu mungkin hanya bisa saya lihat di layar kaca. Dan alhamdulillahnya, saat ini saya sudah bisa ngetes beberapa motor yang dari dulu mungkin hanya sebagai angan-angan aja bisa ngetes hehe… Yap, mimpi saya dulu adalah ngetes motor 4 silinder inline!!

Dengerin suara motor 4 silinder itu bener-bener adem di jiwa, saat ditarik gasnya bikin adrenalin memuncak! Itulah mungkin yang namanya hobi ya bro.. Hehe.. Nah kebetulan banget suhu blogger saya yakni om Vandra Monkeymotoblog baru beli moge nih bro, mogenya 4 silinder! Wow, sesuai dengan impiannya tuh hehe.. Yamaha FZ6 Fazer 600 S2 tahun 2008! Yap, ini motor 4 silinder, dan yang paling spesial adalah bunyinya menggelegar dan bikin deg-degan tiap dengerin geberannya! Sedaappppp!!!

Foto dulu bareng ownernya, wihhh sangarrr bener yak gue naik motor ini!

Alhamdulillah saya diberi kesempatan buat sedikit nyagap, dan muter-muter dikit bareng Fazer 600 ini. Sekaligus jadi motor besar Yamaha yang saya test pertama kali setelah penasaran dengan turunan mesin Yamaha R6 yang responsif dan menggelegar ini! Apalagi, ini motor memang udah dibeli om Vandra pakai knalpot Akrapovic ori! Wuih, paket lengkap dah! Langsung aja deh bro kita review… Oiya, berhubung waktu test ride ini minim sekali, jadi saya gak sempet ambil banyak foto 😦 , jadi coba saya ambil dari blognya om MMBlog aja dah yak! Huft..

Desain

Desainnya sederhana, tapi bersahaja! Ga bikin bosen pengen terus mandangin.. Pict MMBlog

Soal desain, memang soal selera. Menurut saya pribadi, Fazer 600 milik om Vandra ini desainnya sederhana, namun terlihat mewah dengan segala kesederhanaannya. Yamaha Fazer sesuai namanya adalah motor yang didesain untuk adventure, pakai half fairing supaya distribusi anginnya lebih baik saat dipakai menjelajah jauh. Begitu juga denga Fazer 600 S2 ini (keren yak, baru 9 taun udah S2), yang memakai half fairing untuk menstabilkan body motor saat dibawa jauh. Kalau dilihat sekilas memang agak familiar ya dengan desain fairingnya? Yap, mirip R15 V2! wkwkwk.. Tapi memang gak sepenuhnya mirip R15 sih, karena kalau dilihat lebih spesifik ternyata desain depannya mirip R6 dengan tahun yang sama.. hehe. Bagian depannya udah pake velg palang lima plus dual disk brake, dengan shock depan ukuran 43mm yang besar dan masih teleskopik. Stang fatbarnya bikin ergonomi jadi lebih rileks dan nyaman.

Desian khas motor adventure

Lanjut ke bagian samping, dari samping motor ini udah bisa ditebak punya dimensi yang besar dan tinggi! Wajar aja, Fazer gitu lhooh.. Ditambah motor ini mempertontonkan leher knalpot yang berjumlah empat buah berjejer dengan sangat rapi dan seksi. Damn, kalau kamu suka motor, lihat desain leher knalpot yang dipertontonkan dengan jelas begitu, ada kesenangan tersendiri… Byson bisa gak sih digituin?? Wkwkwk!

Tangkinya padat, rangka twinsparnya gagah!

Half fairingnya terlihat sangat nyatu dengan tangkinya yang memang juga khas FZ banget, bahkan mirip desainnya sama tangki Byson. Wkwkwk, generasi FZ emang harus ngikut ya desainnya. Gak ketinggalan, rangka twinspar berwarna hitam plus stang fatbarnya makin membuat motor ini terlihat lebih gagah. Syedapp kalo diliat, muscular!

Bagian belakangnya, seksi maksimal! Luluh masbrayyy

Dari belakang, yang paling terlihat adalah desain buntutnya yang seksi abis. Dua buah knalpot akrapovic original bukan akralingga terpampang nyata dan bikin terlihat sangat kekar. Stoplampnya minimalis, ngumpet dari knalpot akrapovicnya yang mendominasi. Wuihh!

Tangkinya bila dfoto bareng byson, mirip ya? miripin aja dah. wkwkwk

Performa

Ngetes performa Fazer600 FZ6 S2, tenaganya linear, enak!

Bicara soal performa, mesin 4 silinder 600ccnya memang punya performa yang gak bisa diremehin. Output powernya mencapai 96 hp, hampir 100hp atau lebih besar dari tenaga Avanza 1300cc! Bayangin… Untuk segi mesin memang khas 4 silinder ya bro, om Vandra juga mengamininya, bahwa tarikan awalnya memang gak segarang mesin 2 silinder dengan kubikasi yang sama. Torsinya terasa nikmat naik perlahan, dan bisa dipacu sampai RPM yang tinggi! Suaranya itu loh, menggelegarrr.. Dan untuk kategori mesin 4 silinder, menurut om Vandra ini motor torsinya padat dan ngisi!

Saya memang ga ngetes sampai kenceng, maklum hanya test ride singkat. Namun sudah bisa diketahui kalau motor ini memang enak buat adventure. Tenaganya gak terlalu buas, namun setiap ditarik, motor ini siap buat bikin adrenaline brosist terpacu hingga redline. Ditambah denger suara knalpot Akrapovicnya yang… Ah manteppp lah!

Baca dulu artikel lainnya tentang FZ-Series..

Handling

Soal handling, saya memang ngetes motor ini saat dibawa dari kawasan Jaksel ke daerah Ciledug. Nah disana saya ngetes karakter handling motor ini di kemacetan dan di jalanan lurus serta kelok-kelok. Menurut saya sih buat badan sebesar saya ini, handlingnya udah cukup lah untuk sekedar dibawa di jalan yang agak miring.. Mungkin ini berkat kombinasi frame twinspar dan suspensi yang lembut khas FZ series. Soal handling memang gak ada masalah, hanya yang jadi masalah cuma dimensinya. Kadang agak ribet kalau kena selisipan mobil, wajar sih, mogehhh…

Melakukan putar balik juga gak terlalu jauh, masih dalam jangkauan lah menurut saya. Namun yang terasa memang saat mulai memasuki tikungan yang agak tajam. Mungkin karena beratnya dan tingginya jadi saat stang dibelokkan agak sedikit kaku bila pakai riding style saat seperti bawa mocil 250cc kebawah. Namun bisa diakali dengan agak menekuk stang lebih dalam, dan mulai terasa enak bro buat nikung.. Nah ini! Agak sedikit mirip sama Byson saya yang juga pakai shock besar dan stang fatbar, harus agak ditekuk dikit stangnya supaya makin nurut buat miring atau belok.. FZ series emang sedep!

Suspensi

Suspensinya oke juga

Suspensinya khas motor adventure. Dari beberapa motor tipe adventure yang pernah saya test, memang rata rata suspensinya begini. Empuk, namun gak begitu ngebuang. Redamannya mantap sehingga lebih nyaman buat dibawa di jalan yang agak keriting. Apalagi, si Fazer ini udah punya suspensi depan yang panjang dan besar (43mm) membuat redaman shocknya semakin haluss..

Dari test ride singkat memang saya rasa belum ada masalah dari segi suspensinya. Namun perlu dites lebih jauh lagi kalau mau ngetes suspensinya seperti apa jika dibawa jauh. Tapi first impressionnya sih udah okelaah.. Sekilas kembali mengingatkan saya sama si Kebo yang udah nemenin selama 2 tahun ini. Suspensi FZ-Series emang oye! WKwkwkkw.. Jangan protesss..

Kesimpulan…

Motor ini punya desain yang sederhana, namun dari segala kesederhanaannya itu motor ini mewah! Bisa dilihat dari desainnya yang mengalir dari depan hingga belakang. Mempertontonkan kombinasi motor naked dengan motor fairing yang sempurna. Desain leher knalpot yang seksi dan dua knalpot di bagian buritan menambah nilai estetika dari motor ini. Ergonominya juga pas buat orang-orang berbadan besar seperti saya, nyaman! Namun bukan berarti gak bisa nyaman buat rider berpostur sedang kayak om Vandra, ownernya.

Handlingnya cukup oke, nikmat dibawa di jalanan yang agak berkelok dan gak ngebuang seperti beberapa moge yang pernah saya test. Mesinnya 4 silinder 600cc yang begitu linear dan gak terlalu mengintimidasi, karakternya sangat cocok buat jalan jauh. Mau kenceng? Tinggal tarik lebih dalam tuas gasnya dan rasakan adrenalinmu terpacu lebih dalam pula. Ditambah suara knalpot Akrapovic yang juga bikin hati semakin ser seran saat digeber lebih dalam. Aduhaii..Suspensinya juga oke, lembut dan gak terlalu kaku. Khas motor buat jalan jauh lah. Memang buat dibawa miring-miring arogan gak seenak sportbike (yaiyalah), tapi udah cukup!

Pada akhirnya, inilah FZ series, motor yang memang didesain untuk kenyamanan sang pengguna. FZ, motor yang siap nganter brosist kemanapun brosist mau, dengan segala kenyamanan dan kenikmatan feel ridingnya. Tampilannya juga bisa bikin brosist bangga bawa dia sebagai partner sehari-hari. Buat mejeng oke, riding bareng temen oke, jalan-jalan jauh juga oke, ya intinya FZ Series adalah motor yang bisa diandalkan! Maka dari itu om Vandra memilih FZ6 Fazer sebagai kendaraan terpercayanya setelah Kawasaki ER6n yang baru saja dilegonya.. Istilahnya, motor siap tempur!

Akhir kata, mohon maaf dengan pembendaharaan kata saya yang sekiranya masih kurang baik. Memang saya masih sangat jarang test ride moge, jadi yang ada di pembahasan ini sesuai dengan yang saya rasakan saat test ride. Semoga bisa jadi bahan bacaan yang berguna dan jadi referensi buat brosist sekalian yang berniat meminang moge FZ-Series. Once you get this bike, it will make you laugh and proud in every single day.. Welcome to the club, FZ riders! 😎 .

Welcome to the club, were FZ Riders !

Jangan lupa follow media sosial saya lainnya untuk bersilaturahmi..

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com

Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com
Moladin ID : IndoRide.com

Advertisements

3 thoughts on “Test Ride dan Review Singkat Yamaha FZ6 Fazer S2, Khas FZ-Series, Nyaman Dan Bikin Nagih!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s