Bertemu Motor Listrik Viar Q1, Matic Imut Ramah Lingkungan, Senyap Tanpa Suara!

Viar Q1! Unikkkk

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!

Bro, singkat aja nih.. Jadi di acara Pelepasan Solo Ride Jakarta-Himalaya 15.000km oleh Bro Gunadi hari minggu tanggal 26 kemarin, saya bertemu sama motor yang unik banget nih brosist. Sebelumnya memang sudah pernah liat tapi gak berkesempatan untuk bahas. Nah, kebetulan di acara besar ini disupport oleh Viar Motor Indonesia yang juga mempercayakan Viar Vortex 250nya untuk dibawa dari Jakarta menuju Himalaya. Sontak di acara tersebut ada beberapa motor Viar yang didisplay, terutama Motor Listrik Viar Q1 atau yang biasa disebut Q-One. Nah, berikut Impresi bertemu Motor Listrik Viar Q1, senyap tanpa suara! 

Viar Q1! Unikkkk

Yap, ternyata diacara ini sudah disediakan beberapa motor Viar Q1 yang akan dibawa City Riding mengiringi om bro Gunadi dan melepasnya untuk segera melanjutkan perjalanan ke Himalaya. Viar Q1 ini semuanya sudah dilengkapi STNK lho brosist. Yap, STNK dan TNKB! Bayar pajak juga berarti nih, joss… City riding diikuti oleh para petinggi Kementerian Perhubungan dan staff-staffnya. Ajib bener deh.

Rame nih Viar Q1 bakal dites!

Saya pun nonton pelepasan para petinggi dan staff kemenhub yang keluar gedung Kemenhub. Tapi kok.. gak ada suaranya??? Hmm, iyalah, namanya motor listrik broo! Pure listrik gak pake mesin bakar lagi nih! Sontak suaranya pun jadi gak terdengar sama sekali, senyap dan seperti sedang naik sesuatu yang berjalan tanpa jejak brosist. Gokil deh senyapnya! Terus saya penasaran dan deketin dikit deh…

Spesifikasi Viar Q1, Motor Listrik senyap tanpa suara!

Nah brosist, bisa dilihat dari Spesifikasi, motor yang dirilis sejak tahun 2017 lalu ini memang unik karena gak pakai mesin bakar lagi. Jadi brosis gak akan menemukan SOHC atau DOHC atau pakai bensin apakah motor ini. Yap, motor listrik Viar Q1 memakai penggerak Baterai jenis Maintenance Free dari Bosch 60v 20A, yang diklaim sanggup jalan sampai 70km sekali jalan dan mampu mencapai topspeed 60km/jam! Wow, cukup baik ya untuk motor sekecil ini!

Motor Listrik, GO Green!

Estimasi baterai bisa sampai 600-800 cycles alias 600-800 kali ngecas, so mungkin kalo gak jalan tiap hari bisa lebih dari 4-5 tahun nih tahan baterainya! Josss.. Beratnya pun ringan hanya 87 kg saja, so buat selap selip enak banget nih, yang kerjanya gak terlalu jauh juga bisa dipake!

Soal tampilan ini mengingatkan saya sama motor-motor mini, karena memang bentuknya mini banget, seperti skutik imut yang siap diajak tempur hehe.. terbukti dari ban besarnya berukuran 90/90 ring 10 di bagian depan dan belakang. Soal lampu, dia sudah LED, cukup terang!

Speedometernya pun unik, dari segi tampilan sangat sederhana dan hanya menampilkan indikator baterai, indikator kecepatan dan indikator P saat dalam keadaan parking mode. Hmm, unik ya!

Yang menarik adalah ketahanan dari baterainya nih bro, untuk baterai Bosch yang sudah terkenal membuat part elektronik kelas wahid tentunya gak main0main soal ketahanan. Baterai ini diklaim bisa bertahan hingga 70km perjalanan, pastinya cukup nih ya buat harian sambil ngecas lagi…

Test Ride Viar Q1

Njir jadi mini banget! WKwkkwkwkw

Sayang beribu sayang, saya gak sempet ngetes Viar Q1 ini. Padahal unik banget, cuma bisa numpakin sedikit aja nih. Yang saya rasain ini motor emang kuecill banget, sama saya ya jelas tenggelem, beratnya aja beratan saya kkwkkw.. Ergonomi juga jelas kurang pas dengan saya yang tingginya 180cm. Tapi motor ini punya jok yang tebal dan desain dek yang cukup luas, jadi oke lah untuk kalian yang badannya lebih kecil dari saya. Dengerin pas Viar Q1 dibawa sih, ini motor bener-bener kayak gak ada jejak, wusshh lari tanpa ada suara! Hehe..

Segitu aja dulu brosist, belum ada kesempatan test ride, mohon maaf sekali lagi belum bisa share ke brosist sekalian. Gimana menurut brosist soal Viar Q1 ini? Unik dan pengen beli?

Semoga berguna!

Jangan lupa follow media sosial saya lainnya untuk bersilaturahmi..

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com

Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

.<

Advertisements

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*