Merawat Kabel Kopling Motor Agar Tidak Keras Dan Rawan Putus,Mudah Banget!

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist,salam geber sampai redline!

Merawat Kabel Kopling Yamaha Byson yang udah mualai ga enak,gampang!

Merawat Kabel Kopling Yamaha Byson yang udah mulai keras,gampang!

Kabel kopling memang sesuatu yang vital di motor manual. Karena tanpa adanya kabel kopling,motor bertransmisi manual gak akan bisa jalan. Memang gak sesimple motor bertransmisi matic ataupun semi-manual seperti motor Bebek pada umumnya,namun motor bertransmisi manual ini diklaim mempunyai beberapa kelebihan tersendiri dibanding yang lainnya tuh brosist. Motor bertransmisi manual ini biasanya adalah motor-motor sport atau sebagian bebek super yang bertenaga cukup besar tuh brosist.

Tuas kopling Yamaha Byson

Tuas kopling Yamaha Byson

Bentar-bentar,baca-baca dulu artikel Tips n Trick dari Indoride.com ya brosist.

Oke lanjut langsung aja ke topik ya brosist.. Motor bertransmisi manual seperti ini memang perlu treatment khusus nih. Contohnya saja adalah kabel kopling yang menghubungkan antara tuas kopling di sebelah kiri stang ke tuas kopling yang didekat bak kopling itu,mbuh namanya apa XD. Nah,akhir-akhir ini saya merasakan pegal-pegal yang luar biasa saat menaiki si Kebo,Yamaha Byson lansiran tahun 2012 saya…

Bukan karena ergonominya yang menyiksa seperti saat menaiki Yamaha R15 atau Yamaha Xabre,bukan pula karena saya mengaplikasikan stang model racing atau memodifikasi Byson saya jadi ekstrim. Tapi,karena hal simple yang satu ini brosist!!

Yap,sejak awal dikandangi,si Kebo masih baru diganti kabel koplingnya. Diremas-remas pun lentur sangat,tak ada gejala keras sama sekali. Namun setelah 3 bulanan dipakai,dan dihajar terus dengan musim Panas dan Hujan yang bertubi-tubi.menyerahlah kabel kopling si Kebo. Kabel koplingnya jadi keras!

Olinya sih oke,masa kabel koplingnya keras?

Olinya sih oke,masa kabel koplingnya keras?

Masih mending keras,kalau tiba-tiba putus dijalan piye?? Ribet toh. Sama aja kalau lagi sayang-sayangnya,terus diputusin tiba-tiba! Apa gak mumet? Hayo yang jomblo karena diputusin jangan galau.. Wkwkwk just kidding :D. Pastinya putus kabel kopling ini bikin mumet brosist,apalagi kalau ditengah jalan dan minim bengkel.

^kabel kopling putus! Ngeriii.. *pic MMblog

Hal ini bisa terjadi karena beberapa hal brosist. Yang pertama adalah banyaknya debu yang masuk ke dalam kabel kopling,membuat pergerakannya semakin seret dan susah bergerak. Ditambah lagi,disaat musim hujan,air masuk dan menambah seret karena karat yang ditimbulkannya. So,saya gak mau kejadian itu terjadi! Jadilahhhh… Artikel Tips n Trick sederhana ala IndoRide.com nih brosist.

Mungkin saja bagi sebagian bikers,hal yang saya share ini gak berguna ataupun gak penting,namun gak apa lah. Toh,ada seseorang yang bilang,kalau ngeblog itu jangan cuma cari hits,tapi juga harus sharing yang berguna kepada pembaca.. So,insyaallah info ini berguna ya brosist.. Yuk disimak,cara merawat kabel kopling agar tidak seret dan tidak mudah putus!! Pastinya gampang banget,dan bisa kamu lakukan dirumah brosist! Cekidot..

1. Siapkan bahan-bahannya

Bahan utama

Bahan utama

Pernah saya bahas juga Solar dan minyak singer untuk membersihkan rantai disini : Tips n Trick : Bersihkan Rantai Secara Berkala Agar Tetap Dalam Performa Yang Maksimal!

Bahan bahannya yang bisa digunakan untuk melunturkan debu dan kotoran di dalam kabel kopling ya brosist. Apa aja sih kira-kira? Yang pertama,pake Solar sebagai pembersih tuh brosist. Solar memang punya kandungan ajaib untuk meluruhkan kotoran.. Saya pun heran,bersihkan rantai pun kotoran rontok semua pakai solar! :D. Beli di pom bensin,setengah liter aja cukuuupp..

MInyak singer,ampuh!

MInyak singer,ampuh!

Yang kedua adalah minyak Singer yang sudah terkenal akhir-akhir ini di kalangan bikers nih brosist! Minyak singer disinyalir punya kandungan ajaib juga untuk melumasi beberapa bagian penting di motor yang bergesekan. Oke deh,beli minyak Singer seharga 6 ribuan aja di toko jahit.. Sip.

2. Bersihkan kabel kopling bagian dalam

Bersihkan deh pokoknya...

Bersihkan deh pokoknya…

Nah ini inti dari artikel Tips n Trick kali ini. Debu yang berkumpul didalam kabel kopling tersebut,bikin tuas kopling jadi keras amit-amit. Pokoknya,tangan siap-siap kebas saat melewati macet dan ujungnya jadi berotot tanpa perlu fitness.. Hahaa. Caranya..

  • Masukkan solar lewat ujung kabel kopling,bisa juga rendam ujung kabel kopling dan tarik lewat atas. Jadi,solar tersedot keatas dan keluar dari atas. Debu pun rontok semua tuh brosist.. Tarik ulur aja kabelnya,rasakan sampai kabel jadi terasa lebih ringan dari sebelumnya!
Pake plastik gini jugamudah

Pake plastik gini jugamudah

  • Atau bisa pakai cara yang saya contek dari otomotifnet ini. Dengan memakai plastik yang dimasukkan ke dalam kabel kopling menyerupai corong. Jadi,solar bisa mudah masuk dengan mudah,dan lanjutkan tarik ulur kabelnya sampai terasa mayan ringan..
  • Terakhir,ini dia cairan pamungkasnya. Saya pakai oli Singer untuk melumasi bagian dalam dari kabel kopling ini. Tambahkan sesuai takaran,jangan sampai minyaknya luber-luber keluar.. Rasakan lagi,sampai terasa ringan ditarik.

Nahhh… Selesai juga artikel DIY yang gak penting ini ya brosist. Sebenarnya ini bisa dikerjain dirumah. Namun karena kemarin saya kerjain di bengkel sekalian ganti oli Meditran SX di Yamaha Byson saya,jadilah sekalian aja mumpung ada bahan-bahannya..

Siap gasspoooll lagi...

Siap gasspoooll lagi…

Pastinya,kabel kopling jadi lebih awet dan gak mudah putus. Mengurangi duit yang keluar juga untuk beli kabel kopling yang putus kan! Modalnya paling gak sampai 10 ribu nih.. Semoga artikel tips n trick kali ini berguna ya brosist!!

Thanks for reading and sharing,please leave your comment below here,and see you on the next article.

Wassalamualaikum.

Written by Alki Rahmatullah

Follow me on..

Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

 

Advertisements

About IndoRide.com

Seorang pemuda yang mencintai dan punya passion di dunia Roda 2. Senang menulis dan sharing apa yang saya tahu dan saya alami. This is my ordinary blog, selamat berkunjung di IndoRide.com.
This entry was posted in Servis Berkala, Tips n Trick and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

13 Responses to Merawat Kabel Kopling Motor Agar Tidak Keras Dan Rawan Putus,Mudah Banget!

  1. Kobayogas says:

    Ni dia motor dengan kopling ala motor 1000 cc Italia… Keras banget wakakakaka

    Like

  2. ndesoedisi says:

    blogger otomotif macam mana kau ini, apa-apa dikerjain dibengkel…
    #kabooooorrrrrrr

    http://ndesoedisi.com/2016/03/02/anak-kecil-juga-ikut-bersiap-menghadapi-operasi-simpatik-2016/

    Like

  3. RichardGN says:

    Emang masi boleh beli bbm di spbu ?

    Like

  4. Nanang natsir says:

    Stlh dibésihkan koplingnya jdi netral terus

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s