Yamaha MT-01,A Rhinoceros Monster with American Taste from Japan!

ARblog – Assalamualaikum brosist,selamat sore.. Ketika kita bicara tentang pabrikan Yamaha,apa yang pertama terlintas di benak brosist kira-kira? Mungkin saya bisa menebak salah satunya adalah mengedepankan seni pada motor-motor buatannya! Jelas,basic dari pabrikan Yamaha sendiri memang membuat alat musik,yang dimana musik adalah cabang dari seni. Lalu apa lagi?? Revolusioner? Ringan? SOHC Overstroke??? #abaikan yang terakhir brosist :mrgreen: Hal-hal yang saya sebutkan diatas memang benar adanya menjadi ciri khas tersendiri dari Yamaha. Tapi tunggu dulu brosist,ternyata Yamaha pernah membuat motor yang memang diluar pakem dari desain-desain motornya..

The Big one from Yamaha,MT-01 OHV Engine!!

The Big one from Yamaha,MT-01 OHV Engine!!

mt-01

Yang satu ini,benar-benar beda dan tentunya besar!! Yup,sosok yang satu ini tiada lain tiada bukan adalah The Rhinoceros from Japan,MT-01!! Daripada lama-lama,langsung aja yuk kita bahas bareng-bareng brosist,check this out! Yamaha MT-01,motor Cruiser besar buatan Yamaha ini pertamakali diperkenalkan sebagai motor konsep di gelaran Tokyo Motor Show pada tahun 1999. Baru direalisasikan sebagai motor produksi massal pada tahun 2005,Yamaha MT-01 menjadi populer setelahnya. Apa sih yang membuat Badak dari Jepang ini bisa populer dan terkenal Ki??

Chassis kuat dan ringan,ala superbike!

Chassis kuat dan ringan,ala superbike!

Ya,salah satunya adalah keunggulannya di sisi mesin dan chassis brosist! Yamaha mengakui telah menyisipkan beberapa part kelas wahid yang diusung Superbikenya,Yamaha R1 ke saudara besarnya ini! Salahsatunya chassisnya yang ringan dan kuat brosist! Belum lagi desainnya yang dianggap radikal dari motor sejenisnya macam Harley Davidson Sportster,dan motor sejenis lainnya.

Sebelum lebih jauh,yuk kita intip dulu spesifikasi lengkapnya brosist,check this out yoh!

Yamaha MT-01 Specification

Manufacturer Yamaha
Production 2005–2012
Class Muscle Bike
Engine 1,670 cc (102 cu in) air-cooled, 4-stroke, 4-valve OHV V-twin
Bore / stroke 97.0 mm × 113.0 mm (3.82 in × 4.45 in)
Compression ratio 8.36:1
Top speed 207 km/h (129 mph)
Power 66.3 kW (88.9 hp) @ 4,750 rpm
Torque 150.3 N·m (110.9 lb·ft) @ 3,750 rpm
Transmission 5-speed, wet clutch, chain drive
Suspension Front: Telescopic forks
Rear: Swingarm (link suspension)
Brakes Front: dual 310 mm disc
Rear: single 267 mm disc
Rake, trail 25° / 103 mm (4.1 in)
Wheelbase 1,525 mm (60.0 in)
Dimensions L: 2,185 mm (86.0 in)
W: 800 mm (31 in)
H: 1,105 mm (43.5 in)
Seat height 825 mm (32.5 in)
Weight 245 kg (540 lb) (dry)
265 kg (584 lb) (wet)
Fuel capacity 15 L (3.3 imp gal; 4.0 US gal)
Oil capacity 5 L (5.3 US qt)

Kita bahas satu-satu yuk brosist tentang motor ini dari berbagai sisi..

1. Mesin

OHV Engine,with V-Twin Configuration.

OHV Engine,with V-Twin Configuration.

Padaattt banget brosist!

Padaattt banget brosist!

Nah,lagi-lagi motor ini bisa dibilang radikal. Diluncurkan pada tahun 2005,mesin yang digunakannya adalah mesin konfigurasi V-twin OHV dengan kubikasi 1.670 cc yang notabene adalah mesin jadul brosist!! Lah,kok pabrikan besar sekelas Yamaha mau sih memakai mesin jadul di motor keluaran barunya? Kan banyak mesin yang lebih modern dan tentunya lebih efisien?? Ternyata Yamaha punya jawabannya tersendiri brosist..

OHV Engine

OHV Engine

Overhead Valve engine,desain mesin jadul ini dipercaya sebagai salah satu mesin tertua di bumi. Dikenal juga dengan nama lain Pushrod Engine. Disebut pushrod engine karena terdapat komponen pushrod atau batang pendorong yang tidak terdapat pada mekanisme katup jenis lain. Mesin tua ini dikembangkan pertama kali pada tahun 1920-an oleh David Dunbar Buick dari perusahaan Scottish-American,dan mesin ini dipatenkan oleh Arthur Chevrolet.

Jenis mesin OHV ini tentunya banyak kelebihannya brosist. Yang pertama,letak Camshaft tidak berada di atas,maka kontruksi head menjadi lebih ringkas dan sederhana. Proses maintenance mesin pun menjadi lebih mudah dilakukan. Kedua, Kedua,karena posisi camshaft dekat dengan Crank,penyaluran tenaga pun bisa lebih responsif brosist,dan tidak membutuhkan rantai keteng yang panjang. Rantai pendek ini tentunya membuat mesin ini lebih sederhana dan lebih lama waktu maintenancenya brosist. Bisa diambil contoh,mobil Kijang generasi awal  buatan Toyota yang memakai mesin jenis OHV ini. Maintenancenya pun sangat irit dan murah,dan torsinya juga josss buat ngelibas tanjakan terjal sekalipun. Kenapa saya bisa bilang gini?? Dirumah ada Mbah Kijang bro :D. Namun,ada juga kekurangan pada mesin jenis OHV ini brosist. Yaitu mesin gak bisa digeber terlalu kencang. Karena antara crankshaft sampe klep,tenaga yang disalurkan akan melewati banyak komponen mesin. Sehingga pada putaran atas,powernya agak terkebiri brosist.. Nah,pada MT-01 ini juga sama,power bawahnya sudah pasti garang banget. Dengan mesin ber cc besar dan konfigurasi V-Twin ditambah jenis mesin OHV yang kaya torsi,dijamin narik banget tuh!!

2. Desain

*>*

*>*

Dari segi desain,bisa dibilang cowok abis brosist. Gak salah diatas saya sebut dia sebagai Monster Badak dari Jepang! Dengan mesin padat dan body kekar,mengisyaratkannya sebagai motor Muscle Bike yang gak main-main gantengnya!! :mrgreen:. ARblog kepincut??? Jelass brosist! Gagah banget ini motor desainnya. Dengan desain Muscular yang diusungnya,tak pelak banyak media yang membandingkannya dengan motor buatan Amerika yang terkenal dengan desain kekarnya!! MT-01 dianggap revolusioner,karena mengambil chassis dan part yang dipakai oleh Superbike R1,yang pastinya mempengaruhi handling yang ringan,tentunya akan lincah dipakai di jalanan maupun touring jarak jauh brosist! Jelas,lahirnya MT-01 sebagai Muscle bike sepertinya “menampar” langsung pabrikan yang terkenal sejak dulu berkonsentrasi membuat muscle bike seperti Harley Davidson.

3. Fitur dan Teknologi

mt-01 3

Untuk fitur dan teknologinya sendiri,standart lah brosist. Sepertinya Yamaha berkonsentrasi berjualan tampang dan body bongsor pada motor ini. So,fitur standar seperti dual-disc brake in front tire and single disc brake in rear tire menjadi hal yang biasa disematkan pada moge. Shock depan teleskopik ukuran besar dan shock belakang dengan link juga jadi fitur standar pada moge. Teknologinya? Hmm,1.670 cc DOHC V-twin Air cooled engine with Fuel Injection juga sepertinya standar jika menilik spesifikasi motor-motor sekelasnya.. Yang membuatnya Superior ya hanya part-part superbike Yamaha yang juga disematkan ke Badak ini.. Tentu,membuatnya lebih ringan dan berlari lebih kencang brosist!!

4. Kelebihan dan Kekurangan

mt-01 4

Namanya produk buatan manusia,pasti ada kelebihan dan juga kekurangannya brosist. Testing is believing,berhubung saya belum coba,jadi saya cari beberapa review media kenamaan luar negeri tentang motor ini. Kelebihannya seperti diatas sudah disebutkan seperti torsi yang besar,chassis ringan,dan segala kelebihan yang dimiliki. Kekurangannya? Menurut reviewer,kelebihannya ada pada Tangki bensin yang berkapasitas kecil! Kapasitas tangki bensin yang hanya 15 L terasa kurang untuk motor cruiser yang biasa digunakan untuk menempuh jarak yang jauh tanpa harus sering ke pom bensin. Boros bahan bakar,mesin OHV 1.670 ccnya terasa boros menurut para reviewer. Mungkin karena masih mengusung mesin teknologi lama,sehingga kurang efisien dalam hal bahan bakarnya. Who care about fuel consumption? We have a big motorcycle!! Mungkin seperti itulah kata para user moge :mrgreen

Keren banget ya? :D

Keren banget ya? 😀

mt-01 7

Kesimpulan,satu langkah maju dari Yamaha yang berani membenturkan langsung motor buatannya dengan motor-motor cruiser bike buatan Amerika yang sudah lama mendunia! Penyematan part kelas wahid yang diusung oleh Superbike Yamaha R1 juga menjadi satu nilai plus bagi motor besar ini. Terlepas dari berbagai kekurangan dan kelebihannya,layak kalau Saya sebagai penulis memberikan gelar kepada motor ini..

Yamaha MT-01,a Rhinoceros Monster with American Taste from Japan !!

Oke brosist,semoga artikel ini bisa berguna sebagai wawasan otomotif bagi brosist sekalian ya :D. Thanks for reading and sharing,please comment below here,and see you on the next article.

Bonus :

MT-01 Sound,gelegarrr membahana!! 😀

Follow me on..

Facebook Fanspage : Alki Rahmatullah’s Blog

Facebook : Alki Rahmatullah

Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

Whatsapp : 08892377086

Wassalamualaikum..

Related Posts :

 

Advertisements

15 thoughts on “Yamaha MT-01,A Rhinoceros Monster with American Taste from Japan!

  1. Pingback: Deklarasi MT Riders Indonesia Chapter Depok ; Berbagi Kebahagiaan Bersama Yang Membutuhkan! | Indoride.com

  2. Pingback: First Impression Meet Yamaha MT-01 ; Biangnya MT-Series!! | Indoride.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s