Test Ride Singkat Honda All New CB150R,More Than Enough For Daily Use!

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist,salam geber sampai redline!!

p_20151224_170920-picsay.jpg

Brosist sekalian,setelah sebelumnya saya pernah ikutan test ride Honda All New CB150R yang bertempat di AHTC Sunter beberapa waktu yang lalu,dan juga pada saat kopdar D’Gujubar di Bogor,kali ini saya berkesempatan untuk menjajal kemampuan motor ini lebih dalam lagi,dan pastinya dengan trek yang lebih bagus dan lebih panjang dari testride sebelumnya.

Sudah sejak lama kepingin nulis Review test ride motor keren dari AHM ini,namun apalah daya,tulisan yang sudah pernah saya draft di blog saya sebelumnya pun hilang begitu saja.. #curhat #legowo. Berusaha move on dan membuat tulisan review lagi. Kali ini,lagi lagi om Vandra pemilik blog http://monkeymotoblog.com/ yang ganteng bin keren dan mirip puool sama Cesar YKS ini (piss om XD) berbaik hati untuk mengajak saya kembali merasakan “jambakan” dari motor 150cc besutan AHM ini.

p_20151224_165346-picsay.jpg

So,janjian lagi di UI,tempat yang udah gak asing lagi buat kami jelajahi :mrgreen:. Setelah ketemu,ngobrol-ngobrol bentar,langsung dijejelin kunci si CB yang cukup panjang tersebut,pertanda saya disuruh butu-buru geber motor ini.

Yap,New CB150R yang di “kost” in ke om Vandra ini umurnya masih baru banget! Pas dikirim untuk jadi anak kost dirumahnya saja,kilometernya baru menunjukkan angka 15 km. Hmm,hitunganya masih kinyis-kinyis brosist.. So,makin enak nih buat direview karena masih bau plastik.. (istilah untuk barang baru XD).

p_20151224_165339-picsay.jpg
Kinyis-kinyis gannn

Langsung masukkan kunci kontak,dan speedometer pun melakukan booting sempurna. RPM meter dilimit di angka 10.000an rpm. Karakternya yang ‘galak dibawah’ membuatnya sangat mudah sekali teriak tuh brosist… Daripada penasaran,langsung aja yuk kita bahas,kenapa sih sampai saya berani nyebut,bahwa motor ini adalah motor yang lebih dari cukup untuk penggunaan sehari-hari? Cekidot langsung!

Baca Juga :

ERGONOMI

Karena judulnya review singkat. Jadi bahasnya yang singkat-singkat saza ya brosist. Daripada panjang-panjang tapi gak nemu intinya.. XD oke skip. Ergonominya? You know lah. Motor yang didesain dengan tema naked bike street fighter ini memang disetting untuk keperluan daily use. So,jangan heran kalau ergonominya cukup bersahabat! Tentunya buat bikers dengan tinggi dan ukuran badan yang menengah tuh! Sekitar 160-170cm..

img-20151224-wa0028-picsay.jpg
Dinaikin orang kecil jadi kayak gini gan,what do you think?? XD

Terus,apakah cuma bikers dengan postur tubuh segitu yang ngerasain nyamannya?? Nyaman ya tentu relatif brosist. Yang saya rasakan saat naik motor ini,kok cenderung kecil ya?? Apa mungkin efek stang yang pendek dan tangki yang ramping bikin motor ini serasa kecil bagi saya. Atau badan saya yang kegedean?? Ah,perasaan aja itumah! XD.

So,dapat disimpulkan bahwa motor ini sangat pas ergonominya buat bikers dengan postur tubuh menengah,kisaran 160-170cm. Selebihnya,motor ini akan terlihat kecil jika dinaiki oleh bikers dengan postur tubuh besar. Apakah dengan kecilnya motor ini buat bikers bertubuh besar,lantas membuat Riding Qualitynya menjadi buruk?? Jawabannya ada di bawah…

DESAIN

p_20151224_165105-picsay.jpg
Macho Black! Macho benerrr

Gausah banyak-banyak ah bahas desainnya. Pastinya brosist udh pada tau kan,kayak gimana desain dari motor ini,sudah banyak wara wiri dijalan juga nih motor. Secara garis besar sih,desain motor ini memang dirancang untuk keperluan komuter,alias keperluan di dalam kota tuh brosist. Terlihat dari desain bodynya yang ramping dan serba lancip,membuatnya terlihat sangat nyaman dibawa meliuk-liuk di traffic perkotaan.

PERFORMA 

img-20150919-wa0011-picsay.jpg

Performanya? Hmm,no doubt! Honda berhasil meracik sebuah motor dengan performa yang cukup nampol dikelasnya. Dengan spesifikasi mesin 150cc DOHC 4 Valve berpendingin cairan,dan power maksimal 16,9 ps di rpm 9.000,motor ini terasa bertenaga bahkan di setiap kali saya mencoba mengoper gigi.

Sejak pertama kali test ride,saya sudah cukup merasa kagum dengan performanya yang terasa ringan,bahkan dengan hitungan ban yang lebih lebar dari kompetitor (ban belakang 130/70) tuh. Hal ini tak lepas dari teknologi-teknologi canggih yang disematkan Honda untuk motor kerennya ini,dan juga tak lepas dari mesin Near Square yang mengisi di putaran bawah maupun putaran atas.

Ya,walaupun panjangnya nafas khas Overbore pada Old CB150R harus dikorbankan,namun saya rasa cukup worthed dengan penambahan fitur ‘tarikan ngejambak’ ini. Mantap lah untuk didalam kota! Selap-selip oke,dengan performa mesin yang terus ngisi di tiap RPM!

Nonton Videonya :

HANDLING 

Handlingnya gimana Ki? Apakah enak seperti naked bike lain yang disetting untuk perkotaan?? Jawabannya iya banget brosist! Gak ada rasa-rasanya motor ini ‘ngelawan’ saat dibawa meliuk-liuk,bahkan saat dibawa sedikit mereng-mereng pun motor ini masih nurut! Zuzur,ane gak melebih-lebihkan apapun lho.

Pun begitu ketika melewati dan menyalip kendaraan didepan. Dengan power yang terus mengisi,dan kemampuan handling yang cukup mumpuni,membuatnya cukup nyaman untuk dibawa meliuk-liuk di perkotaan. Saya rasa,ini motor kota banget! Walau gak menutup kemungkinan juga,untuk dibawa geber-geberan keluar kotaa!

SISTEM PENGEREMAN

Sistem pengeremannya? Hmm,namanya juga motor baru,jadi masih jozzzz banget nih gripnya. Walau masih sedikit kalah dengan sang kompetitor dengan usia lahir yang sama saat saya tes dulu. Namun,sepertinya sudah cukup bila ingin melakukan late braking,bahkan panic braking. Cakram set nissinnya cukup bisa menghentikan motor dari kencang hingga kondisi diam dengan mudahnya..

img-20151224-wa0013-picsay.jpg

Sebuah improvement? Belum paham deh.. Kita lihat beberapa tahun lagi,bagaimana kualitas pengereman Honda All New CB150R setelah dipakai bertahun-tahun,apakah masih sama seperti baru ataupun sudah kurang performanya? Let’s wait and see! Saya rasa,dari sistem pengereman udah cukup baik nih,no complain!

SUSPENSI

Suspensi pada motor ini sejauh yang saya rasakan sudah cukup baik tuh brosist. Beberapa waktu lalu,saat kopdar DGujubar di Bogor,saya sempat meminjam motor ini untuk ditest dibawa di jalanan rusak. Hasilnya?

Cukup baik,lagi-lagi ini cukup! Tidak terlalu keras,yang menyebabkan motor jadi kurang nyaman dinaiki,namun juga tidak terlalu soft,yang menyebabkan motor ini jadi limbung saat dibawa menikung. It’s good! No complain about this. Namun,sepertinya butuh beberapa puluh kilometer lagi untuk merasakan karakternya yang sebenarnya nih. Masih penasaran sama suspensi Pro-Linknya yang cukup baik dalam hal merebound getaran yang ada.

RIDING QUALITY

Riding sejauh kurang lebih 5 km dengan trek mengelilingi Kampus UI,sudah cukup membuat saya mengenal akan karakter motor ini. Yaa,walaupun masih kalah jauh dengan Om Vandra,yang pastinya sudah kenal karakter motor ini lebih ‘dalam’. Maklum,dah ngekos dari hari Sabtu kemarin sih XD.

img-20151224-wa0028-picsay.jpg

Brosist tentunya jangan dulu mengharapkan kenyamanan seperti pada motor-motor touring,ataupun mengharapkan ‘capek’ seperti menaiki motor sport fairing dengan stang pendek. Enggak brosist. Rasanya memang sangat mudah untuk meliuk-liukkan motor ini didalam kemacetan.

VERDICT…

Jika brosist mencari sebuah kendaraan yang ‘cukup’ untuk kehidupan riding sehari-hari,mungkin All New CB150R ini bisa dijadikan pilihan oleh brosist sekalian. Dengan pertimbangan harga 26 juta rupiah untuk sebuah motor sport 150cc dengan teknologi terbaru,pastinya bisa cukup memuaskan brosist untuk sehari-harinya.

Terlepas dari segala kekurangannya,seperti tuas persneling yang terlalu tinggi posisinya,sehingga agak susah untuk mengoper gigi. Dan kekurangan-kekurangan lainnya yang pastinya ada di setiap motor.. Semoga bisa jadi referensi yang baik buat brosist sekalian yah!! :D.

Thanks for reading and sharing,leave some comments below here,and see you on the next article.

Wassalamualaikum.

Written by Alki Rahmatullah

Follow me on..

Whatsapp : 08892377086
Facebook Fanspage : Alki Rahmatullah’s Blog
Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah

Advertisements

8 Trackbacks / Pingbacks

  1. Agar Tak Terlalu Menyilaukan,Begini Caranya Setting Ketinggian Lampu All New CB150R! | Indoride.com
  2. Speedometer All New CB150R Kini Bisa Diaplikasikan Ke Motor Lain,Semakin Keren Dan Minimalis!! | Indoride.com
  3. Seburuk Itukah Pemikiran Orang Terhadap Yamaha Byson? | Indoride.com
  4. WOW! Renderan All New CBR150R LED Ini Dikabarkan Sudah Mirip Aslinya,Sangarrr! | Indoride.com
  5. Pilihan Action Camera Dibawah 500 Ribuan,Cocok Buat Riding Sehari-Hari! | Indoride.com
  6. Konsep Modifikasi Honda All New CB150R Pakai Tangki Apache RTR200,Terlihat Gagah Dan Besar! | Indoride.com
  7. Konsep Modifikasi All New CB150R Pakai Upside Down Plus Undertail Yamaha MT125,Keren Gak Pake Bohong! | Indoride.com
  8. Konsep Modifikasi Simple Honda All New CB150R ; Pakai Buntut New CBR150R,Makin ‘Nungging’! | Indoride.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*