Modifikasi Aman Disaat Musim Hujan,Kayak Gini Nih!

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist,salam geber sampai redline!!

modif hujan 2

Musim hujan nih..

Brosist,setelah ramai perbincangan tentang UU Denda modifikasi beberapa hari lalu,dan membuat banyak modifikator resah,mending kali ini kita ngomongin modifikasi yang bermanfaat untuk musim hujan nih brosist. Seperti yang kita telah ketahui bersama,bahwa bulan-bulan akhir tahun ini memang intensitas hujan sedang besar-besarnya,pastinya para bikers otomatis kena guyuran air hujan tuh! Gak jarang,air hujan bahkan menimbulkan banjir dan juga masalah-masalah lainnya yang pasti dihadapi oleh pengguna jalan..

Nah,pernah gak sih,brosist berfikir untuk melakukan modifikasi pada kendaraan brosist sekalian (khususnya sepeda motor),untuk menghadapi musim hujan ini? Pastinya kan,saat musim hujan,banyak masalah yang menimpa para bikers. Seperti licinnya jalanan yang mengakibatkan kecelakaan,lalu hal-hal lainnya yang tentu dapat merugikan brosist sekalian. Memang,kita tak akan bisa menyalahkan alam untuk semua ini,semua sudah takdir yang maha kuasa,alhamdulillah masih diberi hujan!!

Baca Juga ya brosist..

Nah,kepikiran juga nih untuk sharing ke brosist sekalian,mengenai perbincangan saya di beberapa grup dengan beberapa orang yang memang ahli di bidangnya. Yakni tentang memodifikasi segala aspek yang bisa dimanfaatkan untuk menghindari hal yang merugikan,menghadapi musim hujan ini! Tentunya dengan mengendarai sepeda motor ya brosist.. XD. Cekidotss :

1. Pilih ban yang sesuai dengan karakter jalan yang dilewati!!

modif hujan 3

Pilih ban sesuai karakter jalanan yang akan brosist lewati..

Yup,bahasan modifikasi kali ini gak hanya sekedar modif untuk bikin keren brosist,melainkan agar aman juga saat dikendarai pada musim hujan. Menurut diskusi yang saya ikuti,cobalah pilih ban yang sesuai dengan karakter jalan yang brosist lewati dikala musim hujan! Jika melewati jalan yang cenderung basah dan licin,cobalah pilih ban berkompon medium.

Kembang pada ban juga harus diperhatikan brosist. Pilihlah ban dengan kembang sejajar satu arah,agar dapat memecah air dengan baik,sehingga gripnya ke aspal saat jalanan basah bisa lebih baik.

Selain itu,pilihlah ban yang sudah direkomendasikan oleh berbagai orang di klub atau forum motormu brosist,dengan tolak ukur performa yang baik pada saat musim hujan. Karena,pengalaman adalah guru yang paling berharga,siapa tau diantara teman brosist ada yang merekomendasikan ban yang bagus untuk musim hujan dengan harga yang kompetitif :D.

modif hujan 6

Tekanan angin kudu dicek juga..

Hal yang perlu dicek lagi setelah mempunyai ban yang cocok adalah soal tekanan angin ban. Tekanan angin kudu selalu dicek brosist. Pengalaman pribadi,saat mengisi angin terlalu penuh di ban tunggangan sehari-hari saya,akhirnya sempat hampir tergelincir karena ban terlalu keras,dan efeknya menjadi kurang baik menapaki aspal. Cek tekanan ban motormu di dinding ban,sesuaikan agar tidak terlalu padat,dan tidak terlalu kempis.

Baca juga ya brosist..

2. Pasang BOX? Bisa jadi solusi!

modif hujan 4

Kebutuhan untuk membawa-bawa barang bisa jadi terhambat dengan terhalangnya brosist oleh hujan yang sangat lebat. Maka dari itu,butuh sebuah tempat penyimpanan yang mumpuni untuk melibas musim hujan. Salah satu solusinya adalah memasang box,ataupun tankbag waterproof pada sepeda motor brosist.

modif hujan 5

Box ataupun tankbag bisa menjaga barang-barang bawaan brosist dengan baik tanpa perlu khawatir ada barang yang terkena basah. Seringkali,jika membawa tas,brosist akan cukup kebingungan ketika hujan tiba. Nah,BOX ataupun tankbag bisa menyelamatkan barang-barang tersebut dari resiko kebasahan atau kehujanan! Modifikasi yang berguna,bukan?:D. Nah pas banget nih, ada forum bikers namanya unity-team.com lagi bagi-bagi box gratis dan keperluan bikers lainnya, modalnya cuman poin doang. Coba cek deh.

3. Modifikasi Spatbor,kurangi nyiprat berlebihan!

Modifikasi selanjurnya,adalah memodifikasi spatbor agar mengurangi cipratan air ke pengendara lain! Seringkali,cipratan air ini mengganggu pengendara lain yang berkendara dibelakang kita. Masalah semakin besar,saat genangan air tersebut sangat kotor dan banyak,dan juga ditambah motor brosist sekalian hanya memiliki spatbor belakang yang sangat pendek.

ducati diavel

Anti nyiprat nih

Alhasil,pengendara motor dibelakang bakal ngomel-ngomel,karena kecipratan air kotor tersebut. Terlebih lagi,kalau motor brosist punya spakbor yang sangat pendek,bisa jadi cipratan bakal sampai ke punggung boncenger!

Solusinya,pasang Hugger variasi,seperti yang banyak dijual di forum internet dan toko-toko modifikasi dan variasi motor. Hugger yang terletak di ban belakang ini,cukup ampuh untuk membuat air tertahan hingga tidak sampai atas. Selain keren,plus tidak merugikan,jadi modifikasinya menguntungkan kan? :D.

4. Modifikasi Hati dan Emosi…

marah 1

Marah,satu bagian dari emosi..

Point ini yang menurut saya sangat penting brosist. Sesudah memodifikasi motor agar bisa melewati hujan dengan aman dan nyaman,sebaiknya emosi kita juga kudu sedikit dimodif nih… XD.

Baca Juga : ShareXperience : Hal-hal berikut ini yang kadang menyulut emosi dikala berkendara di jalan!

Yap brosist,berdasarkan pengalaman pribadi,disaat musim hujan ini,banyak sekali hal yang dapat memacu emosi kita saat dijalanan umum. Hal ini mungkin karena emosi para bikers sedang tidak stabil. Apalagi,dijalanan kota besar yang macetnya tiada ampun,pasti selalu ada cara untuk membuat brosist marah,entah dengan perlakuan apa.. :D.

So,ada baiknya,hati dan emosi juga harus dimodif sedemikian rupa,agar semakin sabar menghadapi ujian di jalan raya yang biasanya tidak kenal ampun itu!

perlengkapan hujan

Jangan lupa,siapin jas hujan sebelum hujan (yaiyalah XD)

Ada yang mau nambahin brosist? Barangkali ada pengalaman yang ingin dishare di blog sederhana ini,bisa disharing bareng-bareng supaya semua temen bikers bisa baca dan menerapkannya di kehidupan berkendara sehari-hari!! :D. Ohh iya,biar makin asyik dan syahdu diskusinya,mending brosist cek forum unity-team tuh! Pastinya banyak diskusi bermanfaat disana.. Semoga bermanfaat brosist..

Thanks for reading and sharing,leave some comments below here,and see you on the next article.

Wassalamualaikum.

Written by Alki Rahmatullah

Follow me on..

Whatsapp : 08892377086
Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah

 

Advertisements

About IndoRide.com

Seorang pemuda yang mencintai dan punya passion di dunia Roda 2. Senang menulis dan sharing apa yang saya tahu dan saya alami. This is my ordinary blog, selamat berkunjung di IndoRide.com.
This entry was posted in Apparel, Berita, modificorner, Modifikasi, Motorcycle, Tips n Trick and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

14 Responses to Modifikasi Aman Disaat Musim Hujan,Kayak Gini Nih!

  1. An_Syahri says:

    Siiippp.. Okelah klo begitu..

    Like

  2. RPMspeed says:

    agar nyaman buat semua 😀

    ————————-
    Beberapa Regulasi Baru MotoGP16
    http://rpmsuper.com/2015/12/29/regulasi-baru-motogp-2016/

    Like

  3. Pingback: First Impression Meet Yamaha MT-01 ; Biangnya MT-Series!! | Indoride.com

  4. Pingback: First Impression Bertemu Dengan Yamaha MT-01 ; Biangnya MT-Series!! | Indoride.com

  5. Pingback: Ketika Honda CB150R Dan Yamaha Vixion Dimodifikasi Ala Supermoto,Lebih Keren Mana Bro? | Indoride.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s