Review Pemakaian Yamalube Carbon Cleaner di Yamaha Byson,Bikin Mesin Jadi Tambah Plong!

ARblog – Assalamualaikum brosist,selamat malam..

Yamalube Carbon Cleaner

Yamalube Carbon Cleaner

Yamalube Carbon Cleaner memang produk resmi yang dijual oleh Yamaha di dealer-dealer resminya. Benda ini adalah sejenis zat kimia untuk membersihkan mesin bagian dalam,terutama mesin yang terbiasa diisi bensin ber oktan dibawa 90,yang pastinya menimbulkan banyak kotoran atau kerak karbon di mesin.

Kerak-kerak yang semakin menebal dan menghitam ini memang sangat mengganggu bagi kelancaran mesin menyalurkan tenaga ke rantai. Hal ini akibat menebalnya carbon tersebut dan membuat tenaga tidak keluar sepenuhnya karena tertahan oleh adanya kerak tersebut. Solusinya,di kilometer-kilometer tertentu perlu dilakukan pengisian bensin dengan oktan tinggi,yang bersifat membersihkan ruang mesin. Apabila tidak cukup juga,harus dilakukan pembedahan mesin agar mesin bersih maksimal. Namun,hal ini pastinya memakan waktu dan tenaga yang cukup besar..

Sejak beberapa tahun lalu,saya lupa tepatnya,Yamaha Indonesia mengeluarkan produk sejenis Zat kimia yang bisa membersihkan kerak karbon yang menebal tersebut. Yap,Yamalube Carbon Cleaner namanya. Dulu,saya sempat pakai produk ini di Honda Revo 100 saya,namun saat itu saya belum memiliki blog,dan kilometer si Evita saat itu sudah menginjak 40 ribuan. Sudah kurang terasa performa maksimalnya. Kudu dibelah mesinnya nih biar makin jozz lagi,xiixixi.

image

Mampir dulu

Kebetulan,si Kebo Bule kelahiran tahun 2012 ini kilometernya masih 25 ribu. Masih cukup gress lah. Tanpa pikir panjang,saya coba untuk menyambangi dealer Yamaha didekat kediaman saya untuk membeli Carbon Cleaner ini. Tanya-tanya ke mbaknya,sekalian lihat-lihat motor baru disana,saya langsung membawa pulang carbon cleaner tersebut dengan mahar 26 ribu rupiah. Naik seribu ya? Yowes rapopo,seribu tok. :D.


image

Kebetulan lagi,bensin sudah kedap-kedip. Sekalian ikutin cara yang diberikan oleh kang Ari Pitstop,bahwa carbon cleaner lebih bagus efeknya kalau dimasukan pas bensin sedang kosong lalu langsung diisikan bensin. Sudah semua langkah terlaksana,bagaimana reviewnya?

Mesin terasa lebih enjoy,namun tidak signifikan

Enjoy disini maksudnya,mesin terasa lebih adem dan gak terlalu getar seperti sebelumnya. Saya coba hingga bensin sejumlah 4 liter tersebut habis dan otomatis si Carbon Cleaner juga habis. Efeknya memang tidak terlalu signifikan. Namun,sepertinya mesin jadi lebih asik buat dibawa berkendara. Makin betah lama-lama diatas kemudi si Kebo deh. Ditambah busi Platinum NGK CPR8EGP yang juga baru saya cekokin ke jantung si kebo (review menyusul yo brosist),tarikan jadi semakin ngisi. Walaupun tidak terasa terlalu signifikan,namun lumayan cepat naiknya,gak seperti saat pertama sikebo di bawa pulang..

Hendak cekokin Yamalube Carbon Cleaner ke motor brosist sekalian? Kudu perhatiin beberapa syaratnya nih…

  1. Beli dulu Yamalube Carbon Cleanernya,di dealer Yamaha
  2. Buka botolnya
  3. 1 botol tersebut,takarannya untuk 3,5-5 liter bahan bakar. Untuk motor gede,bisa pakai 2 botol.
  4. Masukkan ke tangki bensin hingga habis
  5. Jangan sampai kena cat motor ya brosist,karena Carbon Cleaner ini bahannya zat kimia yang keras,bisa jadi bisa merusak cat motor..
  6. Gunakan setiap minimal 3.000 km sekali,jangan sering-sering…
  7. Geber sampai habis bensinnya.. 😀

Nah,memang kenaikan performa tidak signifikan,bahkan banyak yang menganggap hanya sugesti belaka. Namun,patut dicoba nih brosist dengan harga yang gak terlalu mahal,namun bisa mengembalikan performa mesin jadi seperti sedia kala (terms and conditions applied tentunya ya :D).

Thanks for reading and sharing,leave some comments below here,and see you on the next article.

Wassalamualaikum.

Written by Alki Rahmatullah

Follow me on..
Whatsapp : 08892377086
Facebook Fanspage : Alki Rahmatullah’s Blog
Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

Advertisements

8 thoughts on “Review Pemakaian Yamalube Carbon Cleaner di Yamaha Byson,Bikin Mesin Jadi Tambah Plong!

  1. Pingback: Seburuk Itukah Pemikiran Orang Terhadap Yamaha Byson? | Indoride.com

  2. Pingback: Ini Dia Beberapa Alasan Untuk MEMILIH Yamaha Byson Second!! | Indoride.com

  3. Pingback: First Impression Meet Yamaha MT-01 ; Biangnya MT-Series!! | Indoride.com

  4. Pingback: Beberapa Alasan Untuk TIDAK MEMILIH Yamaha Byson Second!! | Indoride.com

  5. Pingback: Review Ban IRC ‘Road Winner’ RX-01,Yang Satu Ini Gripnya Asik Banget! | Indoride.com

  6. Pingback: Review ; Cekokin Oli “Sesat” Pertamina Fastron Techno Hijau Ke Yamaha Byson,Performance Oriented! | Indoride.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s