Review : Cekokin Oli “Sesat” Fastron Techno Ungu Ke Yamaha Byson,Bagaimana Impresinya?

ARblog – Assalamualaikum brosist,salam geber sampai redline yo!

image

Kebo bule

Seperti yang sebelumnya sudah saya tulis di artikel berikut ini : Review Singkat Yamaha Byson 2012,Welcome To My World bro!,keluarga saya kedatangan anggota baru. Yap,dia adalah si Kebo Bule,Yamaha Byson berkelir putih metallic kelahiran tahun 2012. Kenapa saya memilih Byson? Ulasannya juga sudah lengkap di artikel tersebut.

Nah,saat saya meminang si Kebo,user sebelumnya mengakui bahwa memang sudah cukup lama belum ganti oli. Namun saya tidak tahu tepatnya berapa lama sebelum saya geber pulang. Berhubung masih enak,ya lanjut terus deh! Bahkan,2 hari setelah si Kebo digeber pulang,saya sempat membawa dia untuk menikmati alam,touring singkat menuju Curug LeuwiHejo,Sentul,Bogor. Ulasan mengenai touring singkat ini akan saya bahas di artikel selanjutnya ya brosist..
image

Singkat cerita,setelah kilometer si Kebo menunjukkan angka 25.400an,saya ingin mengganti oli yang sudah bersemayam di dalam ruang mesinnya entah berapa lama. Karena si kebo juga sudah kurang enak digeber,mesin cepat panas,dan gejala-gejala lainnya yang kurang membuat nyaman saya sebagai rider. Alhasil,saya menentukan beberapa pilihan untuk menggantikan darah kebo yang sebelumnya. Kandidatnya ada 3,yaitu Meditran SX,Pertamina Fastron Diesel,dan Pertamina Fastron Techno ungu.

image

Msx lagi?

Lantas saya kembali mencari guru ke grup Facebook Long Drain Interval Community on Facebook,dan segera bertanya,diantara ketiga oli tersebut,manakah yang bisa memenuhi keinginan saya. Saya mengajukan beberapa kriteria yang nantinya akan saya pertimbangkan,oli apakah yang akan saya pakai di jantung si Kebo. Syarat pertama,oli haruslah tahan panas,karena saya lahir dan besar di Depok,yang sekarang macetnya sudah ampun-ampunan. Kedua,oli harus memiliki kandungan yang bisa menaikkan performa mesin,walau gak signifikan. Karena you know lah,tangan kanan saya kadang gak lulus SD XD,suka blayer-blayer (tentu dengan kondisi yang aman ya brosist). Syarat ketiga dan terakhir,ini yang paling penting,harga oli harus pas di dompet dan gak bikin nyesek dompet anak kuliahan!! 

image

Pft janda jadi pilihan

Ya,diantara pertimbangan ketiganya,banyak suhu yang menyarankan untuk mencoba PFT Ungu alias PFT janda untuk percobaan pertama. Akhirnya,saya bulatkan tekad untuk cekokin PFT ungu ke jantung si Kebo. Dengan mahar Rp 58 ribu,sayapun membawa pulang oli yang kabarnya bisa membuat bunyi mesin menjadi senyap ini.. Apa benar ya?

image

Mampir beli filter oli..

Gak lupa,setelah itu,saya penuhi persyaratan kedua untuk nyekokin oli Sesat ke dalam jantung motor. Karena kabarnya oli sesat untuk mobil ini memiliki deterjen alias zat pembersih jelaga didalam mesin,maka filter oli kudu diganti dengan yang baru,biar kotoran gak menumpuk di filter oli yang sudah kotor tersebut. Langsunglah saya tebus filter oli untuk Byson tersebut di sebuah dealer besar Yamaha di kota Depok,seharga Rp 43 ribu sadja. Murah..

image

Eksekusi

Eksekusipun berlanjut. Saya langsung menuju bengkel langganan untuk sekedar mengganti oli dan bebersih karburator. Nyatanya,bengkel langganan gak buka,terpaksa harus ke bengkel lain,karena saya gak punya alat untuk mengganti filter olinya. Pergi ke bengkel lain,dengan uang jasa 10rb,oli sesat dan filter oli baru pun sudah terpasang rapi ditempat yang seharusnya.

Impresi Awal :

Tarikan cenderung lebih ngisi,setelah sebelumnya tarikan agak lamban dan suka loss. Entah ini hanya perasaan saya saja atau memang karakter PCMO yang lebih responsif. Getaran pun minim,sebelumnya getaran cukup terasa,walau gak segetar si Evita,Honda Revo 2008 yang sebelumnya saya cekokin oli sesat juga,artikelnya bisa dilihat disini : Akhirnya Mengaplikasikan Oli Sesat Ke Honda Revo 100
image

Topspeed? Ah,saya kurang memperhatikan,lagipula gak akan berani sampai diatas 70 di jalanan Depok yang serba sempit dan macet ini. Saya yakin,topspeed masih bisa dapat diatas 95 km/jam,namun saya kurang memperhatikan. Yang jelas,tarikannya semakin enak,rpm naik lebih cepat dan serasa lebih halus daripada oli lamanya yang tidak sempat saya tanya kepada user sebelumnya. Konsumsi BBM? Saya rasa sama saja,malah agak lebih boros,karena jadi demen narik gas deh.. Apalagi ditambah Carbon Cleaner Yamalube,tambah plongg rasanya lari si Kebo… Review pemakaian Carbon Cleaner di artikel selanjutnya brosist.
image

image

Last,memang oli ini baru ngejogrog didalam mesin si kebo selama 300km an. Namun,efeknya sudah mulai terasa enak. Mari kita lihat pekembangannya setelah 500km dan 1000km penggunaan Fastron Techno ungu ke motor Yamaha Byson. So,stay tune terus di blog sederhana yang belum ,com ini!

Thanks for reading and sharing,leave some comments below here,see you on the next article.

Wassalamualaikum.

Baca Juga yang gak kalah seru brosist!

Advertisements

19 thoughts on “Review : Cekokin Oli “Sesat” Fastron Techno Ungu Ke Yamaha Byson,Bagaimana Impresinya?

  1. Pingback: Giant Indonesia Adakan Diskon Gede-Gedean Oli “Sesat”,Silahkan Berburu Bro!! | Alki Rahmatullah's Blog

  2. byson di bleyer blyer emang suaranya gimana bro…suara ma larinya sama aja,,,,,,
    icikiwirrrrrr kayak sipuuuuut

    Like

  3. Pingback: Modifikasi Yamaha Byson Ala Neo Cafe Racer,Benar-Benar Bikin Jatuh Hati!! | Indoride.com

  4. Pingback: Seburuk Itukah Pemikiran Orang Terhadap Yamaha Byson? | Indoride.com

  5. Pingback: Ini Dia Beberapa Alasan Untuk MEMILIH Yamaha Byson Second!! | Indoride.com

  6. Pingback: First Impression Meet Yamaha MT-01 ; Biangnya MT-Series!! | Indoride.com

  7. Pingback: First Impression Bertemu Dengan Yamaha MT-01 ; Biangnya MT-Series!! | Indoride.com

  8. Pingback: Penggunaan Oli Diesel/Oli Mobil Pada Sepeda Motor,Sebuah Perdebatan Yang Tak Kunjung Usai! | Indoride.com

  9. Pingback: Beberapa Alasan Untuk TIDAK MEMILIH Yamaha Byson Second!! | Indoride.com

  10. Pingback: Review Pemakaian Oli ‘Sesat’ Meditran SX Setelah 3500KM,Lumayan Performanya.. | Indoride.com

  11. Pingback: Merawat Kabel Kopling Motor Agar Tidak Keras Dan Rawan Putus,Mudah Banget! | Indoride.com

  12. Pingback: Review BBM Total Performance 92 Untuk Pemakaian Sehari-hari,Lumayan Juga Nih! | Indoride.com

  13. Pingback: Kopdar Bareng Komunitas “Oli Sesat” LDIC di MotoFest IMOS 2016,Gokil! | Indoride.com

  14. Pingback: Review ; Cekokin Oli “Sesat” Pertamina Fastron Techno Hijau Ke Yamaha Byson,Performance Oriented! | Indoride.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s