Yamaha All New R15 Kalahkan Honda All New CBR150R dan Suzuki GSX-R150 di Bulan April! Apa Sebabnya?

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist!

Pilih mana nih bro?

Sebenernya udah puyeng banget deh kalo ngeliat debat kusir yang dilakukan fansboy motor-motor 150cc ini, yang mungkin gak punya unitnya tapi ikutan ribut XD. Gak di blog, gak di grup, rame terus kalau ada pembahasan motor-motor 150cc fairing ini brosist… Terlebih, setelah kedatangan Suzuki GSX-R150 yang gak bisa dianggap remeh dan cenderung menghujam penjualan rivalnya!

Tapi apa daya, hati kepengen banget bahas ini deh brosist. Pastinya ada hal seru selain debat kusir yang gak jelas ujungnya. Pastii itu! Nah, seperti biasa di pertengahan bulan, pasti ada yang namanya Data AISI, yang membeberkan jumlah unit motor yang sukses didistribusikan. Biasanya juga data AISI ini jadi acuan buat kesuksesan ATPM pada bulan atau tahun tertentu. Wah mantap.

Baca :

Suzuki GSX-R150 vs Honda CBR150R

Baca :  Komparasi Power Yamaha All New R15 vs Honda All New CBR150R vs Suzuki GSX-R150 ; Persaingan Makin Panas!

Lantas, pada bulan April 2017 kemarin, siapa yang menang di pertarungan sengit kelas 150cc ini brosist? Seperti yang kita tahu bersama, bahwa di kelas ini yang maenan ada Honda All New CBR150R yang diluncurkan awal 2016 lalu, terus ada lagi Suzuki GSX-R150 yang menggegerkan dunia persilatan dengan apa yang ditawarkannya, lalu ada lagi nih, yang paling fenomenal, yakni Yamaha All New R15 VVA!

Baca :  First Impression Bertemu Yamaha All New R15 VVA 2017 ; Besar, Berubah Total Dari Versi Lama!

Yang baru dateng langsung menggemparkan..

Eits tapi kudu diingat dulu brosist, data AISI ini menghimpun unit distribusi ya, bukan unit yang laku ke konsumen, jadi memang hanya menghitung unit yang didistribusikan ke dealer-dealer mereka di seluruh Indonesia. Tapi tetep bisa dijadikan acuan lah yaa..

Langsung aja, yang menang siapa? Lihat data dibawah ini yang saya dapat dari blog kondang warungasep.net, cekidot :

Berikut Data AISI bulan April 2017 kelas Sport Fairing 150cc

Data sport fairing 150cc Januari 2017
Februari 2017
Maret 2017
April 2017
 Honda CBR150R
7.513 unit 7.568 unit 5.591 unit 5.139 unit
 Suzuki GSX-R150
1.552 umit 4.128 unit 1.954 unit 1.633 unit
 Yamaha YZF-R15 2.116 unit* 2.268 unit*
1.697 unit* 5.820 unit

Tanda (*) unit lama R15

Cadasss! Bila kita lihat distribusi motor sport fairing 150cc ini bulan april dimenangkan oleh Yamaha YZF-R15 alias All New R15 VVA. Baru nongol dah menang aje nih.. Tapi kok bisa ya baru nongol udah menang aja ini motor? Apa alasannya?

Honda CBR150R ada warna baru, bisa jadi distribusi kemarin terhambat karena ada varian baru…

Bener juga apa yang dikutip oleh mang kobayogas.com di blog pribadinya, bahwa penyebaran unit Honda All New CBR150R mengalami penurunan dari bulan sebelumnya yang tercatat sebanyak 5.139 unit. Tak hanya Honda dengan CBR150Rnya, Suzuki GSX-R150 juga mengalami penurunan, dari 1.866 unit turun sekitar 2ratusan unit menjadi hanya 1.633 unit. Penyebab penurunan ini dikarenakan permintaan produksi untuk pasar ekspor juga meningkat sehingga untuk produk domestik mau gak mau dikurangi.

Nontonin produksi GSX-R150! Emang gak sembarangan dan gak bisa buru-buru…

Untuk Honda All New CBR150R, adanya penurunan pengiriman ke dealer karena di bulan April kemarin CBR 150cc hadir dengan warna dan varian baru ( Baca : Honda All New CBR150R Dikasih Warna dan Grafis Baru, Makin Sedap Dipandang! ), dan baru akan mulai didistribusikan pada bulan Mei 2017 ini brosist. Artinya pertarungan di kelas ini memang banyak kejadian di belakang layarnya (mang kobay said). Kalau Yamaha memang baru menggenjot pengiriman All New R15 VVA, Honda menahan distribusi stok lama karena nongol versi CBR150R warna baru dan Suzuki mengurangi mungkin nyisain untuk ekspor. Masuk akal kan? Masuk dong! Untuk Suzuki sendiri emang lagi sibuk banget ngurusin inden lokal yang mengular serta permintaan ekspor yang juga gila-gilaan, namun gak bisa cepat-cepat karena takut mempengaruhi kualitasnya tuh brosist..

Okeh, seperti yang dibilang sama mang Kobay di cuplikan atas, bahwasanya pertarungan di kelas 150cc sport fairing ini memang banyak kejadian di belakangnya yang kita kurang tahu persis apa sebabnya. Tapi setelah dijabarkan gini masuk logika donk ya brosist… So, ini patut kita simak kedepannya, pasti makin seru nih persaingan antara ketiga pabrikan Jepang ini di Indonesia. Kita lihat siapa yang paling banyak didistribusikan pada laporan bulan Mei mendatang… Juozzh lah! Siapa yang dah punya All New R15 nih? Ojo ribut meneh yo, sama sama pengguna aspal kok ribuuut wae hihi :D.

Semoga berguna!

Jangan lupa follow media sosial saya lainnya untuk bersilaturahmi..

Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com
Instagram : @indoride

 

Advertisements

About IndoRide.com

Seorang pemuda yang mencintai dan punya passion di dunia Roda 2. Senang menulis dan sharing apa yang saya tahu dan saya alami. This is my ordinary blog, selamat berkunjung di IndoRide.com.
This entry was posted in Data AISI, Honda, Suzuki, Yamaha and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

3 Responses to Yamaha All New R15 Kalahkan Honda All New CBR150R dan Suzuki GSX-R150 di Bulan April! Apa Sebabnya?

  1. blade-in says:

    Tambahin Bro …. YANG PALING BANYAK GUDANGNYA (DEALERNYA), DIALAH YANG MENANG DISTRIBUSI BULANANNYA. Kenapa Honda begitu terlihat perkasa. Gudang tempat nyimpen motornya jauh lebih banyak dan merata di seluruh Indonesia. Dealer Yamaha mungkin cuma separuh dealernya Honda Suzuki. Jadi bukan cuma bicara kemampuan pabrikan untuk produksi barang !!!

    Like

  2. rofil says:

    Gileeee…motor ga ada habisnya

    Like

  3. Pingback: Bulan Juni 2017, Penjualan Suzuki GSX-R150 Mengungguli Yamaha All New R15, Honda CBR150R Masih Memimpin.. | Indoride.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s