Kupas Tuntas Sistem “Hybrid” Pada Honda PCX Hybrid 2018, Ampuh Naikkan Akselerasi Secara Signifikan!

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!

Brosist sekalian, alhamdulillah hari ini saya diundang lagi oleh PT. Astra Honda Motor untuk ngintip sedikit motor kebanggaan terbarunya yang dilaunching di ajang Indonesia International Motor Show 2018 di JIExpo PRJ! Yap, hari ini tanggal 20 April 2018 AHM mengajak blogger vlogger dari seluruh Indonesia untuk menyaksikan Motor Hybrid pertama di Indonesia dan juga di dunia nih brosist! Wow, sebuah kebanggaan tersendiri mengingat gak mudah untuk membuat sebuah inovasi teknologi Hybrid di sebuah sepeda motor.. Kereen!

Semenjak memperkenalkan PCX versi Hybrid di Tokyo Motor Show 2017 lalu, sudah ada desas-desus kuat bahwa AHM juga akan memasukkan varian Hybridnya ke Indonesia, hal ini karena AHM ingin selalu membuat kepuasan bagi para konsumennya dengan cara melengkapi line up motornya. Tentunya sedep banget nih brosist, gak cuma PCX 150 Lokal 2018 yang jadi favorit dan idola, PCX Hybrid 2018 juga disinyalir akan menjadi idola baru…

Sebelumnya sudah saya tulis, tentang Spesifikasi dan Fitur Honda PCX 150 Hybrid ini, lanjut baca dulu yuk yang belum :

Nah, overall memang PCX Hybrid dengan PCX 150 2018 hampir tidak ada bedanya, dari sektor body pun sama persis semua! Namun yang bisa dibedakan tentunya ada emblem “Hybrid” yang menegaskan status sang PCX hybrid, plus warna biru yang berkarakter membuatnya terasa eksklusif. Terus, mana bahasan Hybridnya? Oke oke, sabaar..

Honda PCX Hybrid, Bagaimana sistem “Hybrid” nya??

Sistem Hybridnya seperti apa yaa? hehe

Jadi setelah tadi ubek-ubek, mantengin, dan denger presentasi dari pak Endro tentang motor terbaru AHM ini, saya jadi agak mudeng sedikit mengenai sistem Hybrid yang dilabeli oleh AHM. Tentunya demi bisa dishare ke brosist sekalian sebagai info bagi yang ingin membelinya hehe.. Sebenarnya, yang perlu digarisbawahi adalah ata Hybrid disini dilabeli lebih ke penambah akselerasi, seperti “obat kuat” di putaran bawah. Bukan layaknya mesin Hybrid pada mobil-mobil mewah, yang mesin bensin dan generator listriknya pisah yaa brosist, beda! Agak sulit juga diaplikasikan di ruang mesin motor yang kecil itu hehe..

Honda PCX Hybrid! Angkerrr

Untuk mesinnya sendiri, spesifikasinya sama persis dengan PCX 150 current. Dengan mesin 150cc bertransmisi CVT, dengan tenaga maksimal 14,7 PS dan torsi 13,2 Nm. Namun, yang berbeda adalah tambahan tenaga dari listrik generator sebesar 1,4 Kw atau sekitar 1,8 PS tuh brosist! Wedyan, dan percaya gak percaya tambahan tenaga ini bakal bikin akselerasi sang PCX Hybrid bisa jauh lebih cepat dibanding versi biasa nya. Yuk, kita bahas mekanismenya!

Unit Baterai Lithium Ion yang siap memberikan daya 50 Volt!
Lokasi Junction Box

Di PCX Hybrid ini, ada beberapa part yang krusial untuk tambahan tenaga tersebut. Part tersebut adalah Baterai Lithium Ion berkekuatan 50 Volt, Power Drive Unit, dan Junction Box yang masing-masing ini kegunaannya sangat penting dalam mekanisme Hybrid di PCX terbaru ini. Langkah pertama… Siklus dimulai saat brosist menyalakan sang motor, di posisi idle ini, “tambahan tenaga” belum jalan ke generator. Alias, listrik yang tersalur ke ACG Starter pun masih berkekuatan standar Aki Kering, 12 Volt.

Biru ini, artinya listrik berkekuatan 48 Volt sedang dialirkan..

Ketika brosist menarik tuas gas secara spontan, throttle body akan mengirim sinyal untuk mengaktifkan Hybrid Mode yang dapat meningkatkan akselerasi secara signifikan, yakni directly ke baterai Lithium Ion berkekuatan 50 Volt tersebut. Dari baterai Lithium Ion, agar tidak tercampur dengan arus idle 12 Volt yang berasal dari Aki, diaturlah oleh Junction Box supaya segera mengirimkan arus listrik sekitar 48 Volt untuk segera dikirim ke Power Drive Unit yang ada di dek depan!

Oleh part bernama PDU ini, listrik diteruskan langsung ke part bernama ACG (Alternating Current Generator) Starter. Gak asing sama part ini? Karena memang part ini sudah ada di motor skutik Honda rata-rata saat ini! Di PCX Hybrid 2018, part ini dimaksimalkan untuk menambah tenaga! Jadi, setelah mendapat kiriman listrik 48Volt dari Junction Box tadi, PDU meneruskan langsung ke ACG Starter, dan otomatis ACG Starter berputar 4 kali lebih cepat dibanding saat idle, atau saat dialiri listrik 12 Volt dari aki.

Efeknya apa? Efeknya jelas brosist! Dengan tambahan kejutan listrik ke Generator, tentunya putaran menjadi lebih cepat dan dapat meningkatkan akselerasi cukup signifikan. Hal ini hanya bisa brosist lakukan, ketika brosist membetot gas, sehingga sistem Hybrid pada motor ini akan bekerja sebagaimana mestinya, untuk memberikan pengalaman akselerasi terbaik di motor matic 150cc.. Juara!

Hybrid, akselerasinya asik!
CiriKhas PCX 150 Hybrid, ada list kebiruannya di lampu DRL dan Stoplamp

Dan, yang lebih asiknya lagi, menurut pak Endro, tambahan akselerasi ini bisa dilakukan terus menerus, tapi ada syaratnya! Yakni brosist harus menunggu selama 3 detik setelah tarikan gas pertama, atau setelah arus listrik 48 Volt tadi teraliri ke ACG. Gunanya supaya baterai bisa istirahat kilat dan memberikan arus kembali ke generator, setelah lewat dari 3 detik. Nah, untuk bahan bakarnya gimana kang?? AMAN! Karena Power Drive Unit yang bertugas untuk memerintahkan pasokan bensin tetap seperti biasa, namun hanya diberikan daya listrik yang besar, jadi murni putaran dari generator, gak bikin boros bensin! Geber-geberan? Seharusnya lebih asik nih! AJib tenan, terlihat kompleks namun sangat simple sebenernya.

Kebayang kan brosist? Jadi intinya, sistem Hybrid pada PCX 150 ini bisa dibilang hanya memaksimalkan fungsi ACG Starter tadi, dimana ACG Starter bukan hanya dibuat sebagai fitur starter senyap pada motor matic Honda pada umumnya, namun bisa dimaksimalkan sebagai penambah akselerasi yang cukup signifikan! Asli keren siih… Buat yang penasaran, ditunggu vlog pembahasannya yah bro and sist..

Kebayang gak? Kalo engga, bayangin mbaknya aja dah!

Buat yang masih bingung, bisa nanya langsung di kolom komentar yah! Yang nanya Spesifikasi, Fitur, dan Harga? Udah ada di artikel yang saya sertakan di atas, monggooo dibaca! :D. Buat yang masih bingung, mending nonton Videonya aja nih!

Semoga berguna!

Jangan lupa follow media sosial saya lainnya untuk bersilaturahmi..

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com

Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

Baca juga berita menarik lainnya bro..

.<

Advertisements

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*