Berikut ini 10 motor yang pernah mencatatkan rekor sebagai yang tercepat di daratan!!

ARblog – Assalamualaikum,selamat sore brosist,semoga tetap sehat dan semangat ya..

Melihat judulnya pasti banyak dari sobat ARblog yang mengira kalau Suzuki Hayabusha?? Atau Kawasaki ZX14R?? Atau bahkan Ninja H2R yang baru launching?? Motor-motor yang saya sebutkan itu memang tercatat motor yang kencang bahkan hingga sekarang ini brosist. Eits tapi tunggu dulu,yang mencatatkan rekor sebagai yang tercepat di lintasan darat ternyata bukan mereka loh brosist! Bahkan,ada yang mencatatkan sebagai motor terkencang di dunia,pada tahun 1900an awal!! Sebelumnya,artikel ini memang sudah agak lama dipublish oleh Visordown,tapi ada istilah “Old but Gold”,jadi gapapa saya bahas lagi supaya makin menambah wawasan kita yaa brosist.. Penasaran ngga?? Langsung aja kita cekidoot ye brosist!

10.  Glenn Curtiss 1903 Curtis Hercules V-Twin (102,4 km/jam)

tercepat 1

Kecepatan 102,4 km/jam atau setara dengan 64 mph ini memang kelihatan biasa saja ya brosist? Apalagi jaman sekarang,motor 100-125 cc aja bisa dapat topspeed segitu. But wait! Yang kita bicarakan ini ada di tahun 1903 brosist! Dikala industri otomotif sedang berkembang. Tentu sebuah pencapaian yang sangat bagus di kala itu. Motor bermesin 2 silinder konfigurasi V ini diciptakan oleh Glenn Curtiss,seorang pionir di bidang penerbangan. Ya brosist,mesin yang dipakai di motornya ini memang masih ada hubungannya dengan mesin pesawat yang ia buat sebelumnya. Mesin 1000cc tersebut diberinama “Hercules”,ia yang mendesain sendiri dan membuatnya sendiri di bengkelnya! Jerih payah Curtiss tak sia-sia,motor buatannya pun menjadi yang terkencang di eranya!

9.  Craig Breedlove’s 1963 ‘Spirit of America’ – (651 km/jam)

tercepat 2

Setelah melihat gambarnya,pasti brosist mengira kalau the Spirit of America ini adalah sebuah mobil! Tapi tunggu dulu,menurut aturan dari FIA (Federation Internationale de I’Automobile) yang menetapkan bahwa “mobil” haruslah ber roda 4,sedangkan kendaraan cepat buatan Breedlove yang satu ini mempunyai roda hanya 3. Bersamaan dengan itu,FIM (Federation Internationale de Motorcyclisme) menyatakan bahwa kendaraan yang ber roda 2 atau 3 itu masih termasuk motor! Woh mumet ya. Dibalik semua itu,Spirit of America buatan Breedlove ini adalah salah satu mahakarya di zamannya,dengan mencatatkan top speed sebesar 651 km/jam. So,this is a masterpiece from America!

8.  Cal Rayborn’s 1970 ‘Godzilla’ Harley (400 km/jam)

tercepat 3

Lets go back to the 70’s brosist. Siapa sangka kalau mesin motor Harley bisa menjadi mesin yang ideal untuk mencatatkan rekor sebagai motor tercepat di dunia? Jawabannya,bisa brosist! Adalah Cal Rayborn,pecinta kecepatan asal Amerika yang mendedikasikan karirnya di bidang balap. Dia adalah salah satu dari yang terbaik sebagai road racer dan pembuat rekor kecepatan di darat. Mesin LSR yang dibuatnya di pabriknya sendiri ini hampir menjadi yang pertama sebagai motor yanng mencatatkan rekor kecepatan diatas 400 km/jam! Sayangnya,ia harus dikalahkan oleh temannya sendiri yaitu Don Vesco,di tahun yang sama setelah ia mengumumkan motor tercepat buatannya. Hmm,You’re still the legend,Sir!

7.  Don Vesco’s 1970 Yamaha ‘Big Red’ (402 km/jam)

tercepat 4

Next,Don Vesco dengan segala kontroversinya sempat membuat dunia kecepatan geger dengan mengalahkan sahabat sekaligus rivalnya sendiri,Cal Rayborn. Don Vesco memakai motor buatan Yamaha,bermesin 2 stroke 350 cc twin engine,dimana pada saat itu banyak yang sudah bermain dengan mesin four stroke.. Rekor yang dicatatkan oleh Big Red yang dicustom oleh Don Vesco ini berbeda tipiiss dengan Rayborn,yaitu 402 km/jam.

6. Don Vesco’s 1975 Yamaha ‘Silver Bird’ (484 km/jam)

tercepat 5

Tahun 1975,5 tahun setelah rekornya yang pertama,Don Vesco kembali membuat motor terkencang untuk menjadikannya sebagai “jet darat”. ‘Ketagihan’ dengan mesin 2 stroke,ia kembali menggunakan mesin 2 stroke dari Yamaha TZ700 4-cylinder,ia menggunakan 2 jadi totalnya 8 silinder 1390cc. Edyan! Power puncaknya pun mencapai 240bhp,iapun sukses mencatatkan rekornya pada saat itu dengan topspeed 484 km/jam..

5.  Johnny Allen’s 1956 Triumph Tiger 650  (342 km/jam)

tercepat 6

Motor custom buatan Johnny Allen ini memakai mesin Triumph Tiger T110 650cc V-twin dengan output power 80 hp saja. Sepertinya kalah dengan motor-motor yang sebelumnya sudah dituliskan. Tapi,Johnny Allen membuatnya pada tahun 1956 brosist! Sayangnya,rekor yang dicatatkan oleh “Texas Ceegarr” buatan Johnny Allen ini tidak sempat disahkan oleh FIM,federasi sepeda motor pada saat itu. Tetapi,publik membuatnya terkenal dan akhirnya dibuatlah motor yang mengadopsi nama dari tempat saat rekor tersebut ditorehkan,it was called “Bonneville” brosist. Kerja keras Johnny Allen gak sia-sia brosist,Triumph Bonneville menjadi salah satu motor yang paling terkenal yang pernah dibuat oleh Triumph sepanjang sejarahnya..

4. Ernst Henne’s 1937 BMW Kompressor (277 km/jam)

tercepat 7

Rekor yang dibuat oleh Henne yang satu ini,adalah rekor yang paling fenomenal menurut saya. Kenapa begitu?? Rekor ini dibuat saat perang dunia kedua sedang panas-panasnya brosist! Hebatnya,Henne tetap membuat motor ini dengan baik meskipun dibawah tekanan perang pada saat itu. Mesin yang digunakan hanya mesin motor 495cc,with supercharged four stroke. Topspeed yang dapat diraihpun mantap brosist,277 km/jam!

3. Rocky Robinson’s Ack Attack, 2006, 2008 and 2010 (up to 600 km/jam)

tercepat 8

Yang terkencang di bumi. Mungkin begitulah banyak orang menyebutkan mengenai Ack Attack buatan Rocky Robinson ini. Menggunakan basis mesin Suzuki Hayabusa,dengan turbo,total menghasilkan power sebesar 1000bhp. Woow! Walaupun disaat yang hampir bersamaan Kawasaki telah meluncurkan motor terkencangnya berpower hingga 300bhp,tetapi Ack Attack tetap menjadi yang paling unik karena menyabet gelar sebagai kendaraan terkencang di darat selama 3 kali berturut-turut,walaupun mengalami kecelakaan sebanyak 3 kali,sebanding dengan rekornya tuh brosist.. Amazing!

2. Glenn Curtiss’ 1907 V8 (217,6 km/jam)

tercepat 9

Sempat membuat gebrakan dengan motor terkencang di dunia buatannya,tepat 4 tahun setelahnya Curtiss yang juga perancang pesawat terbang ini merasa kurang. Iapun mengganti mesin yang sebelumnya 1000cc V-twin dengan 4000cc V8 yang sebenarnya adalah mesin pesawat brosist! Dengan kenaikan power yang cukup signifikan,dari 102 km/jam,menjadi 217 km/jam! Lagi-lagi,mesin buatan Curtiss ini seperti ‘melampaui zamannya’! Sayangnya,rekor yang Curtiss buat ini sifatnya Unofficial,karena belum ada badan yang mencatatkan rekor pada saat itu.. Well done opa Curtiss!!

1. Dave Campos’ 1990 Easyriders Harley-Davidson (515 km/jam)

tercepat 10

Secara power,Easyriders buatan om Dave Campos ini tentu kalah dengan Ack Attack yang sebelumnya telah kita bahas. Tapi sekali lagi tunggu dulu brosist! Rekor yang ditorehkan oleh Easyridersnya Dave Campos ini ternyata diambil 16 tahun sebelum rekor yang dicatatkan oleh Ack Attack! Seperti yang kita tahu,tahun 1990an dunia permesinan belum semaju saat Ack Attack membuat rekornya pada tahun 2006! Jelas berbeda di teknologinya,tapi Dave Campos membuatnya dengan sangat apik! Hanya berbeda sekitar 100 km/jam torehan topspeednya. Menggunakan mesin Harley 1500cc Shovelhead,Easyriders mampu mencapai topspeed 515 km/jam. Sayangnya,motor terkencang tahun 90an ini harus berakhir kejayaannya karena kecelakaan pada kecepatan diatas 500 km/jam!!

Last,torehan sejarah sebagai motor terkencang yang dibuat oleh orang-orang hebat tersebut memang benar-benar inspiratif brosist. Mereka bisa membuat rekor dengan tantangannya masing-masing. Mulai dari perang dunia,keterbatasan bahan,hingga crash berkali-kali untuk mendapatkan topspeed yang maksimal! Semoga kisah dari orang-orang hebat ini mengajarkan kita supaya jangan cepat putus asa brosist! Buatlah terobosan untuk diri kita sendiri,terlebih untuk orang lain!! :D. Semoga menginspirasi ya brosist,jangan lupa berikan sedikit unek-uneknya di kolom komentar dibawah! Thanks for reading and sharing,and see you on the next article. Wassalamualaikum 🙂

Follow me on..

Facebook Fanspage : Alki Rahmatullah’s Blog

Facebook : Alki Rahmatullah

Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

Whatsapp : 08892377086

Related Posts :

Advertisements

5 thoughts on “Berikut ini 10 motor yang pernah mencatatkan rekor sebagai yang tercepat di daratan!!

  1. Pingback: Daftar 10 Motor Terlaris Bulan April 2017, Matic Menguasai! Motormu Masuk Gak Bro? | Indoride.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s