Bajaj Pulsar-Series,Serigala yang tetap bertaring meskipun ditinggal sang induk!!

ARblog – Assalamualaikum,selamat siang di hari libur ini brosist,semoga tetap sehat dan selalu semangat yaa..

Mumpung bertepatan sedang libur hari raya imlek,daripada nganggur aja dirumah mending kita bahas salah satu sepeda motor fenomenal asal negara Bollywood yang satu ini yuk brosist! Bajaj Pulsar,siapa bikers yang gak kenal dengan motor yang satu ini hayo? Pasti udah pada kenal lah ya :D. Pulsar di Indonesia sendiri terkenal sebagai salah satu motor yang desainnya bisa dibilang revolusioner. Kenapa begitu?? Pertama kali kemunculannya di Indonesia tahun 2006,Bajaj menggebrak pasar motor sport tanah air dengan mengeluarkan gacoan pertamanya,Pulsar 180 UG3. Jelas menjadi pukulan bagi para pemain lama dari pabrikan jepang yang masih menggunakan teknologi yang bisa dibilang lawas. Dengan harga yang sangat kompetitif,pulsar tersedia dengan paket All-in-one..

Kharisma motor Pulsar selalu terngiang-ngiang di otak saya sejak pertama kali ngerti dunia motor tahun 2010an. Terkesan berotot dan serba besar,sukses membuat saya jatuh hati banget pada saat itu. Apalagi semenjak kedatangan Pulsar 220F dengan bikini-fairingnya ke Indonesia tahun 2011 awal. Apa daya,umur saya yang saat itu baru 14 tahun dan keadaan yang tidak memungkinkan,saya belum sempat mencobanya bahkan memilikinya :cry:. Gapapa,impian itu masih tersimpan di otak saya.. Daripada kepikiran terus,mending kita sama-sama bahas yuk tentang motor yang penuh suka dan duka ini brosist! Here we go,this is the history of Pulsar-Series!! Check this out brosistt!

1.  Pulsar 150 & 180,the first wolf (2001)

First gen of Pulsar,150 cc

First gen of Pulsar,150 cc

Bajaj yang sebelumnya sudah mengeluarkan produk-produk dibidang otomotif seperti Bajaj roda 3 yang sudah berkeliaran di Indonesia sejak lama,hingga Bajaj-Vespa,yang menjadi bahan koleksi oleh para kolektor,akhirnya memperkenalkan motor sport pertamanya ke khalayak umum dengan nama Pulsar 150 dan Pulsar 180 pada tahun 2001. Di negaranya sendiri,India,Pulsar 150 dan 180 juga sebagai sang revolusioner dengan menerapkan discbrake pada rem depan,serta tutup tangki rata :D. Untuk mesin sendiri,dipersenjatai dengan kapasitas mesin 150 cc single cylinder 4 stroke,masih menggunakan 1 busi sebagai sumber pengapiannya. Tenaga yang dihasilkan untuk versi 150 cc nya adalah 12 bhp,sedangkan untuk versi 180cc nya lebih besar,yaitu 15 bhp.

2.  Pulsar 180 UG I (2003)

Upgrade pertama,lebih keren dengan headlamp baru

Upgrade pertama,lebih keren dengan headlamp baru

Pada tahun 2003 atau 2 tahun setelah peluncuran perdana Pulsar,muncul versi upgrade pertamanya. Di versi upgrade yang pertama ini,Bajaj memberikan teknologi andalan terbaru yaitu DTS-i alias Digital Twin Spark ignition. DTS-i adalah teknologi dengan memakai dua busi di satu mesin agar pembakaran lebih maksimal dan lebih hemat bahan bakar,menurutnya. Tentunya,terjadi peningkatan tenaga,sebesar 1 bhp. (versi 150 cc juga naik 1 bhp)

3.  Pulsar 180 UG II (2005)

pulsar ug 2

2 tahun setelah upgradenya yang pertama,Bajaj kembali mengupgrade Pulsarnya dengan mengubah kaki-kaki yang tadinya velg 18″ jari-jari,jadi velg 17″ casting wheel. Tak hanya itu,kapasitas tangki bahan bakar ditambahkan menjadi 15 liter sehingga lebih mumpuni untuk perjalanan jauh. Sektor headlamp juga tak luput dari perhatian Bajaj,dengan menggantinya dari headlamp bulat menjadi headlamp berkarakter elegan ala Pulsar yang eksis hingga saat ini.

4.  Pulsar 180 UG III (2006)

ug3

Pulsar 180 Upgrade ke 3 inilah yang menjadi awal Pulsar berjaya di Tanah air. Dengan memiliki bentuk yang tajam dari depan hingga belakang,membuatnya jadi acuan untuk model-model Pulsar generasi berikutnya. Fiturnya antara lain lensa bening pada lampu sen,lampu belakang sudah LED dengan bentuk yang tajam,self cancelling turn indicator switch (lampu sen mati sendirinya saat keadaan stang lurus),speedometer digital LCD,dan lain-lainnya. Getaran juga semakin berkurang dengan adanya engine balancer pada generasi ini.

5.  Pulsar 200 dan 220 Fi (2007)

pulsar 200 2008 pulsar 220

Pada tahun 2007,Bajaj memilih untuk membuat Pulsar dengan cc yang lebih besar yaitu 200 dan 220 cc menggunakan teknologi Fuel Injection (Versi 220). Pulsar 200 memiliki bentuk yang identik dengan pulsar 180,bedanya terdapat di arm yang lebih lebar,lalu pulsar 200 sudah oil cooled sedangkan 180 belum. Untuk versi 220 cc,Bajaj membuatnya sedikit lebih eksklusif dengan menyematkan half fairing serta stang jepit yang lagi-lagi menjadi revolusioner. Teknologi Injeksi juga diberikan kepada Pulsar 220. Sayangnya,Injeksi masih kurang diminati oleh biker di India sana..

6.  Pulsar 150 New,Pulsar 180 UG IV,Pulsar 135 LS dan Pulsar 220F karburator (2009)

pulsar 220 2 pulsar-135-2009-12-9-6 pulsar 200 2008

Nah pada tahun 2009,Bajaj merombak 3 motor yang sebelumnya sudah ada,dan menambahkan 1 varian lagi untuk dimasukkan ke line up motornya. Tercatat ada Pulsar 150 new yang menurunkan beberapa teknologi yang sudah dimiliki oleh Pulsar dengan cc yang lebih tinggi. Lalu untuk Pulsar 180 UG IV sendiri upgradenya lebih kepada mesin Pulsar 180 dimasukkan ke dalam bodi Pulsar 200,sehingga terlihat lebih gagah (hanya berbeda di oil cooled saja). Lalu Pulsar 220F diubah teknologinya dari Fuel Injection ke Karburator (aneh yak? biasanya karburator dulu baru FI),selebihnya tidak ada yang berbeda brosist. Yang paling beda hanyalah kemunculan si Baby Pulsar,yaitu Pulsar 135 dengan mesin revolusioner 4 valve 135 cc dengan berat hanya 122 kg. Alhasil tenaganyapun cukup moncer brosist,13,5 hp untuk motor 135 cc. Wooww,lumayan ya upgrade-upgradenya..

Pulsar 180 UG IV sendiri masuk ke Indonesia pada tahun 2010,berbarengan dengan masuknya Pulsar 135 4V juga. Pulsar 220F sendiri masuk di awal tahun 2011,dan nampaknya banyak biker yang keracunan dengan “virus” half fairingnya tuh brosist,hingga pada berbondong-bondong beli deh..

7.  Pulsar 200NS,the Reincarnation of Pulsar Series (2012)

pulsar 200 ns 3pulsar 200 ns 2

Pulsar 200 NS seakan menjadi angin segar bagi bikers penggemar Pulsar,setelah hampir satu dekade disajikan desain yang hampir sama. Pulsar 200 NS hadir dengan segala hal yang baru. Mulai dari desain yang sangat agresif (menurut saya),body yang moge-look,velg alloy yang ciamik banget,serta teknologi Triple-sparknya yang diklaim lebih irit dan jauh lebih bertenaga dari kompetitor bahkan dari generasi sebelumnya. Gak cuma itu brosist,mesin 4 valve yang sebelumnya ada hanya di Pulsar 135 dihadirkan di Pulsar 200 NS beserta radiator (sebelumnya oil-cooled). Lalu keunggulan lainnya seperti desain knalpot dibawah mesin,rem yang dikenal pakem (bybre,turunan brembo katanya),juga penggunaan monoshock yang lagi-lagi revolusioner dari Pulsar series. Ampuunn dah!! Pulsar 200 NS ini juga salah satu motor impian saya,dengan desain mantap dan harga yang terjangkau…. (kok jadi curhat :D). Oiya,dengan mesin dan teknologi yang All-new tersebut,Pulsar 200 NS bisa mendapat power puncak hingga 23 hp loh brosist! Bahkan terpaut hampir 2 hp dari saudaranya yang lebih besar ccnya,Pulsar 220F yang mempunyai power 21 hp..

Kuningnya jooss

Kuningnya jooss

Bahkan,untuk mendapatkan sukses yang lebih besar dari varian 200 ccnya ini,Bajaj membuat 200 NS versi Fairing yang diberinama Pulsar 200 SS (Super Sport). Sayangnya Pulsar 200 SS baru dilaunching di kolombia,bahkan lebih dulu daripada di negerinya sendiri :D.

Pulsar 200ss di kolombia nih

Pulsar 200ss di kolombia nih

8.  Pulsar 400 CS & 400 SS

pulsar 400 ss pulsar 400 cs

Nah,yang satu ini nih moge pertama yang dibuat oleh Bajaj. Diperkenalkan oleh publik pertengahan 2014 lalu,keberadaannya masih belum jelas nih brosist. Untuk mesin sendiri sepertinya akan dimiripkan dengan mesin KTM Duke 390,yang dibulatkan jadi 400 cc biar gak ribet mungkin hehe. Kehadiran Pulsar 400 CS dan SS ini bisa menjadi angin segar untuk para pecinta moge. Dengan harga yang mungkin bisa dibuat miring ala Bajaj,bisa dapat moge 400 cc dengan desain yang futuristik.. Mantap..

Last,Walau bikers pulsar sempat dilanda galau karena ditinggal oleh pabrikan Bajaj di awal 2013 lalu,tapi dengan solidaritas yang tinggi,para bikers pulsar di seluruh Indonesia bisa sangat solid. Satu hal yang kurang bijak mungkin bagi Bajaj karena meninggalkan negara yang sudah pernah disinggahinya,bahkan memberikannya banyak keuntungan. Hingga banyak kejadian jual  “mutilasi” untuk mendapatkan part yang langka bagi para Serigala ini. Semoga tetap solid ya bikers pulsar di seluruh pelosok di Tanah air :D. Pesan moralnya,jangan putus asa ketika ada sesuatu yang penting itu hilang. Teruslah bersabar dan jalin selalu persahabatan yaa brosist :D.

Berikut bonus pic dan gambar-gambar modifikasi Pulsar-series yang okeh banget. Cekidoottss..

Pulsar 220 3

Pulsar 220F modif adventure om Rial Hamzah,masih kepikiran sampe sekarang…. 😥

pulsar-200NS-

Asli padet! Kuning lagi ah 😥

beat pulsar

Lah pulsar ada maticnya nih?? Beat lagi.. Ngoahahah 😀

jupiter pulsar

Jupiter 115 LS?? :mrgreen:

Thanks for reading and sharing,please comment below here,and see you on the next article yo!

Wassalamualaikum.

Follow me on..

Facebook Fanspage : Alki Rahmatullah’s Blog

Facebook : Alki Rahmatullah

Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

whatsapp : 08892377086

Related Posts :

Advertisements

12 thoughts on “Bajaj Pulsar-Series,Serigala yang tetap bertaring meskipun ditinggal sang induk!!

  1. tengah bulan ini saya ke cilacap, ada satu unit yg sangat menggoda p 220 f diubah full fairing, mantap pak,
    warna silver, saya ga tau siapa pmilik dan bngkel mana yg ngubah, kliatan lagi riding nyantai pmiliknya,.
    tapi saya akui gagah klw diubah jadi full fairing
    markotop dah

    Like

    • Memang pulsar 220f itu menggoda hati banget ya bro.. Saya juga pernah lihat dimodif full fairing gsx dengan ban super gambot.. Adalagi yang modif ala adventure dengan shockk depan tinggi dan ban gambot pula.. Harganya yang turun sepertinya cukup worth lah buat dibeli bro 😀 asal tahan2 sparepart aja hehe. Thnks udah comment ya bro 🙂

      Like

  2. Pingback: Bajaj Auto India Tingkatkan Kapasitas Produksi Pulsar RS200,Indonesia Malah Gak Kebagian! | Alki Rahmatullah's Blog

  3. Pingback: Seburuk Itukah Pemikiran Orang Terhadap Yamaha Byson? | Indoride.com

  4. Pingback: Inovasi Sebuah Dealer Kawasaki,Pulsar 200NS Dijual Dengan Tampilan Ala ‘Ninja’! | Indoride.com

  5. Pingback: Duh Pulsar 200NS Baru Cuma 15 Juta? Kepengen Pake Banget! | Indoride.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s