Mengetahui Razia Resmi Atau Tidak? Begini Cara Mudahnya!

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist,salam geber sampai redline!!

razia 4

Akhir-akhir ini,banyak bikers yang mengeluhkan banyaknya razia dijalanan. Gak hanya dirazia nih brosist,para bikers tersebut juga mengeluh akan kebijakan pak polisi yang kadang menghadiahi surat tilang selepas razia tersebut. Hal ini dibuktikan dari banyaknya comment dan sharing dari teman-teman bikers IndoRide.com yang mengaku sering terkena tilang karena hal sepele saat razia,padahal mereka mengaku sudah menggunakan atribut lengkap untuk berkendara.

razia 1

Baca juga artikel menarik lainnya :

Saya yakin,seyakin-yakinnya,brosist yang sudah ‘legal’ ataupun bahkan belum legal berkendara dijalan raya,pastinya sudah pernah mengalami terkena razia saat berkendara. Ya,razia bisa datang dan ada dimana saja,tergantung pak polisi yang bertugas di daerah yang kamu lewati brosist. Seharusnya sih,ente gaperlu takut kalau misalnya ente sudah bener-bener lengkap atribut dan juga surat-suratnya! :D. Baca dulu nih pengalaman yang pernah kena tilang waktu itu brosist..

Gaperlu main kucing-kucingan,atau nyari jalan tikus,saat melihat bapak-bapak polisi berdiri gagah memeriksa motor-motor lain didepan. Santai aja! (kalo punya surat-surat lengkap XD). Nah,sudah tau kan kalau razia itu memang bisa ada kapan saja? Saat ini,IndoRide sengaja pengen bahas,gimana sih ciri-cirinya razia yang resmi dilakukan sebagai razia rutin?? atau adakah razia kendaraan yang bermotif untuk kepentingan pribadi sahaja? Oke,daripada ribet,langsung simak aja gambar yang satu ini yah brosist..

razia

Nah,dari gambar diatas,ada beberapa point yang bisa kita simpulkan nih brosist.

Razia yang sah,sudah diatur oleh Pemerintah semenjak tahun 1993. Tepatnya sesuai dengan PP No. 42 Tahun 1993 tuh brosist.

Hal pertama yang harus brosist teliti saat ada razia di jalan yang brosist lewati adalah,tanyakan mengenai surat tugas yang menyangkut tentang Razia kendaraan pada hari tersebut. Tentunya,sebelum brosist menyerahkan SIM&STNK ya brosist. Kalau mereka tidak mau memberi surat tugas,berarti brosist bisa langsung berargumen dengan berlindung kepada pasal 13 PP No. 42 tahun 1993 tuh! :mrgreen:.

Yang kedua,tentunya kudu ada plang yang menandakan bahwa disana sedang ada razia atau pemeriksaan yang dilakukan oleh anggota polisi. Plang atau tanda ini menandakan bahwa razia tersebut resmi digelar dan tidak ada unsur lain yang melatarinya.

Yang ketiga! Pastikan bahwa semua atribut kendaraan brosist sudah terpasang dengan rapi,dan tidak kurang satu apapun. Lalu,jangan lupa juga untuk membawa semua surat-surat kendaraan,agar ente dan kendaraan yang ente naiki itu legal dimata hukum dan dimata pak polisi.

Begitulah kira-kira brosist,syarat-syarat yang harus dicermati saat ente terkena razia pak polisi dijalan. So,jangan langsung pasrah kayak saya dulu,diminta SIM dan STNK langsung ngasih,padahal belum nanya ada suratnya atau gak,terus juga saat itu gaada plang yang menandakan bahwa saat itu lagi ada razia polisi.. Ckck.

razia 2

Biar joss,siph pak poll

Yap,semoga saja berguna ya brosist,dan bisa membantu pekerjaan bapak polisi juga. Jadi semuanya merasa diuntungkan. Pak polisi untung karena kerjaannya bisa selesai dengan baik,kitapun untung karena motor kita sudah legal dimata hukum.. Soo,tetap hargai pak polisi dan pengguna jalan lainnya ya brosist! Semoga infonya berguna! :D.

Ayo,pas riding jangan lupa pakai artibut lengkap dan surat-suratnya juga yah brosist! Taat pangkal sukses,katanya! Wkwkwk :mrgreen:

Thanks for reading and sharing,leave some comments below here,and see you on the next article.

Wassalamualaikum.

Written by Alki Rahmatullah

Follow me on..
Whatsapp : 08892377086
Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

Advertisements

9 thoughts on “Mengetahui Razia Resmi Atau Tidak? Begini Cara Mudahnya!

  1. Pingback: Jangan Sembarangan Mengganti Spakbor Dengan Yang Lebih Pendek,Standar Pabrik Saja Bisa Ditilang!! | Indoride.com

  2. pernah pp kampus, kena 4x rajia…

    asem bener daah, untung surat” lengkap.. males aja setiap ngeliat ijo ijo bergerombol pasti deg”an wkwkwkw

    Like

  3. Pingback: Kejadian Lagi! Driver Gojek Berkelakuan Tak Wajar,Ugal-Ugalan Hingga Memaki Customer! | Indoride.com

  4. Pingback: Razia ‘Bubar’ Saat Ada Action Camera ‘JaPro’,Harus Segera Dibenahi Nih!! | Indoride.com

  5. Pingback: Merawat Kabel Kopling Motor Agar Tidak Keras Dan Rawan Putus,Mudah Banget! | Indoride.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s