Review Ban IRC ‘Road Winner’ RX-01,Yang Satu Ini Gripnya Asik Banget!

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist,salam geber sampai redline!!

Bannya udah botak masih nekat turing...

Bannya udah botak masih nekat turing…

Sudah beberapa bulan ini menahan hasrat untuk membeli ban baru buat si Kebo. Sebenarnya bukan menahan karena apa sih,tapi lebih ke ‘Gak punya duit’ buat beli ban baru buat si Kebo. As you know,velg standart si Kebo yang berukuran 2,5 inch depan dan 3,5 inch belakang,membuatnya kudu memakai ban besar,sesuai anjuran pabrikan dari awalnya. And… Harga ban bertapak besar tersebut lumayan juga lho… Lagian juga saya memang kepengen pakai ban besar sih,rasa gak cocok aja gitu motor tampilannya besar tapi bannya kecil.

Oke,dilatarbelakangi oleh ban bawaan si Kebo,Yamaha Byson 2012,dari jaman saya take over dari pemilik sebelumnya yang sudah botax sangat,dan juga sudah berbahaya untuk dipakai harian tuh brosist. Selain gripnya sudah kurang-bahkan sudah tidak maksimal ke aspal,saya ngeri jika sewaktu-waktu nantinya ban botax ini meletus di tengah jalan. Selain berbahaya,juga bikin jantungan 2 hari 2 malem kalau sampai kejadian meletus di jalan. Amit-amit…

Saat awal diangkut... Bannya masih mayan gondrong

Saat awal diangkut… Bannya masih mayan gondrong

Ban besar tentunya harganya ‘lumayan’ ngorek-ngorek dompet dong ya. Gak percaya? Monggo lihat harga ban-ban ukuran 100/70 (up) untuk depan dan 130/70 (up) untuk belakang,harganya mayan bikin meringis buat kaum mahasiswa yang sabanhari jajannya sepuluh rebu kayak saya. 😦 .

Ntar dulu,liat artikel saya yang lain tentang Review dulu yah..

Well,otakpun dipaksa untuk berfikir,bagaimana caranya untuk mendapatkan ban yang bagus dan murah,serta grip yang gak malu-maluin,dengan harga yang mayan bersahabat buat anak kuliahan! Yap,pikiran saya jatuh kepada ban second berkualitas…

"Ban udah botak,kudu ganti,gak punya duit,apa gua nyemplung aja nih ke rawa rawa!!"

“Ban udah botak,kudu ganti,gak punya duit,apa gua nyemplung aja nih ke rawa rawa!!”

Kenapa pilih ban second gan??! Bahaya kan?! Belum lagi kalau nantinya jelek kualitasnya! Yah semua itu sudah saya fikirkan sebelumnya,langsung nyari-nyari ban second yang gak harus membuat saya bolongin kantong sedalam-dalamnya. Okey,let’s search..

Yap,nyari-nyari di jagat raya internet,banyak yang menawarkan ban-ban import soft compound dibawah 500 ribu rupiah. Menarik? Tentu saja! Namun tentu ada beberapa hal yang saya pertimbangkan tentang ban import bermerk dan soft compound ini… yang pertama! Ukurannya mayan gede,rata-rata 150 sampai 180 tuh brosist! Haduh,bakal ngedonat parah kalau dipaksakan masuk ke velg Byson yang berukuran 3,5 inch belakang..

Serta,kabar yang masuk ke telinga saya bahwa ban soft compound ini lebih cepat habis,apalagi untuk pemakaian harian wara-wiri saya yang berkisar 30-100an km sehari.. Tentu nantinya bakal menguras dompet lagi. Oke,ban import yang soft compound ini saya coret dari pilihan,padahal dibelakangnya ada embel-embel super grip… Ban bawaan motor lain pun saya cari untuk dipakai di si Kebo Byson,dengan harapan akan awet sampai nantinya…

Nah! Nanya-nanya sama sobat saya dari Surabaya yang demen cornering dan juga pemakai Byson,bro Reynaldo Ega,bahwa ada suatu ban yang gripnya lumayan bagus dan pastinya lumayan awet buat harian,karena ini adalah ban standart Suzuki Inazuma!!

IRC RX-01 Buatan jepang lebih mantap??

IRC RX-01 Buatan jepang lebih mantap??

Tul! IRC Road Winner,RX-01! Ban bawaan Suzuki Inazuma ini dianggap cukup ngegrip,setidaknya ya lumayan lah buat harian… Imbuh bro Reynaldo yang saya japri via BBM. Tadinya mau cari Road Winner bekasan Ninja 250 CBU atau CBR250 CBU yang buatan Thailand,namun karena bro Rey menyarankan saya untuk hunting ban Ex Inazuma,jadilah saya bersikeras dan tekad untuk mencari ban Inazuma bekas.

IRC RX-01

IRC RX-01

Oke,langsung nyari-nyari di grup Inazuma Facebook! Karena mungkin emang rezekinya,langsung nemu seorang seller yang mau jual ban Inazumanya dengan kondisi masih kinyis-kinyis poll!

Lumayan bingiit! Hehehe

Lumayan bingiit! Hehehe

Bro Widho selaku seller mengaku ia baru mengganti ban Inazumanya dengan ban Battlax. Oke lah,wajar ban ori Inazuma dengan ukuran 110/80 17 depan dan 140/70 17 belakangnya dilego.. Langsung janjian hari minggu kemarin,dan deal harga,langsung pasang di si Kebo! Mantapppbbh!

Lumayan daah

Lumayan daah

IRC Road Winner RX-01 ‘Made In Japan’ ini memang benar-benar asli Jepang bro. Haduh,Suzuki Inazuma memang motor yang gak diragukan kualitasnya,sayangnya penjualannya kurang moncer di negeri ini… Oke skip. Ban ini kondisinya masih mulus parah brosist. Karena menurut sang owner,baru dipakai kurang dari 2000km,karena dulunya memang motor ini jarang dipakai,tahun 2014 baru dipakai tahun 2015!

Kalau ente masih inget postingan ane beberapa hari nyang lalu,tentang IRC Road Winner ‘Made In Japan’ saat dipakai di Sirkuit.. Monggo dilihat artikelnya dikit!

Oke,bertele-tele banget dah,langsung aja yuk lihat bagaimana reviewnya.. Walaupun bisa dianggap kurang valid karena sedikit bukti,namun InsyaAllah saya memberikan info yang sebenar-benarnya.. Oke lanjooottt!

PEMASANGAN DAN BENTUK ULIR BAN!

Lanjoot pasaang

Lanjoot pasaang

Setelah dipasang di Byson dengan mahar Rp 450 ribu saja (untuk ban buatan Jepang),dan juga ongkos pasang terima rapi 60 ribu dan cairan anti bocor (ban belakang bocor halus kena paku kecil 😦 ) sebesar 50 ribu,jadi total saya mengeluarkan uang Rp 560 ribu saja.. Penampakannya bisa dilihat diatas tuh.

wp-1458646067223.jpeg

Overall si kebo jadi terlihat lebih padat,dan agak lebih tinggi sedikit di bagian depan. Wajar saja,ban berukuran 110/80 dan 140/70 lebih besar 1 step dari ban sebelumnya. Padat banget deh jadinya,secara tampilan jadi lumayan segar lagi! Jarak spakbor dan ban juga semakin sempit,menambah kesan padat,saya suka! 

Terlihat lebih padat dari sebelumnya...

Terlihat lebih padat dari sebelumnya…

Secara ulirnya gak jauh beda dengan IRC Road Winner lokal ataupun buatan Thailand. Ulir memang sama,bahkan sekilas akan susah membedakan IRC Road Winner biasa dengan Road Winner buatan Jepang ini. Namun,reviewnya saat dipakai di jalan kering dan basah gimana?

GRIP!

Waktu ditest sama MCN sih bisa sampai kayak gini!!

Waktu ditest sama MCN sih bisa sampai kayak gini!!

Gripnya… Saya gak mengurangi atau menambahkan,atau mengada-ada ya brosist.. Silahkan dinilai sendiri hehe. Untuk seekor Kebo yang mempunyai berat isi 136kg,sepertinya ban ini cocok dengan bentuk tubuh dan berat si kebo. Motor jadi nurut diajak bermanuver,bahkan bawaannya kepengen rebah terus!!

Untuk jalanan kering,ketika ada tikungan aman,secara tak sadar tiba-tiba footstep sudah bergesekan dengan aspal,mungkin karena terlalu miring saya bermanuver XD. Jadi bisa disimpulkan,IRC Road Winner ‘Made in Japan’ ini gripnya lumayan cakep buat jalan kering. Yah kalau jalanan kering mah semuanya bisa… (kata komentator diluar sana.. hahahaa).

screenshot_2016-03-16-20-44-03.jpg

IRC Road Winner

IRC Road Winner

Oke,kebetulan tadi sore hujan,dan saya coba ngetes jalanan sekitaran kampus UI sekalian pulang ngampus.. Cukup banyak tikungan asyik di UI yang bisa dibuat untuk mengeksplorasi ban. Trek cukup basah sehabis hujan,dan saya coba untuk bermanuver dengan hati-hati…

Ban masih menempel dengan aspal,dan tak ada gejala sliding seperti saat sebelumnya pakai F** Sp*rt X* yang saya rasa cukup licin (bahkan licin banget) saat hujan.. Coba-coba untuk rem mendadak di ban aspal yang dibasahi air hujan,ban masih menempel sempurna tanpa adanya ngepot-ngepot seperti sebelumnya. Apakah artinya ban ini gripnya bagus? Ah saya bukan reviewer professional,mungkin saja bisa salah :D.

Overall sih,buat saya ban ini sudah cukup untuk harian. Gak berharap lebih dari ban seharga 450 ribuan sepasang dan bekas ini. Ya tujuan awalnya memang supaya awet dan menggantikan ban lama si Kebo yang sudah botax parah. Kalau ada bonus grip yang baik ya Alhamdulillah.. :D.

So,saya tidak tahu kalau semisal ada perbedaan yang mendasar dari IRC Road Winner buatan Jepang ini dari buatan Thailand atau Indonesia. Tapi yang pasti,bentuknya yang identik bisa jadi kekurangannya.. Ketika saya diskusi di grup-grup motor pun,mereka sudah men cap buruk ban IRC Road Winner ini,karena dianggap licin dan performanya buruk.

Yap,gimana brosist? Kira-kira segitu deh review dari ban IRC Road Winner ex Suzuki Inazuma ini di motor saya.. Mungkin baru bisa berangan-angan bisa punya si Bongsor Inazuma,nyicil bannya aja dulu boleh dah yak!! XD. 

Okeh,silahkan dinilai sendiri,dan mohon maaf bila reviewnya kurang lengkap karena gak ada dokumentasi yang memungkinkan. Semoga berguna dan bisa jadi inspirasi ya brosist.. :). Kurang lebihnya mohon maaf,silahkan ditambahkan bila ada kesalahan dari saya.. :).

Thanks for reading and sharing,please leave your comment below here,and see you on the next article.

Wassalamualaikum.

Written by Alki Rahmatullah

Follow me on..

Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

 

 

Advertisements

21 thoughts on “Review Ban IRC ‘Road Winner’ RX-01,Yang Satu Ini Gripnya Asik Banget!

  1. Nah ini makanya aku rada resah mau masukin byson ke kelas “entry level” motor sport bekas buat dibeli, orang beli second karena duit paspasan ya, dan ketika dihadapkan salah satunya harga ban, kayanya value verza second masih bersaing.

    Walaupun sepertinya verza lebih cupu, lebih lemot dari byson. Tapi “biaya demi gaya” lebih minimal makanya motor Ban Lebar Biasa tetap punya pasar, value++ lagi kalau spek standar verza lebih mantep powernya. Itu.

    Like

    • “Style beats everything” wkwkwk.. Saya lebih seneng ngeluarin duit sedikit demi “gaya” huahaha… Ya tergantung kebutuhan jg sih,verza jg keren kok..

      *kalau dimodif pakai ban lebar
      Hahaha

      Like

  2. woh akhirnya beli road winner jg
    imotorium.com/2016/03/23/cicil-war-perang-dyno-antara-satria-150-fi-sonic-150-jupiter-mx-king-ada-3-versi-pemenang-walah/

    Like

  3. wah mantapp bro Alki.
    sy Rider byson dari baru, n itu ban bawaannya licin parah. kmaren baru ganti f*r sp*rt *r di blkg krn bocor di tengah2 ban. dan fdr emang licin. nyesel bgt dah. mana duit juga nge-pas… coba artikelnya keluar lebih awal 😀

    Like

  4. Pingback: Ini Dia Tampang Honda Winner 150 Alias Supra X 150,Siap Tantang Langsung MX King!! | Indoride.com

  5. Pingback: Tips n Trick : Safety Riding Itu Kayak Gimana Sih? | Indoride.com

  6. Pingback: Full Review Honda All New CBR150R Facelift ; Desain Dan Fitur! (Part 1) | Indoride.com

  7. Pingback: Review ; Action Camera Kogan 4K+,Mantep Buat Riding Dan Travelling! | Indoride.com

  8. Pingback: Topspeed Suzuki GSX-R150 Tembus 148 Km/Jam Di Straight Sirkuit Sentul! Ediaan! | Indoride.com

  9. Pingback: Indoride.com

  10. Pingback: HOT! All New Vixion Disinyalir Punya Tangki Yang Kekar, Pakai Mesin New R15?? | Indoride.com

  11. Pingback: Review ; 252 Kilometer Bersama Suzuki GSX-S150, Worth It! | Indoride.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s