Tips n Trick ; Memperbaiki Lampu Sen Yamaha Byson Yang Patah, Modal Ceban Jalan Lagi!

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!

Patahh! Ngeselin coyyy

Buat brosist yang punya motor sport Yamaha, khususnya motor sport Yamaha djadoel macam Vixion old, Byson, atau Scorpio (new), pasti ngerasain nih yang namanya lampu sen/sign lamp patah! Sebenernya mungkin karena hal-hal yang sepele banget, tapi lampu sen bisa patah, kan ngeselin ya!

Apalagi kalau masalahnya cuma kenak senggol dikit, atau nyenggol kendaraan lain, bahkan nyenggol tembok langsung patah, haduuh kesel lah pasti. Nah, kebetulan, si Edward alias Yamaha Byson tahun 2012 yang jadi sahabat saya selama ini udah mulai bermasalah di bagian lampu signnya ini brosist.

Jadi hal yang lumrah banget, buat lampu sen berbentuk oval dan panjang ini, untuk patah di bagian karet tengahnya. Lampu sen berkode 3C1 ini memang rawan banget patah di karetnya, karena karetnya getas kena hujan, panas, dll, sehingga lama kelamaan bakal retak dan patah deh. Ditambah kalau brosist sembrono (kayak saya), pasti lebih cepet patahnya.

Ya, di umurnya yang kurang lebih 5 tahun ini, lampu sen si Edward udah patah. Sebelumnya saya akali dengan dilem menggunakan lem korea, gak mempan. Akhirnya dikasih lem+karet ban dalem! Kuat sih, tapi jadi jelek, dan ga bertahan lama sampai harus patah lagi karena ditabrak Vespa beberapa waktu lalu… Huft.

Baca berita tentang Byson lainnya brosist :

Akhirnya dengan sen ngampleh-ngampleh, saya cari cara supaya bisa dipake lagi. Sayang kan kalau harus beli lampu sen lagi? Mana harganya lumayan. Bisa 200an ribu untuk 4 buahnya! Mending buat beli materai… eh nasi padang 20 hari!

Oke skip. Lanjut ke tutorialnya ya. Singkat cerita, saya browsing dan ketemu caranya. Gampang bener ternyata brosist untuk membuat lampu sen ini terlihat keren lagi. Yakni dengan cara menghilangkan karet bagian tengahnya yang jadi sumber masalah. Bentuknya yang terlampau panjang dan mudah getas memang jadi masalah awal mengapa banyak pengguna motor sport jadoel yamaha (termasuk R25 dan MT25 maybe) patah lampu sennya..

Sip! modal cuma ceban, atau menyesuaikan harga baut di dekat rumah brosist sekalian. Saya beli 4 buah baut, beserta ring dan murnya. Untuk yang bagian belakang, usahakan beli ring yang agak lebar, soalnya bagian belakang lubangnya juga lebih lebar nih brosist dari yang depan. Siapkan juga obeng, kunci 7, kunci 14, kopi serta gorengan bila perlu.

Oke, step 1. Kerjakan bagian depan dulu biar mudah. Buka headlamp, buka kupingannya, hingga kelihatan dudukan lampu sennya. Lalu, lihat ada baut ukuran 7 disitu, buka bautnya dan juga dudukannya brosist. Buka juga dua buah socket lampu sen yang ada.

Buka baut di kupingan headlamp

Step 2. Lepas mika lampu sen, dan buka slider yang ada di bagian bawahnya. Tujuannya supaya brosist bisa melepas karet yang sudah patah tadi. Lalu pasang kembali slidernya tadi. Masukkan baut ukuran 14 tadi ke dalam. Ingat, masukinnya dari bagian dalam ya. Supaya nanti masang murnya dari luar dan mudah dikendorin/dikencanginnya. Kurang lebih seperti ini :

Step 3. Pasang lagi mika lampu sennya, lakukan hal ini kepada lampu sen satunya lagi.

Step 4. Ini step yang menentukan brosist. Gabungkan lampu sen modifikasi kita ini dengan kupingan Byson/ Vixion bila anda punyanya Vixion. Sesuaikan tingginya supaya posisi lampu gak terlalu ke bawah, malah jadi gak kelihatan nanti dari depan. Tinggal pasang ring, dan kencangkan deh. Mudah banget!

Sambungin bautnya

Kalau sudah disambungkan kayak gini

Gabungkan lagi socket-socketnya, pasang lagi headlampnya, dan tadaaa! Modal goceng- 6 rebu (untuk bagian depan), jadi joss lagi nih, ga ngampleh lagi lampu sennya! Hhahaha..

Asyikkk! Jadi ringkass lage

Terus untuk yang belakang gimana? Tenang… Prosesnya sama saja brosist! Cuma yang belakang agak sedikit lebih ribet, karena harus buka body belakang full sampai ke spakbornya.

Ini agak ribet, harus buka body full

Buka dulu body belakang, lepas spakbornya dan socket-socket lampu belakang. Ada 3 rangkaian socket di spakbor belakang ini brosist, sebaiknya ditandai supaya gak salah pasang.

Setelah spakbor terlepas, urutkan dan lepaskan satu persatu kabel yang ada di spakbor belakang tadi brosist. Lepas dulu bagian atas spakbornya (spakbor belakang itu ada tutupnya, jadi semacam pelindung kabel.). Lepas dulu bagian tersebut, baru brosist bisa lepas kabelnya satu persatu. Yang dilepas lampu sennya aja ya, jangan lampu rem juga, ribet nanti.

Buka, kurang lebih kayak gini

Nah, setelah dilepas, ulangi prosesi seperti diatas. Bedanya, untuk di bagian belakang, ringnya pakaikan yang lebar ya, supaya pas sama lubangnya. Oke siip!

Kalo udah kelar kaya gini

Kalau udah selesai, tinggal rakit lagi spakbor, body belakang, dudukan CDI, dan juga body sampingnya. Kelar deh! Modal ga sampe ceban udah bisa kece lagi motornya, tentu cocok buat kaum-kaum yang dompetnya tipis terus sepanjang bulan kayak saya! Wkwkwk..

 

Pastinya kreatifitas dan ketelitian juga dibutuhkan ya brosist. Selesai ngoprek, pasti ada rasa bangga bisa nyelesain masalah motor sendiri tanpa harus keluar biaya banyak! Yaaa alhamdulillah deh, jadi duit di dompet yang tinggal beberapa lembar warna hijau bisa terselamatkan… wkwkwkwk :D.

*NB : Buat yang motornya Scorpio New, Vixion Old, R25 atau MT25 bisa ikutin juga tutor ini. Secara sennya sama hehehe…

Semoga berguna ya brosist!

Thanks for reading and sharing, please leave your comment below here, and see you on the next article.

Wassalamualaikum.

Written by Alki Rahmatullah

Follow me on..

Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com
Instagram : @indoride

Advertisements

5 thoughts on “Tips n Trick ; Memperbaiki Lampu Sen Yamaha Byson Yang Patah, Modal Ceban Jalan Lagi!

  1. Pingback: Modifikasi Minimalis Suzuki GSX-S150 Warna Merah Kombinasi Emas, Cakep Maksimal! | IndoRide.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s