Ngetes Hasil Konsumsi BBM Suzuki Nex II, Hasilnya… Mencengangkan!

Berapakah konsumsi BBMnya?

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!

Bro, jarang bener saya bahas ngetes hasil konsumsi BBM sebuah motor yang saya tes. Karena menurut saya kalo udah abis yaudah isi aja, jarum udah E ya isi, Gak ribet, pom bensin masih banyak ini. wkwkwk.. Tapi banyak juga yang penasaran nih nanya ke saya, berapa sih Hasil konsumsi BBM Suzuki Nex II ini? Karena di kelas ini irit adalah yang utama. Tapi, Kabarnya sih irit banget. Akhirnya saya penasaran, saya pun melakukan pengetesan dan hasilnya… MENCENGANGKAN!

Lho, kenceng amat itu mencengangkannya.. wkwkw.. karena emang bener-bener mencengangkan bro! Langsung aja saya ceritain ya..

Eits, intip dulu review lainnya tentang Nex II ini sebelum masuk pembahasan :

Test Konsumsi BBM Suzuki Nex II, jauh dekat siang malam no gimmick no hoax nih!

Jadi, ceritanya saya dipinjemin Nex II sejak minggu lalu. Nah karena untuk dipakai harian, saya kepikiran untuk ngetes konsumsi BBM matic kecil dari Suzuki ini. Dengan harapan juga bakal lebih akurat hasil konsumsi BBMnya, saya isi Fulltank deh sekalian uji! Oh iya, untuk metode pengujiannya karena jarak tempuh diatas 100km plus isi tangkinya kecil, jadi saya pake metode Full to Full supaya lebih mudah dan akurat.

Oh iya, hasil test ini gak saya buat buat ya bro. Murni hasil asli dengan kondisi sebagai berikut :

  • Pemakaian harian (Dalam kota-luar kota Depok)
  • Test Rider saya + Ortu boncengan (bobot kelas berat semua)
  • Motor standart, tekanan angin normal
  • Bensin menggunakan PERTALITE Full 
  • No ECO RIDING! GASPOL gak pake kendor!
  • hidup mati mesin berkali kali, dipakai kondisi siang-malam pokoknya gaspol terus.
  • Mayoritas dibawa sendiri, berboncengan (saya+mamah, atau Bokap+Mamah). 
  • Wara wiri kesana kemari, Jauh Dekat oke

Nah, diatas saya tulis bengsin menggunakan PERTALITE. Ada alasannya… pertama, biasanya di kelas ini jaraaang ada yang mau pake BBM pertamax. Biasanya saya juga pakai pertalite untuk matic entry level kesayangan, jadi kondisi mau saya samakan. Selain itu ya jelas… Selisih harga PErtalite vs Pertamax mayan jauh! Rugi kayaknya isi pertamax sekarang mah… wkwkwkw #kere# janganditiru.

Berapakah konsumsi BBMnya?

Langsung aja, ternyata segini Konsumsi BBM Suzuki Nex II Fancy Dynamic yang saya pake! Oh iya, untuk lebih akuratnya, saya melakukan 2x Test untuk konsumsi BBM Nex II ini. Langsung aja ya! Berikut data nya!

Awal pengisian

Total BBM yang terisi

Mencengangkaaann! Hasil test pertama, saya isi full dari KM 1.125 sampai km 1.242 menghabiskan bbm Pertalite 3.332 liter. So, jarak tempuh pengetesan pertama adalah 117 km dan ketemu hasil konsumsi bbm 35.11 km/liter! Bener bener mencengangkan, kalah jauh sama test temen-temen blogger yang bisa tembus 40-50km/liter. Wkwkwk… Kondisi pengetesan pertama ini saya geber full Depok-Bekasi-Depok-Jakarta dengan gaya riding buru-buru tanpa kendor gas. Dengan BB rider diatas 100kg…! Menurut saya ini wajar banget sih. Nanti dijelasin..

Pengetesan kedua, saya isi full dari km 1.242 sampai km 1.371 yang artinya sudah menempuh jarak sejauh 129 km. Saat diisi full lagi, dengan kondisi pengisian dan bbm yang sama terisi penuh (sampai ke leher tangki) sebanyak 3.262 Liter. So, pengetesan kedua ini mendapat hasil sebagai berikut. 129 : 3.262 hasilnya konsumsi BBM Suzuki Nex II pengetesan ekdua adalah 39,5 km! Wkwkwk.. busyeeed! Kejem bener ini indoride yak!

KOK BISA BOROS? Ini sebabnya…

Pantes sih boros… segede gini yang ngetes. wkwkw

Saya pun penasaran, gak mungkin ini hasilnya segini, Soalnya denger dari suara mesinnya aja ini motor dengan karakter mesin irit. Penasaran juga, karena saat nanya sama beberapa temen kayak om Vandra MMBlog dan mang Kobayogas yang udah sama sama ngetes, mereka sukses mendapatkan hasil 40-50km untuk satu liter bensin. Setelah melalui pemikiran panjang dan riset… ternyata berikut ini kemungkinan penyebabnya!

Nih contoh riding saya :

Berat badan… Hal ini yang paling mempengaruhi konsumsi bbm motor. Bobot saya yang berat, ditambah gaya riding asal betot plus karakter mesin yang kuat diputaran atas, membuat Suzuki Nex II harus dipaksa mengeluarkan BBM yang lebih banyak untuk dapet tenaga lebih. Kedua, faktor gaya riding juga sangat mempengaruhi, sebab karakter riding saya yang suka buru-buru dan betot gas aja (kalo bawa matic, beda bgt pas bawa kopling) bikin Nex II makin dipaksa ngeluarin BBM lebih.  Ketiga, bisa jadi BBM Pertalite memang kurang maksimal pembakarannya, bisa jadi saat pakai Pertamax atau bahkan Shell bisa lebih baik konsumsi BBMnya, karena maksimal pembakarannya. Who knows?

Waktu Nex II City Touring ini motor irit banget kok!

So, saya percaya ini motor irit. Buktinya, waktu bawa Nex II di acara city touring 50km Juli lalu aja ini motor sangat bersahabat, dari Kemang full sampe ke Alam Sutera cuma turun dikit! Dengan jalan konstan dan gak pake betot berlebihan saya yakin Konsumsi BBM Suzuki Nex II BISA SANGAT IRITBeda halnya, kalau yang ngetes IndoRide, dengan bobot yang berat dan tangan kanan belum lulus PAUD, ya begitulah hasilnya.

Beda hasil saat test GSX-S150 yang bisa tembus diatas 43km/liter sama saya. Hmm.. emang kayaknya lebih cocok bawa motor kopling 150cc keatas nih, feel untuk eco ridingnya lebih dapet! Wkwkwk…

Overall puas! Bisa bawa galon juga ni

Overall, puas pakai Nex II. Sekali lagi, ini murni pengetesan ala saya, seperti pembawaan hari hari dan kondisi harian, yang jarang banget mikirin Konsumsi BBM. Pokoknya asal motor bertenaga dan bisa diajak buru-buru itu udah cukup banget dah!. Kalau brosist punya berat badan standar, gaya riding kalem, dan biasa bawa motor matic, saya yakin bakal jauhhh lebih irit nih! Silahkan dicoba, gaya saya+berat badan saya jangan ditiru ya… Hiksss! 😥 .

Oke brosist, silahkan dikunyah-kunyah, mudah mudahan bisa jadi referensi ya! Gimana menurut brosist? Pure salah ridernya ini makanya boros… wkwkwkkw!

Jangan lupa follow media sosial saya untuk bersilaturahmi..

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

Baca juga berita menarik lainnya bro..

.<

Advertisements

2 Comments

1 Trackback / Pingback

  1. Segini Pajak Tahunan Suzuki Nex II Wilayah Jakarta, Ternyata Murah Banget! - IndoRide.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*