Pojok Opini : Motor berkapasitas 150cc menjadikan era baru di ranah permotoran Indonesia?

Dunia permotoran Indonesia semakin berwarna dengan persaingan ketat motor berkubikasi 150 cc..

ARblog – Assalamualaikum brosist,selamat pagi,semoga tetap semangat ya..

Ilustrasi motor jadul

Ilustrasi motor jadul

Motor dahulunya hanya digunakan sebagai alat transportasi sederhana yang hanya digunakan untuk mengantar orang atau barang. Dengan bentuk yang sederhana,diharapkan motor tersebut bisa lebih efisien daripada menggunakan kendaraan roda 4 atau lebih. Semakin majunya dunia dengan teknologi,akhirnya membuat motor bukan hanya sebagai alat transportasi,melainkan juga digunakan sebagai alat untuk menunjukkan jati diri seseorang.

Bisa kita lihat,di zaman sekarang motor tak hanya digunakan sebagai alat transportasi saja. Tetapi banyak juga yang dipakai untuk kongkow-kongkow dengan teman,untuk touring jarak jauh,hingga untuk adu kecepatan di lintasan balap. Pabrikan-pabrikan pun tidak mau kalah dengan adu teknologi yang disematkan di varian-varian motornya. Seperti biasa,yang kuatlah yang bertahan..

Kita tinggalkan sedikit mengenai kegunaan motor yang sebelumnya sudah dibahas. Kali ini,mari kita fokuskan ke motor berkubikasi 150cc yang sedang beramai-ramai diluncurkan oleh pabrikan! Bahkan,hampir semua pabrikan motor mainstream memiliki varian motor 150ccnya. Yang sedang ramai dibicarakan,moped hingga matic yang sebelumnya hanya berkubikasi dibawah 150cc,sekarang sudah memasuki era 150cc.

Ilustrasi mesin 150cc

Ilustrasi mesin 150cc

Nah,sebenarnya,apa sih yang membuat motor 150cc ini ramai diluncurkan oleh pabrikan-pabrikan besar? Apa juga yang memotivasi pabrikan tersebut untuk merilis motor 150cc?? Ada beberapa jawaban nih brosist!! Let’s see..

  • Power yang lumayan,namun tetap efisien

Ya,alasan ini yang jadi satu pertimbangan mutlak bagi pabrikan untuk mengeluarkan motor berkubikasi 150ccnya,terutama di Indonesia. Bagaimana tidak? Power yang bisa didapat dari motor 150 cc gak bisa dibilang main-main loh brosist. Output power 12 hingga 18 hp masih mungkin didapatkan oleh motor 150cc,baik sport tulen,moped,hingga matic sekalipun. Biarpun begitu,Fuel Consumption motor-motor berkubikasi 150cc ini juga gak terlalu kejam lah brosist.. 😀

  • Gengsi jadi naik dong kalau kapasitas mesin motor lebih besar!

Walaupun tidak semua orang yang membeli motor dengan kubikasi besar hanya mengejar gengsi,tetapi gak munafik juga ya brosist,kalau sebagian besar dari konsumen yang membeli motor berkapasitas mesin lebih besar juga mengincar gengsi yang didapatnya ketika naik motor tersebut :D. Hal ini juga menjadi fakta yang tidak bisa dipungkiri ketika naik motor-motor tersebut,termasuk saya sendiri yang kesenengan kalau naik motor kubikasi lebih besar dari yang saya naiki biasanya,Revo yang hanya 100 cc XD.

  • Kurang dari 150cc? Kurang bertenaga!

Sebenarnya ini gak mutlak brosist :D. Nyatanya,banyak motor berkubikasi kurang dari 150cc tetapi tetap kuat dan bertenaga :D. Yah,again,we talk about people mindset brosist. Sejak dulu,mungkin dikenal bahwa motor dibawah 150cc hanya untuk keperluan komuter atau pemakaian sehari-hari yang tidak membutuhkan tenaga terlalu besar.. Sekarang? Bisa dilihat sendiri brosist,motor dibawah 150cc juga banyak yang bertenaga dikarenakan teknologi yang disematkan di tubuhnya..

Mungkin dari hal-hal diatas tersebut bisa menjadi alasan yang cukup rasional bagi pabrikan untuk membuat motor-motor 150cc generasi baru,nah yuk kita lihat daftar motor-motor 150 dari berbagai pabrikan yang cukup fenomenal di Indonesia.. Lets see again brosist..

1. Honda

honda cs1 reborn

Isu render CS1 Reborn..

honda cb150rhonda new megaprohonda pcx 150honda verzavario 150 1

Nah,brosist pasti tau Honda kan? (yaiyalah :p). Honda saat ini menjadi salah satu pabrikan motor terbesar di Indonesia. Penjualannya yang mencapai ratusan ribu unit pertahun menjadikannya digdaya di segmen 150cc ini. Beberapa produk dari Honda yang berkapasitas mesin 150cc diantaranya adalah Honda CB150 Streetfire “Trellis”,Honda CBR150R K45,Honda New Megapro karbu & FI (sebelumnya 160cc),Honda Verza,Honda PCX 150 (sebelumnya 125cc,masih diimpor),Honda Vario 150 (sebelumnya 125 cc),hingga Honda CS1 Reborn yang masih digonjang-ganjingkan akan hadir dengan mesin all-new milik CB150R.. Banyak ya? Sepertinya Honda sedang all-out di segment ini brosist.. Tinggal kita tunggu saja beberapa produknya lagikah yang akan di “150cc” kan?? Apakah Blade akan dibuat 150cc untuk menghadang MX King di segmen Moped? Atau Beat,Spacy,Scoopy,yang akan di 150cc kan lagi?? XD

2. Yamaha 

yamaha new vixion yamaha r15 yamaha nmaxP1010951byson

Pabrikan yang dianggap sebagai rival abadi Honda ini juga cukup fenomenal jika kita melihat pergerakannya di segment motor kubikasi 150cc brosist. Seperti yang kita tahu bersama,akhir-akhir ini Yamaha sedang gencar mengeluarkan line up motor 150ccnya.. Apa aja ya? Diantaranya ada Yamaha Vixion (old & New),yang diawal kemunculannya memang jadi perhatian karena harganya dan mesinnya yang powerful,Lalu berikutnya ada Yamaha Byson dengan desain gambot ala mogenya,ada Yamaha R15 yang juga tak kalah fenomenalnya,Yamaha NMax di segmen matic gambot,serta yang baru-baru ini hangat dibicarakan dan baru saja dilaunching,Yamaha MX King 150. Pergerakan apa lagi yang akan dilakukan oleh Yamaha di segmen yang “Kue” nya sangat diperebutkan ini?

3. Kawasaki

kawasaki ninja rr

Sejak tahun 90an akhir,kawasaki sudah meluncurkan motor 150cc powerfulnya di Indonesia. Ya,Kawasaki Ninja 150 R/RR yang berkubikasi 150cc 2 tak. Sejak pertamakali diluncurkan,Kawasaki tetap setia dengan mesin 2 taknya yang biasa disebut “Jambakan Setan” ini :D. Rumor yang mengatakan bahwa Kawasaki akan merilis motor 150cc 4 taknya kedepan,belum ada rumor yang benar-benar terbukti. Apalagi,eksistensi Ninja 150 yang terkenal kencang ini akan terancam oleh regulasi yang makin mengancam. Akhirnya,Ninja 150 2 stroke akan segera didiscontinue kabarnya pertengahan 2015 ini.. Penggantinya adalah Ninja RR Mono?

4.  Suzuki

satria black predator satria black fire satria fu black gold

Suzuki seakan tidak bergeming dengan pertarungan yang dilakukan dua pabrikan besar Honda dan Yamaha yang bermain di segmen yang dahulunya milik Suzuki ini. Seperti yang kita tahu,Suzuki pernah memasukkan beberapa varian 150ccnya seperti Suzuki FXR150 dan juga Satria F150 yang memakai mesin FXR150. Pada saat itu FXR150 masih berstatus CBU. Karena dirasa terlalu mahal,akhirnya ATPM Suzuki di Indonesia memasukkan motor kebanggaannya saat itu bahkan hingga saat ini,Suzuki Satria F150. Yang lainnya bertarung,Suzuki tetap betah hanya melakukan minor facelift dan perubahan striping. Oh,Why you Suzuki?? We’re waiting for your innovation in this segment! Gixxer maybe??

Last,motor berkubikasi 150cc pun mulai banyak jenisnya. Mulai dari sport,moped,hingga matic sekalipun. Mungkinkah motor 150cc akan menjadi motor “standart” di beberapa tahun kedepan? Jika melihat perkembangannya sih,sepertinya gak menutup kemungkinan brosist. Seiring dengan kebutuhan manusia yang semakin meningkat dan untuk menunjang mobilitas. Tunggu dulu brosist,motor makin banyak dan kencang,jalanannya cukup gak ya?? :mrgreen:. Let the time tell us the truth XD. Oke,artikel ini hanya sebagai opini pribadi penulis,ada yang mau menambahkan? Silahkan dengan senang hati tambahkan komentar membangun di kolom komentar dibawah ya brosist.. Thanks for reading and sharing,wassalamualaikum.

Follow me on..

Whatsapp : 08892377086

Facebook Fanspage : Alki Rahmatullah’s Blog

Facebook : Alki Rahmatullah

Twitter : @alkirahmatullah

Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

See some post related to this Article :

Advertisements

7 thoughts on “Pojok Opini : Motor berkapasitas 150cc menjadikan era baru di ranah permotoran Indonesia?

  1. Pingback: Prediksi Motor-Motor Honda Yang Akan Launching Di Tahun 2016! | Indoride.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s