Hati-Hati,Boncenger Bisa Cedera Lebih Parah Daripada Rider Saat Terjadi Kecelakaan!

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist,salam geber sampai redline!!

Ilustrasi Kecelakaan

Ilustrasi Kecelakaan

Yang punya motor,atau kesehariannya naik motor,pasti gak asing sama kata ‘boncenger’ ya brosist. Dari jaman sekolah sampe kuliah,pasti ada aja temen yang minta diboncengin, misalnya bareng ke suatu tempat untuk menghadiri acara,dan lain-lain. Nah,bagi yang punya pacar pasti juga sering ngalamin di boncengin sama pacarnya naik motor nih! (Yang jomblo ngenes jangan merapat,ntar nangis baca tulisan ini!! XD).

Uhuuyy... XD

Uhuuyy… 😄

Memang asik sih boncengin teman atau pacar,pastinya di motor kita jadi gak sendiri dan mungkin teman atau pacar atau siapapun yang kita boncengi bisa ngajak ngobrol selama perjalanan,jadi perjalanan gak terasa sepi,apalagi kalau tujuannya jauh tuh brosist. Nah,tapi apa brosist tahu,bahwa boncenger berpotensi mengalami cedera yang lebih parah daripada rider saat terjadi sebuah insiden atau kecelakaan??

Begini lebih parah! XD

Begini lebih parah! 😄

Baca juga ya brosist..

Yap,saya juga sebelumnya gak tahu nih brosist. Cuma barusan sekedar iseng-iseng browsing tentang hal ini di mbah Google,tiba-tiba muncul banyak kejadian yang terlihat cukup mengenaskan saat terjadi kecelakaan. Dan…. saya menemukan penjelasan yang cukup creepy,menyeramkan tentang dibonceng naik motor ini brosist. Secara hukum fisika,pasti ada penjelasan yang bisa menjelaskan secara lengkap dan detail terkait hal ini. Namun,karena saya dulu pelajaran Fisikanya pas SMA bobok melulu,jadinya jeblog deh nilainya! 😄 (walaupun akhirnya lulus juga sih) ngah ngah..

Secara mudahnya,mungkin seperti ini penjelasannya brosist. Semua ini ada hubungannnya sama Gravitasi Bumi! Lah,kok jadi gravitasi? Emang mau belajar IPA lagi? Mumet broh! Wkwkwk.. Menurut info yang saya baca-baca sebelumnya,bahwa keadaan boncenger saat diatas motor memang lebih rentan terkena cedera lebih parah dari sang rider,saat terjadi kecelakaan.

Gaya Gravitasi,ditemukan oleh Sir Isaac Newton,masih pada ingat? XD

Gaya Gravitasi,ditemukan oleh Sir Isaac Newton,masih pada ingat? 😄

Sebab,bila menilik sedikit kepada hukum fisika,boncenger tidak sestabil rider saat diatas motor. Apalagi,jika rider tiba-tiba melakukan deselerasi mendadak (semisal tabrakan atau melakukan late braking). Nah,disini ada dua gaya yang berperan,yakni gaya tarik bumi (Gravitasi) dan gerak lurus berubah beraturan (GLBB). Masih ingat pelajaran fisika di SMA tentang GLBB dipercepat dan GLBB diperlambat? 

glbb glbb 2

^GLBB,masih pada ingat?

Gravitasi adalah satu-satunya pengikat pembonceng dan pengendara yang merupakan gaya normal (atau tegak lurus) demi menghasilkan gesekan antara sadel dengan riders. Nah,bisa dibayangin bila GLBBnya lebih besar daripada gaya geseknya,tentu boncenger bakal terlepas dari motor dan terpelanting tuh..

Apesnya lagi,impuls mendadak yang ditimbulkan akibat tabrakan atau kecelakaan itu,setara dengan peluru yang ditembakkan. Akibatnya ya gitu,boncenger terpelanting dan jadi faktor utama kecelakaan jadi lebih fatal..

Lain halnya dengan sang rider yang memiliki ‘refleks’ lebih baik saat berada diatas kemudi. Sang riders posisinya kuat,karena ia memegang stang dan secara psikologis juga lebih waspada. Saat terjadi pengereman mendadak,motor cenderung menukik ke arah depan,tentu perpindahan titik beratnya tidak separah boncenger.. Nah,sering lihat kan kenapa ketika ada kecelakaan pas lagi ngebut,boncenger cenderung lebih sering terpelanting daripada sang riders? (Sumbernya dari sini brosist : https://motorplus.wordpress.com/2007/12/31/kenapa-boncenger-cedera-lebih-parah/)

boncengan

Cara yang benar berboncengan

boncengan 2

Kalo canggung sesama cowok,megang behel motor bisa jadi pilihan

Ah,mumet deh kalo ngomongin pake hukum fisika segala!! XD. Okeh brosist,jadi intinya,brosist harus selalu hati-hati saat membawa boncenger tuh,karena impact yang dirasakan boncenger ketika ‘amit-amit’ terjadi kecelakaan,malah lebih besar dari sang riders! So,yang punya pacar atau istri,lebih baik besok-besok suruh pegangan erat ke ente saat berboncengan ya!! *Note! : Asal jangan pacar atau istri orang yang disuruh pegangan ke ente,malah nanti impact nya lebih parahhh… :mrgreen:.

Kuapokmu kapan? XD *image from Google

Kuapokmu kapan? 😄
*image from Google

Nah,ada baiknya bila brosist selalu dalam keadaan yang sehat dan bugar saat naik motor,terlebih saat membonceng seseorang tuh. Karena,beban baik fisik maupun non fisik yang ditanggung tentu lebih berat daripada berkendara sendiri yaa brosist.. Terus nih,buat para 4l4y yang masih sering boncengan bertiga,gw mau kasihtau aja,boncengan berdua aja plus safety gear bisa tetap bahaya. Lah ini,kadang boncengan bertiga tanpa riding gear,dan bawanya slanang-slonong.. Semoga yang masih suka boncengan bertiga kek gini segera sadar ya! XD.

alay

Last,semoga berguna ya brosist,maaf-maaf kata bila ada kesalahan dalam penulisan maupun tata bahasa. Maklum,bukan lulusan ilmu Safety Riding sih… XD. Okeh,keep safety on the road,respect others and keep riding! :D.

Thanks for reading and sharing,leave some comments below here,and see you on the next article.

Wassalamualaikum.

Written by Alki Rahmatullah

Follow me on..
Whatsapp : 08892377086
Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

Advertisements

About IndoRide.com

Seorang pemuda yang mencintai dan punya passion di dunia Roda 2. Senang menulis dan sharing apa yang saya tahu dan saya alami. This is my ordinary blog, selamat berkunjung di IndoRide.com.
This entry was posted in Kecelakaan, Lakalantas, Motorcycle, Pojok Diskusi, Pojok Opini and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

9 Responses to Hati-Hati,Boncenger Bisa Cedera Lebih Parah Daripada Rider Saat Terjadi Kecelakaan!

  1. prasetyo676 says:

    Pertamax plus..

    Like

  2. otoborn.com says:

    betul… setuju… tapi kalo dibonceng sama om alki pasti aman sampai tujuan. Safety built-in air bag loh
    btw : gaya gerak lurus beraturan (GLBB) = gerak lurus berubah beraturan bukan?

    Like

  3. Pingback: Stop Membully Kondisi Kendaraan Setelah Kecelakaan,Semua Juga Bisa Hancur Saat Tabrakan! | Indoride.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s