Review ASUS Fonepad 7 FE170CG,Tablet Murah Fitur Berlimpah!

ARblog – Assalamualaikum brosist,how’s life? Semoga tetap sehat dan semangat ya..

Yah,lagi-lagi artikel review barang wkwkwk. Akhir-akhir ini sedang malas nulis berita tentang otomotif brosist,entah kenapa mood hilang timbul untuk menulis berita otomotif,padahal ide dan bahan sudah ada.. Yasudah review-review ringan saja deh ya brosist..

ASUS Fonepad 7 FE170CG

ASUS Fonepad 7 FE170CG

Kali ini,saya akan mereview salah satu tablet murmer alias murah meriah buatan ASUS. Pabrikan yang berkonsentrasi di bidang teknologi asal Taiwan ini memang akhir-akhir ini semakin menunjukkan taringnya sebagai brand yang terkemuka di Indonesia. Mengingat ASUS yang sudah lama berkecimpung di Indonesia dengan membuat Motherboard PC serta Laptop. Ketenaran ASUS sebagai brand kelas dunia pun ditunjukkannya dengan mengeluarkan beberapa jenis smartphone beserta Tabletnya di Indonesia sejak beberapa tahun lalu. Keluarga Zenfone,dan Padfone serta Fonepad sukses meraih hati masyarakat di Indonesia. Kesuksesan smartphone serta tablet ASUS ini mencapai kejayaannya pada tahun lalu,2014.

Terlepas dari berbagai masalah yang menerpa marketing ASUS,terlihat kesuksesan dari berbagai produknya semakin meroket. Mungkin,karena masyarakat melihat bahwa ASUS mengeluarkan produknya dengan spesifikasi yang tinggi tetapi dengan harga yang bersaing.

Oiya,back to topic dulu deh :D. Berawal dari orangtua yang meminta saya untuk dicarikan tablet yang kira-kira bagus dan sesuai budget yang minim. Tablet yang dimaksud ini haruslah bisa dikoneksi ke internet (ya iyalah XD),lalu yang paling penting bisa untuk social media dan memainkan mainan-mainan ringan saja untuk adik saya yang berumur 4 tahun. So,saya langsung browsing dan menemukan ASUS Fonepad 7 FE170CG ini sebagai kandidat terkuat..

Gak pakai lama,langsung gabung di group ASUS Fonepad Indonesia di Facebook dan asking-asking barangkali ada yang menjual Fonepad 7 dengan harga miring. Beruntungnya,ada yang langsung menawarkan Fonepadnya dan deal deh dengan harga yang miring.. Alhamdulillah.

So,Fonepad pun sudah di tangan. Gimana impresinya memakai tablet yang memiliki spesifikasi mirip dengan Zenfone 4 ini? Check this out brosist,daripada penasaran :D.

Impresi Pemakaian

Impresi pemakaian,khas tablet ukuran 7 inch lainnya. Lebar,dan tidak bisa dipakai mengetik dengan satu tangan. Detailingnya pun mirip dengan Samsung Galaxy Tab. Bagian muka,hanya ada speaker dan kamera depan dengan resolusi VGA. Bagian samping kanan,ada tombol on/off serta volume. Bagian kiri ada tempat untuk 2 simcard serta tempat untuk micro sd. Bagian atas,hanya ada lubang Jack 3,5 mm untuk earphone serta lubang charger/kabel data/lubang USB OTG . Bagian belakang,terdapat casing yang bertekstur kasar,berguna untuk meredam licin karena mengingat ukuran tab ini yang lumayan besar. Kamera beresolusi 2 MP pun tersemat rapi di casing belakangnya.

4 Cores terbacanya

4 Cores terbacanya

Saat membuka layar,terasa tidak ada lagging yang mengganggu karena mungkin aplikasi belum terisi penuh. RAM 1GB nya lumayan lega terasa. Processor intel yang diusungnya pun membuatnya terasa ringan dioperasikan,karena processor dual core intel Z2520 ini setara dengan 4 core di chipset lain,Hyper-threading ala intel lah yang membuatnya bisa setara dengan processor quad-core tersebut. Nih spesifikasi dari ASUS Fonepad 7 FE170CG :

Spesifikasi Asus Fonepad 7 2014 FE170CG

Dimensi: 192 x 110 x 10.7 mm, berat 290 gram
SIM: Dual micro SIM
Layar:  LCD TFT 7 inch Capacitive Multitouchscreen 1024 x 600 piksel (170 ppi)
CPU: Dual Core 1.2 GHz Intel Atom Z2520, RAM 1 GB, Internal Storage 8 GB, microSD up to 64 GB
OS: Android 4.3 Jelly Bean, akan disediakan upgrade KitKat
Antarmuka: Zen UI
Konektifitas: UMTS DC+HSPA, WCDMA 850/900/1700/1900/2100MHz, Bluetooth, microUSB, WiFi
Kamera: 2 MP + VGA
Baterai: 3950 mAh
Harga : 1.599.000,-

Dari spesifikasi diatas,bisa dilihat bahwa spesifikasi dari Fonepadnini ya bisa dibilang lumayan jozz untuk ukuran tablet dibawah dua juta. Spesifikasinya bahkan bisa disandingkan dengan beberapa tablet merek terkenal dengan harga yang bisa 2 kali lipatnya.

Fitur dan Sistem Operasi

Seperti yang tertera di judul,yaitu Murah dan Berlimpah Fitur. Sebagai manusia yang mencintai barang-barang murah berkualitas :D,saya mengakui kalau ASUS Fonepad 7 ini cukup menyenangkan untuk dipakai sehari-hari. Fitur yang diberikan oleh ASUS seperti beberapa aplikasi Pengingat seperti Do It Later,What’s next,dan Quick Memo,serta beberapa aplikasi lain yang berguna bagi kehidupan sehari-hari menambah asyiknya memakai Fonepad 7. Lalu,fitur yang tak kalah kerennya dari Fonepad ini adalah fitur Smart Savingnya,seperti yang tertanam di Zenfone series. Smart Saving ini memungkinkan kita untuk bisa menghemat baterai secara maksimal. Tercatat ada mode Ultra-Saving mode,yaitu mode yang benar-benar memaksimalkan pemakaian baterai dengan cara mematikan koneksi internet dikala layar mati. lalu Optimized mode,adalah mode yang bisa memperpanjang kapasitas pemakaian baterai tanpa harus mematikan koneksi internet dikala layar mati. Lalu ada Customized mode yang dimaksudkan bagi kita untuk mengatur sendiri aplikasi yang akan dinonaktifkan untuk menghemat baterai.

wpid-screenshot_2015-04-25-16-38-25.jpg

Tahan 3 hari cooyy XD

Splendid

Splendid

Fitur lain yang akan didapatkan di Fonepad 7 ini adalah Splendid. Splendid adalah pengaturan layar dengan berbagai tingkat kecerahan dan warna tertentu untuk layar tersebut. Lalu,di sektor Audio memang ASUS tak main-main. Diberinama SonicMaster,audio pada ASUS Fonepad 7 ini sungguh asik untuk didengarkan baik via speaker maupun via earphone. Rasanya,kualitas suara yang diberikan tidak standar seperti yang diberikan oleh smartphone saya,Smartfren Andromax-I. SonicMaster membuat mendengarkan musik menjadi lebih mantap brosist! Jedag jedug dah pokoknya XD. Ditambah Xiaomi Piston 2 makin ajiibb.. XD.

Apalagi ya? Fiturnya banyak banget brosist,rasanya gak cukup kalau hanya sehari eksplorasinya. Kita lanjut ke kamera aja deh ya. Kamera di ASUS Fonepad 7 ini memang kurang bisa diharapkan brosist. Dengan hanya 2MP dan VGA tanpa flashlight,tidak bisa berharap banyak karena hasilnya cukup buruk untuk kondisi kurang cahaya. Noisenya terlalu banyak. Hal ini bisa diakali mungkin dengan berfoto di keadaan yang terang,atau memakai aplikasi semacam Camera360 dan software edit lainnya. Hal ini tidak disarankan,karena mengandung unsur penipuan dari wajah anda…. XD #skip.

Oke,lanjut aja ya brosist. Sistem Operasinya sendiri sudah Kitkat 4.4.2. Cukup keren memang,karena dengan budget yang minim kita mendapatkan Tablet setara Quadcore dengan performa yang ajib,dan juga OS selalu mendapatkan update. (walau belum jelas bisa update ke Lollipop 5.0 apa tidak). Yang jelas,sudah cukup mantap lah ya dengan harga barunya yang hanya 1.599.000,- ini.

Sudah KitKat..

Sudah KitKat..

Sudah KitKat..

Sudah KitKat..

Penggunaan aplikasi social media semacam Twitter,Instagram,Path,BBM,Whatsapp dan kawan-kawannya pun terasa tidak terlalu memberatkan ram. Perpindahannya terasa cukup smooth,tidak ada lag yang berarti. Cukup lah untuk selalu update dengan beberapa socmed yang sedang in tersebut.. Mengetik lewat WordPress pun tidak ada gejala lag seperti yang dialami saat memakai Andromax-i. Membuka Youtube,juga lancar dengan menggunakan wi-fi. Play movie dengan resolusi HD 720P juga tidak ada lag yang berarti. Ya,intel bekerja cukup baik untuk membagi kapasitas ram. Apa mungkin karena masih belum terlalu penuh aplikasinya? Entahlah.. Lagi-lagi,masih terlalu dini untuk menyimpulkan.. #hayah XD.

Pros & Cons..

Pros : Untuk harga yang bisa dibilang sangatlah kompetitif untuk ukuran Tablet 7 inch,saya rasa spesifikasi yang diberikan bahkan melebihi tablet berspesifikasi sejenis dari merek lain. Aplikasi social media yang memang menjadi peruntukannya pun dilibas secara ringan oleh Fonepad 7 ini. Berbagai fitur kelas atas yang disematkan di tablet murmer ini makin membuatnya menyenangkan dan worth untuk dimiliki. Processor intelnya yang setara dengan processor quadcore merek lain pun terasa cukup mantap untuk dipakai sehari-hari. Oiya,tak lupa,baterainya yang berukuran 3960 mAh ini sangat irit untuk dipakai browsing dan social media. Bahkan,Fonepad saya ini sudah bertahan 3 hari lebih dan masih tersisa 56% dari pemilik lamanya (entah bagaimana caranya,yang pasti memang irit kok baterainya).

Cons : Sesuai harga,kamera yang jadi korbannya. Kamera Fonepad 7 FE170CG dianggap kurang mumpuni untuk tablet sekelasnya. Resolusi layarnya yang hanya 1024 x 600 pun terasa kurang rapat,dan layar tanpa IPS membuatnya agak sulit dilihat saat di luar ruangan. Apalagi ya? Saya belum menemukan kekurangannya lagi.. nanti diupdate setelah ketemu ya brosist.

Verdict

Overall,cukup puas dengan performa tablet murmer yang satu ini. Tadinya gak terlalu berharap banyak dengan performanya,malah performanya yang cukup membuat saya terkesan. Ya memang dengan harga segitu agak susah mencari tablet dengan spesifikasi yang mantap. Tetapi,ASUS menjawab semuanya.. Dengan Fonepad 7 ini. Oke,kalau ada yang kurang silahkan ditambahkan ya brosist,semoga bisa menjadi referensi yang baik :D. Thanks for reading and sharing,please comment below,and see you on the next article.

Wassalamualaikum.

See the post related to this article :

Advertisements

About IndoRide.com

Seorang pemuda yang mencintai dan punya passion di dunia Roda 2. Senang menulis dan sharing apa yang saya tahu dan saya alami. This is my ordinary blog, selamat berkunjung di IndoRide.com.
This entry was posted in Review, Review Gadget and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

8 Responses to Review ASUS Fonepad 7 FE170CG,Tablet Murah Fitur Berlimpah!

  1. warungasep says:

    oh ini toh hp yg buat bayinya mas Alki?? hehehe

    Like

  2. wtf170 says:

    kalo d pake dgn banyak aplikasi sekaligus..tu hp bisa buat nyetrika baju…

    Like

  3. jtxmisc says:

    termakasih infonya, sangat bermanfaat , artikel menarik

    Like

  4. Pingback: Review : Long Term Use Asus Zenfone 5,Cocok Buat Nemenin Hari-harimu!! | Alki Rahmatullah's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s