Cara Mengembalikan Data Yang Hilang Atau Terhapus Dengan Software Recuva

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist.. Selamat pagi dan selamat hari Jum’at.

Ceritanya pada hari Selasa lalu,tiba-tiba memory hp tidak terbaca sebagian. Terbukti pas buka Gallery hp,biasanya folder foto Camera ada 1000 lebih,namun saat itu yang tersisa hanya 300an saja. Sontak saya merasa cukup panik,karena memori tersebut belum sempat saya backup di komputer,dan saya sadar,momen-momen di foto tersebut akan susah terulang kembali.

Makanya saya agak panik dan juga cukup sedih,karena hampir segala cara sudah saya coba. Seperti melakukan scanning pada aplikasi antivirus Smadav,yang biasanya berlaku kalau ada virus yang menutupi. Namun,kali ini Smadav pun tak berhasil mengembalikan file-file saya yang sudah hilang.

Lalu,saya pun mencoba mencari cara di Internet,bagaimana caranya mengembalikan data-data yang pernah hilang terkena virus,terhapus,atau bahkan data-data yang memang sudah dihapus. Apakah bisa? Jawabannya bisa brosist.

Dari sekian banyak software yang tersedia seperti iCare data recovery,Zero assumption Recovery,Recuva,dan masih banyak lagi software lainnya yang sejenis,akhirnya saya memilih iCare data Recovery dan Recuva.

recuva gambar

Logo Recuva

Mencoba mengembalikan data menggunakan iCare data recovery ternyata cukup lama brosist,menghabiskan waktu sekitar 5 jam lebih,itupun hasilnya NIHIL alias tidak dapat selamat. Akhirnya opsi terakhir pun jatuh kepada Recuva.

Sudah harap-harap cemas (lebih ke pasrah sih),akhirnya mencoba cara terakhir ini. Tadinya sudah berfikir untuk mengikhlaskan semua momen-momen di hape tersebut,namun rasanya sayang sekali. Cari-cari installan Recuva di internet (gak ngerti belinya,akhirnya download aja,maaf ya developer :v),akhirnya nemu. Langsung install di ‘laptop perang’ saya,dan Recuva pun siap digunakan untuk mengembalikan data.

Cara menggunakannya begini nih brosist…

Pertama,jalankan aplikasi Recuva,lalu klik tombol Next.

recuva 1

Setelah itu,pilih jenis file yang mau di recover. Kalau hilang semuanya,direkomendasikan pilih All Files.

recuva 2

Pilih drive/lokasi file yang mau di recover. Klik tombol  Browse untuk memilih drive/folder. Kemudian klik tombol  Next

recuva 3

Centang opsi Enable Deep Scan,supaya Recuva bisa lebih maksimal mencari file yang telah hilang tersebut. Lalu klik Start.

recuva

^Gambar nyomot dari ; it-troubleshoot.blogspot.co.id

Saat proses pencarian,usahakan untuk tidak menggunakan laptop untuk keperluan yang cukup berat dan memakan memory. Karena dikhawatirkan bisa mengacaukan proses pencarian tuh brosist. Proses ini cukup lama,tergantung seberapa banyak file yang terdeteksi.

recuva 2

Setelah proses pencarian selesai,kira-kira seperti inilah file-file yang berhasil ditemukan. Disini bisa keliatan nama file dan statusnya. Contohnya,Warna hijau(Excellent) : file kemungkinan besar bisa di recover. Warna kuning(Poor/Very Poor) : file kemungkinan kecil bisa direcover. Warna merah (Unrecoverable) : file mustahil bisa di recover.

recuva 3

Setelah dicentang file-file yang ingin dikembalikan,langsung klik tombol Recover di pojok kanan bawah. Pilih tujuan folder untuk disimpan,dan tunggu hingga proses selesai.

recuva 4

Contohnya nih kayak gini

recuva 5

Pilih dimana mau disimpan

Alhamdulillah,momen-momen saya bersama keluarga pada lebaran kemarin dan momen-momen berharga lainnya,akhirnya bisa terselamatkan.

Pelajaran berharga nih brosist! Jangan pernah lupa untuk melakukan backup files/foto!! Karena sekalinya hilang atau terkena virus,peluangnya cukup kecil untuk bisa kembali lagi! Makanya,jangan sampe kejadian yaa.. Semoga saran saya kali ini bisa membantu untuk mengembalikan file-file brosist yang tak sengaja terhapus ataupun hilang terkena virus.

*nb : Saat mengalami kehilangan data/terkena virus,usahakan untuk tidak memakai memory tersebut,karena dikhawatirkan file-file yang terkena virus itu terpendam dengan file lainnya,yang mengakibatkan aplikasi pencari seperti ini susah untuk menjangkaunya. 😀

Thanks for reading and sharing,leave some comments below here,and see you on the next article.

Wassalamualaikum.

Written by Alki Rahmatullah

Follow me on..
Whatsapp : 08892377086
Facebook Fanspage : Alki Rahmatullah’s Blog
Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

 

Advertisements

About IndoRide.com

Seorang pemuda yang mencintai dan punya passion di dunia Roda 2. Senang menulis dan sharing apa yang saya tahu dan saya alami. This is my ordinary blog, selamat berkunjung di IndoRide.com.
This entry was posted in Gadget, Review, Review Gadget, Tak Berkategori and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

4 Responses to Cara Mengembalikan Data Yang Hilang Atau Terhapus Dengan Software Recuva

  1. iimvixby says:

    Info Bermanfaat
    Blog baru ya bro?

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s