Review Aplikasi Kampas Kopling Scorpio Di Yamaha Byson ; Salah-Salah Bisa Berabe!

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist,salam geber sampai redline!!

dealer yang ini nih...
dealer yang ini nih…

Ceritanya hari Sabtu tanggal 23 Juli lalu,saya main-main ke salah satu dealer besar Yamaha di kota Depok. Dengan maksud untuk mencari Kampas Kopling Yamaha Scorpio yang berkode 5BP,nampaknya sih sama dengan kode kamkop Yamaha Byson yang dijual dengan harga yang lumayan mahal untuk 5pcsnya. Sedangkan untuk kamkop Yamaha Scorpio ini dijual dengan kisaran harga 25ribuan per pcsnya,atau 126 ribu per set. Murah kan? Lumayan lah.

Sebelumnya udah cari-cari ke dealer Yamaha juga deket rumah. Kamkop Pio dijual dengan harga 145 ribu,alias dengan harga eceran tertinggi,serta biaya pasang yang cukup menguras kantong,65 ribu rupiah untuk pemasangan kamkop. Gile bener pikir saya. Akhirnya balik lagi ke salah satu dealer Yamaha yang cukup besar ini. Dengan ongkos pasang 30 ribu,akhirnya saya setuju,dengan total 156 ribu rupiah untuk penggantian kampas kopling.

Nih barangnya
Nih barangnya

Antrian bengkel di hari Sabtu pagi memang sungguh memuakkan. Kayaknya di semua jasa pelayanan emang kayak gini ya kalau sabtu? Ramai,dan semuanya terasa tergesa-gesa. Saya tahu pasti hasilnya gak akan memuaskan kalau sesuatu dikerjakan tergesa-gesa gini. Akhirnya saya memutuskan untuk melakukan booking dulu,dan balik lagi agak sorean.

Masuk R Pit.. wkkwkwk
Masuk R Pit.. wkkwkwk

Dapet antrian dan langsung masuk di jam 14.00. Ga pake antri lagi karena saya tinggal pulang.. wkwk. Si Kebo pun langsung masuk R Pit,karena R Pitnya lagi kosong.. Yang ada diisi aja kata masnya.. wkwkwk.

Oli dikosongkan,bak mesin bagian kanan pun dibuka. Satu persatu baut dikendurkan dan dikeluarkan dari rumahnya. Setelah terbuka,nampak rumah kopling dan juga part-part lainnya didalam situ terlihat sangat bersih. Heran saya,apa ini efek Oli Sesat yang biasa saya pakai? Entahlah..

Tanpa jelaga.. heran saya
Tanpa jelaga.. heran saya

Lanjut,kamkop yang dibutuhkan untuk Yamaha Byson adalah 4 buah saja brosist. So ada sisa 1 buah yang gak digunakan,bisa kita tabung buat penggantian kamkop nantinya.. Sebenarnya untuk kebo dibawah tahun 2012,alias yang pakai blok mesin warna abuabu,bisa pakai 5 kampas kopling secara langsung,karena ruangannya muat. Tapi karena si kebo bule ini taun 2012,jadinya gak bisa deh.

Pas selesai,ada masalah lagi.. Gasket atau pakingnya sudah bolong,jadi gak bisa dipasang lagi. Dan parahnya lagi,paking buat Byson sama sekali gak tersedia disana. Walahh.. Padahal nih motor gak jadul-jadul amat ya. Akhirnya nyari ke bengkel biasa dan nemu,langsung beli dan pasang..

Mesin dinyalakan dan ditest oleh sang mekanik. Ga sabar langsung saya bayar dan tongkrongin nih motor buat ditest.

Impresi 

Impresinya,tenaga jadi terasa ngisi lagi. Setelah sebelumnya perpindahan antar gear terasa kosong dan loyo,sekarang mulai terasa ngisi lagi brosist. Dan terasa juga lumayan nyentak saat pindah transmisi. Mantap deh pokoknya,dan PNP lagi. Review-review para penunggang kebo diluar sana ternyata gak bohong ya hehe..

Proses penggantian stang akibat crash.. Jangan ditiruu! Keep safety first
Proses penggantian stang akibat crash.. Jangan ditiruu! Keep safety first

Next time mungkin akan saya aplikasikan juga per kopling tiger supaya tenaga jd berasa tambah ngisi. Ya tapi bener bener gak boleh lengah nih brosist,soalnya bisa berabe banget.. Nantinya kalau tenaga motor enak jadi bikin kita keenakan dan lengah,jadilah ndlosor seperti saya kemarin.. Untung jalanan relatif lengang dan gak nabrak apa-apa. Jadi jatoh konyol aja.. Jangan ditiru yaa.. XD.

Last,semoga berguna bagi para penunggang kebo diluar sana yang merasa motornya sudah kurang tenaganya. Selain kampas kopling,mungkin bisa jadi kondisi mesin,kondisi pengapian,atau part lainnya yang bikin tenaga loyo. Ya seenggaknya satu masalah sudah terselesaikan deh ya.. Kamkop Pio buat Byson? Pilihan terbaik menurut saya..

Kamkop pio? pilihan terbaik...
Kamkop pio? pilihan terbaik…

Thanks for reading and sharing,please leave your comment below here,and see you on the next article.

Wassalamualaikum.

Written by Alki Rahmatullah

Follow me on..

Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

13 thoughts on “Review Aplikasi Kampas Kopling Scorpio Di Yamaha Byson ; Salah-Salah Bisa Berabe!”

Leave a Comment