Bisakah Lampu Bulat dan Speedometer Honda CB150 Verza Dipasang di Verza Lama? Ini Jawabannya!

Headlamp CB150 Verza, cantik! Bisa ga dipasang di versi old?

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist!

Saya punya verza lama, pengen pakai speedometer dan headlamp bulatnya, bisa gak kang? Ini jawabannya!

 

Pagi-pagi enaknya ngopi, sambil baca-baca artikel ya brosist. Buat yang lagi otw ke kantor atau ke sekolak menuntut ilmu, hati-hati semoga selamat sampai tujuan. Nah, pagi ini saya mau ulas sedikit tentang Honda CB150 Verza 2018 yang baru saja dilaunching Selasa 20 Februari lalu. Bertepatan dengan hadirnya Marquez serta Pedrosa di Indonesia! Woww.. Honda CB150 Verza hadir untuk meneruskan perjuangan Honda Verza 150 yang telah hadir sejak tahun 2013 lalu, tentunya masih di segment yang sama yakni sport naked entry level.

Favorit nih

Hadir sebagai sport entry level, Honda CB150 Verza dihadirkan untuk meneruskan Verza 150 yang sudah terkenal sebagai motor para pekerja yang punya mobilitas tinggi, tapi tetap ingin tampil kece dan macho. Gak heran, Verza laris pada masanya, dengan mesin 150cc 2 valve non-radiator dan injeksi, penjualannya bisa dibilang cukup moncer. Saya sendiri sudah pernah ngetes Verza di awal peluncurannya, dan memang Verza punya banyak keunggulan seperti mesin yang responsif dan bensin yang uirittt tenan!

Baca juga :

Nah bro, kali ini saya gak akan bahas mesin, keiritan, handling, apalagi soal strategi penjualan Verza yang pakai nama CB ini. Bakal saya bahas di artikel terpisah tentang Review CB150 Verza. Kali ini saya mau bahas soal ngakalin, modif, dan nyocok-nyocokin part! Haha.. Seperti biasa, adanya motor baru penerus yang lama, dan terlebih motor ini terlihat identik, pastinya bikin brosist penasaran, apakah part-part baru tersebut bisa ditempelin ke unit yang lama?? “Secara rangka, strukturnya kan pasti sama!” Ujarnya.. Nah, yang bener gimana nih? Kira-kira bisa gak itu lampu bulat yang kece, speedometer full digital yang simple dan futuristik nempel di Verza lama? Berikut jawabannya..

Honda CB150 Verza 2018,mendapat penyegaran

Soal Headlamp? 

Headlamp CB150 Verza, cantik! Bisa ga dipasang di versi old?

Kebetulan saat acara presscon di JIExpo lalu, ada om Irfan TGB, kawan blogger asal Batam yang nanya perihal ini bro, karena kebetulan beliau juga punya Verza old. Pertanyaan tentang pemasangan headlamp tersebut dijawab oleh bapak Endro Sutarno selaku Technical Service Division PT. AHM. Untuk merubah headlamp bisa dilakukan tetapi banyak penyesuaian. Alias, gak PNP. Berikut cuplikan obrolannya bro..

“Memang perlu sekali banyak komponen-komponen yang harus diganti. Sebagai contoh, Untuk bracket lampu sendiri itu beda dengan yang sebelumnya. Kemudian saklar starter dan saklar sign-nya yang kanan kiri itu panjang kabelnya beda sampai 6 cm. Jadi kalau memang mau dipaksain harus nyambung-nyambung. Kemudian soket-soket yang ada didalammnya juga beda. Jadi banyak sekali yang harus dimodif ya kalau memang kalau kita mau memaksakan untuk menggantinya.” kata Pak Endro Sutarno.

Soal Speedometer? 

Speedometernya digital dan minimalis, sayangnya buat pasang di versi oldnya gak bisa!

Nah, ketika ditanya soal speedometer, pak Endro tegas menjawab tidak bisa. Karena dijelaskan pada Verza generasi sebelumnya, sensor speedometer ada di roda depan. Sedangkan, di versi CB150 Verza ini sensor sudah dipindah ke mesin untuk keakuratan dan keawetan yang lebih tuh brosist. Jadi, sepertinya sulit mau ngakalinnya juga ya bro. Bisa dipasang, namun bisa jadi speedometer gak akan berfungsi! Yaah..

“Speedometer-nya ini input data-nya dari engine. Kalau yang sebelumnya dari roda, Sekarang dari engine. Otomatis tidak bisa. Jadi tidak bisa. Nanti dipasang bisa tapi tidak berfungsi. Jadi input datanya dari engine kalau yang sebelumnya dari roda” ujar Pak Endro menutup pertanyaan om Irfan.

Nah, udah jelas kan brosist, ternyata cukup banyak ubahan yang perlu dilakukan untuk Verza lama agar bisa tampil selayaknya CB150 Verza. Untuk sektor Headlamp, bisa dilakukan karena tinggal ganti bracket, namun penyesuaian akan tetap ada. Kalau speedometer? Kudu bener-bener kreatif buat mindah sensor roda ke mesin, dan mungkin bakal cukup mahal ya bro! Hmm, kayaknya lebih baik beli lagi deh. Hahhaa..

Baca juga :

 

Honda CB150 Verza 2018 warna Silver “Macho Silver” kesukaan saya

Semoga berguna!

Jangan lupa follow media sosial saya lainnya untuk bersilaturahmi..

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com

Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

Baca juga berita menarik lainnya bro..

.<

Advertisements

8 Comments

  1. Min, Ane awam. Mau nanya, ini kebalikannya dari postingan admin. Ferza baru kan lampu depannya bulat, apa bisa di modif jadi seperti verza lama yang model lampu depannyanya ada covernya ?
    Kalo bisa apakah juga diperlukan banyak modifikasi ?

    • seharusnya bisa masbro. Beli bracket lampu dan seperangkat lampu dan visornya untuk diapsang di new CB verza. paling nanti penyesuaian dikit di dudukan speedonya pakai punya yg baru bro.

1 Trackback / Pingback

  1. Modifikasi Honda Vario 110 Old Pakai Speedometer Vario 150, Asli KEREN Banget! - IndoRide.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*