Modifikasi Honda CB150R Old Menjadi Honda CB150R Facelift 2018? Berikut Ubahannya!

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!

Brosist, PT. Astra Honda Motor telah resmi memperkenalkan versi Refreshment alias penyegaran dari Honda CB150R 2018 pada hari Jumat, 13 Juli 2018 lalu. Pada versi penyegarannya ini bisa dibilang gak terlalu banyak yang berubah, karena bisa brosist lihat dari artikel sebelumnya, ubahan yang ada pada Honda CB150R Terbaru 2018 ini hanya minor saja. AHM ingin tetap mempertahankan desain dari CB150R V2 2015 yang sampai kini masih terlihat modern dan dinamis tuh brosist. Alhasil, hanya beberapa bagian saja yang diubah AHM, plus beberapa improvement yang membuat CB150R terbaru ini makin asik jadi kendaraan harian yang stylish! Nah berikut ini artikel Modifikasi Honda CB150R Old menjadi Honda CB150R Facelift 2018! 

Honda CB150R Facelift 2018

Baca juga :

Jika di versi sebelumnya tampilannya sudah gagah dan serba tajam, kali ini AHM memberikan update dengan sedikit sentuhan yang mengesankan motor ini semakin tajam dan sempurna untuk dipakai harian. Brosist bisa lihat ubahan simple yang ada pada shroud yang kini makin tajam dan sleek desainnya, lalu pada bagian body belakang alias buntut, diberikan semacam bolongan yang terkesan aerodinamis, serta ubahan pada footstep boncenger yang kini menjadi model aluminium, bukan model pipa seperti versi sebelumnya.

Line upnya.. ubahan gak begitu banyak!

Ubahan juga ada di segi ergonomi, dimana stang menjadi lebih tinggi dan lebih lebar sekitar 20mm, ya gak akan kerasa banget sih, tapi cukup membantu memberikan kenyamanan yang lebih dibanding versi sebelumnya, klaim dari AHM sih gitu brosist. Pasti brosist banyak yang tanya, ubahan minimal gini, kira-kira bisa gak sih Modif Old CB150R jadi Honda New CB150R 2018? Jawabannya… bisa banget! Tapi…

Nah, ada tapinya brosist. Gak semuanya bisa ternyata, berikut ini part-oart yang kudu diubah kalo Old CB150R (khusus versi 2) mau jadi CB150R 2018 versi 3! Cekidot!

1. Shroud, body samping, dan body belakang.

shroud kudu ganti!

Nah, seperti yang udah saya bilang sebelumnya, ubahan tentunya ada di bagian shroud yang kini makin dinamis dan terlihat lebih ramping. Penggantian shroud kabarnya bisa pnp tinggal pasang tanpa harus ubah dudukan. Tapi… tentunya body samping dan body belakang yang versi 2 harus dilengserkan juga brosist! Karena sistemnya nyambung dari depan hingga belakang.. Nah, jadi brosist harus lengserkan semua body kecuali tangki tuh, walau terlihat sama tapi ternyata harus bongkar semua yak hehe..

Harga memang belum keluar, tapi menurut info satu set body CB150R terbaru ini tanpa tangki harganya sekitar Rp 1,7 jutaan brosist. Lumayan juga ya.. Tapi enaknya sudah PNP, tanpa perlu modif dudukan lagi. Oalahh…

2. Undercowl/engine cover

Nah, undercowl ini terlihat lebih ramping juga bukan? Karena memang desainnya diubah dari versi sebelumnya. Untuk undercowl ini kabar baiknya bisa langsung dipasang di dudukan bagian bawah mesin CB150R V2, tanpa harus ribet-ribet ubah lagi! Nah tinggal beli aja deh…

3. Cakram depan-belakang model baru!

Nah, untuk bagian pengereman ini totally the same brosist! Tanpa ada ubahan sama sekali di bagian dudukan di velgnya. Yang berbeda cakram wavy disk ini tentunya sudah lebih baik dalam meminimalisir panas. Jadi, kalo CB150R V2 mau ganti jadi wavy disk, bisa banget! Tinggal beli sepaket depan belakang, dan ganti deh. PnP!

4. Footstep boncenger

Soal footstep ini, memang jadi yang paling sulit, karena gak bisa langsung diganti, bahkan menurut penjelasan dari tim AHM part ini gak bisa dicangkokin ke CB150R V2. Dikarenakan… konstruksi rangkanya beda. CB150R V2 2015 punya footstep yang nyatu dengan rangka. Sedangkan CB150R Facelift 2018 punya footstep aluminium yang dibaut ke rangka. Pun kalau mau nekat, harus dipotong dan dibaut ulang. Bisa, tapi agak bahaya dan gak direkomendasikan nih brosist… Its up to you!

5. Tuas Pass Beam

Yang ini juga jadi kelebihan CB150R Versi 2018 nih brosist. Sebab, fitur ini adalah fitur yang ditunggu-tunggu di Sport Honda sejak dulu. Akhirnya dipasang juga di CB150R versi 2018. Namun… brosis nampaknya harus sedikit putar otak karena menurut penuturan team AHM, tuas pass beam ini gak serta merta bisa dipasang di CB150R versi sebelumnya. Dikhawatirkan jika asal pasang, nantinya akan mempengaruhi kelistrikan karena part ini tentunya ada campurtangannya dengan kelistrikan terutama lampu. Pastinya berbeda juga sistem yang ada. Wah…. Serahkan ke ahlinya deh, kalo brosist kenal sama tukang oprek listrik, bisa dicoba dengan resiko masing-masing!

Inget, garansi kelistrikan mesti ilang nih hehe…

baca juga :

6. Stang

Menurut penjelasan tim AHM saat press conference, Stang Honda CB150R Facelift ini lebih tinggi sekitar 7mm dan lebih lebar sekitar 20mm. Menurut saya sendiri ini gak terlalu ngaruh ke ergonomi, terlebih buat saya yang tingginya 180cm lebih. Tapi pada dasarnya sih bisa dipasang nih stang CB150R terbaru ini ke CB150R versi sebelumnya. Beda beda beberapa mm mah eces lah, rasanya kabel gas dan kabel kopling juga masih cukup tuh.. hehee.. Ya kalau gak muat paling tinggal beli kabel gas dan kabel kopling punya CB150R terbaru!

Nah brosist, 6 bagian itu yang kira-kira bisa brosist pertimbangkan untuk diganti. Yang sangat mudah diganti sih dari segi body, cowl dan juga stang ya. Gak lupa cakram wavy disk juga jadi calon part buruan nih bagi pengguna CB150R old V2… Hmm, langsung dah dilist dari sekarang kalo mau ubah! Atau sekalian ganti aja? hehehe…

Semoga berguna!

Jangan lupa follow media sosial IndoRide.com ya brosist…

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

  .<

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*