Tiga Motor Sport Fairing Jepang 250cc Yang Ditiru Pabrikan Cina, Lebih Keren Mana? Awas Ketipu!

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!

Ninja 250FI warna biru keren banget… eh tapi.. tunggu dulu! Adayang aneh…

Ngomongin masalah tiru meniru nampaknya sudah hal yang sangat lumrah terjadi di zaman ini, zaman dimana perputaran informasi begitu cepat bergulir. Banyak juga netizen pecinta otomotif yang suka berpendapat.. “ah motor itu mah niru motor anu, gak kreatif!”, padahal mungkin desainnya memang hampir sama, namun pastinya ada perbedaan karena tiap pabrikan punya karakter tersendiri dalam mendesain motornya. Kalau yang satu ini sih, brosist bisa geleng-geleng kepala, karena dibuat sangat mirip bahkan bisa dibilang dikloning dari motor yang sudah ada! Wedyann, apaan nih?

Di kala masyarakat Indonesia yang banyak mengkampanyekan “anti palsu” atau “anti pembajakan” di media sosial, di negara Tiongkok nampaknya praktik ini terasa sangat lumrah. Kita tahu bahwa banyak barang-barang “KaWe” atau replika yang dibuat di negeri tirai bambu tersebut. Gak ragu-ragu, terkadang mereka menjiplaknya 100% mirip aslinya! Walau banyak juga sih pabrikan asal Cina yang inovatif, termasuk hape yang saya pake mengetik ini wkwk.. Ternyata ada nih bro, motor sport fairing 250cc Jepang yang ditiru pabrikan motor di Cina! Gak main-main, nirunya bener-bener miriipp! Walaahh..

Baca juga :

Tergelitik juga ketika melihat ada sebuah posts di FB yang menyertakan foto dimana ada motor sport 250cc yang lagi tenar banget, dibikin versi KWnya, dan ternyata hasilnya lucu banget! 😆 . Karena mungkin mereka gak bisa bikin detailnya ya.. Oke langsung aja dah, daripada lama-lama, saya udah nyari Tiga Motor sport fairing Jepang 250cc yang ditiru pabrikan Cina! Dan hasilnya mengejutkan… Gak percaya? Intip nih satu satu bro!

  1. Kawasaki Ninja 250FI KW, Kengo R350!
Ternyata…

Di beberapa negara, Kawasaki Ninja 250FI bisa dibilang cukup sukses dari segi penjualan brosist. Motor ini dicintai oleh para penggemarnya karena punya desain yang keren, mengalir, dan mesinnya pun powerfull pada masanya. Salah satunya di Indonesia, dimana penjualan sang Ninja bahkan masih sulit ditumbangkan oleh para kompetitor yang punya spek dan fitur lebih tinggi.. Pamor Ninja 250FI yang tersohor, serta penjualannya yang sukses di berbagai negara membuat banyak pabrikan otomotif lokal China mencoba membuat replikanya, namun yang paling mirip adalah Kengo R350 ini bro!

Baca juga :

Lihat baik-baik gambar diatas deh, brosist bisa dapati sang Kawasaki Ninja 250FI asli di foto tersebut, nyatanya sosok tersebut adalah Kengo R350. Lihat saja knalpotnya, bodynya, garis desain fairingnya, spakbornya, hingga bentuk tangkinya! Mirip bener dah.. Hanya velg yang terlihat berbeda nih.

Ninja 250FI warna biru keren banget… eh tapi.. tunggu dulu! Adayang aneh…

Nyatanya, soal spesifikasi Kengo R350 ini bisa dibilang gak sepadan dengan Ninja 250FI. Walau menggunakan mesin 350cc, namun konfigurasi mesinnya hanya 2 silinder 2 Valve SOHC 350cc radiator. Output powernya sendiri bahkan bisa dibilang kecil untuk motor 350cc fairing, 23,5 hp di @8.000rpm saja! Sedangkan torsi maksimalnya 25NM.. Hadeehh!

2. Yamaha R25 KW, XGJAO XGJ350!

Yamaha R25? Is that you???

Setelah sebelumnya Ninja 250FI dikloning tanpa ampun, nampaknya Yamaha R25 juga kena getahnya. Sebagai motor yang sukses di ekspor ke berbagai negara dari Indonesia, membuat pamor Yamaha R25 atau R3 di luar negeri cukup terkenal nih brosist. Desain keren dan merk “Yamaha” membuat motor ini mudah diterima oleh para pecinta sport. Namun brosist bisa lihat yang satu ini, sekilas sih brosist gak bakal duga kalau ini bukan Yamaha R25 asli, melainkan kw annya atau R25 Palsu! Lhoo, motor apaan nih?

Ternyata XGJAO…

Yap, ini dia XGJAO XGJ350! Nama yang super asing di telinga, maklum biasa denger pabrikan motor yang mudah dilafalkan saja.. XGJAO berhasil mengcopycat Yamaha R25 atau R3 menjadi sangat mirip, dan bisa dibilang sulit dibedakan dengan R25 asli! Namun jika brosist teliti, ada beberapa perbedaan seperti airscoop pada fairing, lampu LED Projector dan sudah ada angel eyesnya (malah lebih cakep dari aslinya yak), dan juga knalpot yang mirip dengan punya Z1000 Sugomi. Wow..

Soal mesin, lagi-lagi menggunakan mesin cc besar, bahkan lebih besar dari Yamaha R25 dan R3 itu sendiri! Sudah bisa diduga, tenaganya bahkan gak ada se kukunya R25! XGJAO XGJ350 menggunakan mesin 320cc berpendingin cairan dengan Power 17.00 kW ( 22,7 HP ) @ 8500rpm dan Torsi 22 N.m @ 6500 rpm.. Hmm, terbukti ya, secakep apapun rupanya, bakal susah ngalahin “isi hati” yang asli! Wkwkwk..

3. Honda CBR250RR KW, Feely Phantom 450!

Nah ini yang paling bikin saya terkekeh pas lihat-lihat galeri fotonya.. Kok bisa yak motor yang baru setahun lebih dilahirkan secara massal, terus ada yang langsung niru plek desainnya wkwkwk.. Ini dia bro, Feely Phantom 450 alias Honda CBR250RR KW super! Secara kasat mata, desain dari Feely Phantom yang baru resmi rilis Maret 2018 ini memang mirip banget dengan CBR250RR. Bisa brosist lihat dari segi fairing, headlamp, hingga bagian buritan identik dengan sang sport 250cc Honda tersebut.

Ini bukan CBR250RR! Ini Feely Phantom 450…

Namun tetap saja, Honda CBR250RR yang punya part serta body cantik dan presisi ini nampaknya sangat sulit ditiru oleh Feely Phantom. Terlihat di beberapa sisi sangat berbeda dengan CBR250RR. Lihat saja mulai dari suspensi Upside Downnya yang terlihat sangat dangak, velg yang berbeda, hingga knalpot yang hanya satu dan sebesar gedebong pisang. Begitu juga dengan speedometernya yang terlihat sangat biasa, perpaduan analog dan digital, serta stang belum underyoke.. Nampaknya sulit ditiru nih part-part eksotis dari si CBR250RR.

Soal mesin, Feely Phantom mengusung mesin 450cc 2 silinder bertenaga puncak 30 HP pada 7.000 rpm, dan torsi puncak berada diangka 33,5 Nm. Lagi-lagi jauh dibawah CBR250RR yang bisa mencapai tenaga puncak 38HP padahal cuma 250cc mesinnya. Maklum, lagi-lagi ngomongin bagian part mesin ini, CBR250RR punya mesin yang presisi dan sangat efisien.

Baca juga :

Nah, itulah dia tiga sport fairing 250cc jepang yang ditiru oleh pabrikan Cina. Tenarnya pamor tiga sport fairing tersebut di Indonesia dan negara lainnya di dunia membuat para pabrikan lokal Cina tergiur untuk meniru desainnya. Namun, pastinya produk KW gak akan semenarik produk aslinya yaa brosist. Ada aja yang kurang pasti deh.. Namun masih lebih bagus lah mereka berani pakai merk sendiri, daripada udah jiplak bentuk ehhh merknya dijiplak juga.. Maluuu! :p.

Oke bro, semoga berguna, dan jangan lupa komentar yaa!

Semoga Berguna!

Jangan lupa follow media sosial saya lainnya untuk bersilaturahmi..

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com

Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

Baca juga berita menarik lainnya bro..

.<

 

 

 

Advertisements

1 Comment

1 Trackback / Pingback

  1. Feely Phantom 450 Resmi Rilis di Cina, Akhirnya Ada Honda CBR250RR Versi KW! Stripingnya Mirip - IndoRide.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*