Yamaha Byson FI Cuma Laku 2 Unit Januari 2018, Mending Suntik Mati Atau Rombak Ulang!

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist…

Yamaha Byson FI 2017, hidup segan, mati juga gak mau..

Kesedihan cukup terasa bagi saya yang juga penunggang motor gagah yang fenomenal di masanya. Motor 150cc gagah ini buatan Yamaha, yang memang menjadi sorotan di awal kedatangannya ke Indonesia. Gimana enggak? Motor yang sering dicaci karena dianggap gak ada tenaganya ini, menjadi pelopor bagi motor lokal untuk menciptakan trend baru di kelas 150cc, dengan velg lebar, desain yang muscular, headlamp gagah meruncing, serta shockbreker depan setara ukuran moge.. Coba, di tahun 2010, adakah motor lokal yang menyamainya? Ya, si Gagah yang mulai terlupakan ini adalah Yamaha Byson

Ini Byson Karbu.. Masih tetap terlihat gagah di 2018

Izinkan saya bercerita sedikit… Di awal kemunculannya tahun 2010 lalu, saya sudah mengincar motor ini karena dianggap cocok banget sama badan saya yang besar dan tinggi. Naik Byson, dijamin lebih keren daripada naik motor bebek atau matic pada saat itu. Bertekadlah saya untuk menabung dan akhirnya bisa terbeli Byson walau second di tahun 2015 lalu. Pilihan saya adalah tetap Byson Karburator! Kenapa? Karena menurut pandangan saya sebagai awam pun, desain Byson Karbu masih bisa diterima bahkan di tahun 2015 sekalipun. Gak setuju? Berarti berbeda pendapat…

Byson fi di Indonesia, kurang peminat!

Di awal kemunculan Byson FI tahun 2015 lalu saya cukup excited . Berharap ada perubahan masif dari sang Byson karbu tanpa harus kehilangan soul yang sudah kuat di Byson generasi awal. Nyatanya, keputusan Yamaha Indonesia untuk memasukkan mentah-mentah desain Yamaha FZ-16 FI dari India cukup bikin saya kaget. Terlebih, desainnya pun bisa dibilang sudah kurang karakternya dibanding Byson karburator.

Di India, Byson FI udah pake cakram belakang!

Penerimaan masyarakat pecinta otomotif di Indonesia sudah kurang semenjak datangnya era motor injeksi 150cc bertenaga besar. Apalagi, sang Byson FI masih pakai rem belakang tromol, dan mesin yang bisa dibilang sudah cukup jadul dengan air cooled dan 2 Valve. Walau begitu, Byson FI dianggap lebih efisien dan irit nih. Yamaha Byson FI memiliki kapasitas engine 149,3cc serta power menjadi 13,06PS@8000rpm. Walau lebih kecil daripada Byson karbu diatas kertas, tetap saja akselerasinya terbukti lebih sangar akibat pengabutan bahan bakar Injeksi yang lebih efisien dan tepat.

Yamaha Byson FI Indonesia kapan?

Dugaan saya semenjak lahirnya Byson FI pun terbukti. bahwa motor ini sepertinya akan kurang menarik minat pasar gak seperti layaknya Byson Karbu. Puncak kemirisannya adalah pada tahun 2017 lalu, walau diupdate warna sebanyak 2 kali, nyatanya Byson FI hanya sukses terjual 678 unit sepanjang 2017, atau kira-kira 56 unit saja perbulan. Makin parah jika melihat Data AISI Januari 2018, dimana si Gagah berotot ini hanya terjual sebanyak 2 unit saja se Indonesia…

Byson karbu gak kalah gagah… mending pake desain yang ini deh

Last, gimana Yamaha? Saran saya sih, sebagai pengguna Byson juga, mending disuntik mati aja deh! Atau, bikin lagi Byson dengan mesin yang lebih bertenaga dan juga tampang yang sekiranya mirip sama Byson Karbu yang desainnya everlasting… Misalnya, dengan engine 225cc Scorpio yang dibuat injeksi? Atau sekalian 250cc deh? Atau 150cc pakai mesin Vixion R dengan kenyamanan khas Byson? Just an option.. Ya semoga Yamaha segera bergerak deh. Salam seruduk!

Semoga berguna!

Jangan lupa follow media sosial saya lainnya untuk bersilaturahmi..

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com

Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

Baca juga berita menarik lainnya bro..

.<

Advertisements

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*