Lampu LED Putih Masuk Surat Kabar Karena Terlalu Silau! Setujukah?

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist,salam geber sampai redline!!

lampu vario

Ilustrasi lampu LED terang

Lagi-lagi,lampu yang berwarna ‘anti mainstream’ ini menuai omongan di kalangan publik brosist. Setelah sebelumnya,lampu LED bawaan pabrikan ikutan ditilang karena cahayanya yang dianggap terlalu menyilaukan oleh pak polisi (baca :Lampu LED Bawaan Pabrik Ditilang Polisi?? LUCU Banget Nih!),lalu sempat saya bahas juga mengenai lampu HID yang terlalu menyilaukan sehingga mengganggu masyarakat (baca : Yang Pakai Lampu HID Super Silau dan Stoplamp Putih,Udah Puas Bikin Celaka Orang?!).

Akhirnya kejadian juga brosist. Lampu LED alias Light Emitting Diode yang minim konsumsi energi namun sangat terang ini,menuai banyak kontroversi para pengguna jalan yang berpapasan dengan lampu jenis ini. Walaupun sangat terang dan minim energi,ternyata lampu seterang ini bisa juga menuai protes di masyarakat brosist.

wp-1450352352130.jpeg

Contoh lampu kuning biasa yang sudah diset ketinggiannya

Dilansir oleh surat pembaca yang tak diketahui namanya ini,yang saya kutip dari blognya kang Aripitstop dan Sijidewe,bahwa ada masyarakat yang memprotes keberadaan lampu berwarna putih ini,yang dianggap sangat menyilaukan dan membahayakannya,sehingga mengganggu jarak pandang bagi pengendara lain ataupun pejalan kaki pada malam hari.. Adapun ‘protes’ dari masbro/mbaksis ini adalah sebagai berikut :

surat-pembaca-warga-terganggu-lampu-putih-menyilaukan.jpg

“Kepada pihak yang berwajib,tolong tindak pengendara yang menggunakan lampu berwrna putih,karena sangat menyilaukan mata dan mengganggu jarak pandang bagi pejalan kaki atau pengendara lain dimalam hari.. Terimakasih.’

Protes tersebut dikirim oleh nomor 085776463XXX. Ya,walaupun belum diketahui,lampu putih seperti apa yang dibicarakan oleh masbro/mbaksis pengirim surat ini. Apakah,lampu putih yang dimaksudnya tersebut adalah lampu HID tanpa projector,ataukah lampu LED yang sudah dikeluarkan dari pabrikan asli? Entahlah..

lampu alay lg

Bila memang masbro/mbaksis ini mengeluhkan lampu LED putih asli pabrikan yang terlalu menyilaukan,maka perlu diadakan evaluasi nih buat para pabrikan yang menyediakan motor dengan fitur lampu LED yang terang ini. Seperti yang kita ketahui bersama,bahwa lampu LED saat ini sudah menjadi fitur wajib dan ‘kekinian’ bagi motor-motor keluaran terbaru di Indonesia.

Nah,bila masalahnya ada di lampu LED bawaan pabrikan seperti ini,mau gak mau kita sebagai pemilik motor yang harus mengakalinya sendiri brosist. Hal ini contohnya sudah pernah saya tuliskan di artikel tentang mengatur ketinggian cahaya lampu LED New CB150R (Agar Tak Terlalu Menyilaukan,Begini Caranya Setting Ketinggian Lampu All New CB150R!). So,semoga saja dengan adanya fitur lampu LED yang terang ini,bisa membuat manfaat bagi kita juga bagi orang lain pengguna jalan lainnya ya brosist. Jangan sampai,punya motor bagus tapi bikin orang gak suka ataupun bikin orang lain kesal tuh..

Gimana brosist? Setujukah bila lampu berwarna putih yang terlalu silau ini diprotes oleh pengguna jalan lainnya? Sebenarnya gak ada salahnya sih bila motor memakai lampu putih.. Namun ada baiknya bila lampu putih ini diiringi dengan penyettingan yang benar,agar gak merugikan orang lain juga ya brosist.. Semoga membantu :D.


Thanks for reading and sharing,leave some comments below here,and see you on the next article.

Wassalamualaikum.

Written by Alki Rahmatullah

Follow me on..
Whatsapp : 08892377086
Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

Advertisements

24 thoughts on “Lampu LED Putih Masuk Surat Kabar Karena Terlalu Silau! Setujukah?

    • di luar negeri penerangan jalan sangat bagus, sehingga dengan adanya lampu kendaraan yang terang tidak terlalu menyilaukan mata. sedangkan penerangan di jalanan indonesia rata rata masih ZONK atau tidak cocok untuk jalan malam sehingga sangat membahayakan jika hanya di terangi menggunakan lampu kendaraan. contohnya : main hp di kamar gelap pakai brightness paling tinggi dibandingkan main hp di kamar lampunya nyala dengan brightness yang tinggi pula rasanya akan sakiit kalau main hp di kamar gelap. jadi bukan masalah orangnya yang bisa menerima atau nggak!!!!!!!

      Like

    • LAMPU LED Memang rata2 Silau bangeet, Bukan Lampu LED pun jika masangnya Kurang Tepat atau terlalu naik, Juga Bisa Silau.. Cuman Pada Produk Terbaru yang menggunkan LED Hampir Keseluruhan Menyilaukan.. apakah Tidak ada Uji kelayakan yang menangani Hal Tersebut..?

      Like

  1. Sebenarnya gak ada salahnya sih bila motor memakai lampu putih.. Namun ada baiknya bila lampu putih ini diiringi dengan penyettingan yang benar,agar gak merugikan orang lain juga

    memang harus di pastikan oleh produsen bahwa setiang ketinggian sorot lampunya sesuai standart, sering nya hal ini tidak dilakukan oleh produsen dengan alasan produktifitas kerja .
    dan bisa dilakukan di bengkel resmi saat, service gratis.

    produsen ga tanggung jawab!!!

    Liked by 1 person

    • Yang saya Jumpai dan saya rasakan di jalan Untuk Motor baru yang menggunkan LED ( Bukan Modif) semunya Silau men… apakah memang Salah Setting ..? tapi kok Mayoritas ..Silau, pada Motor New CB150R dan Vario 150

      Liked by 1 person

  2. Aslinya para bikers alay aja yang sok2an pakai lampu putih/hid/led/projie atau tambahan2 lain yang SENGAJA dihadapkan ke depan. Kl emnk bikers memasang lampu menghadap kebawah tidak akan pernah ada masalah. Saya pemakai HID, semua kendaraan saya pakai HID. Dan selalu menghadap kebawah. Sejak thn 2009 saya pakai HID ga prnah ada masalah atau orang komplain hingga beberapa tahun/bulan terakhir ini.
    U know what i mean lah…
    indonesia orang nya seperti apa..
    jadi silahkan evaluasi diri saja bagi pengguna lampu putih

    Like

  3. baruu kemaren kejadian sama ane bro..

    ane klakson sama teriakin aja… “silau wooy!”

    kalo ga salah itu motor vario led putih, trus di nyalain tuh lampu jauhnya.. g*bl*k dah

    Like

  4. Pingback: TPT Honda All New CBR150R Selesai,Siap Launching 14 Februari Esok! | Indoride.com

  5. Pingback: Honda All New CBR150R Berubah Total Dari Segala Sisi,Ini Dia Kelebihannya Dari Versi Sebelumnya! | Indoride.com

  6. Pingback: Waduh! Banana Arm Yamaha M-Slaz/Xabre Sampai Patah Begini,Ngeri Banget! | Indoride.com

  7. Pingback: Beberapa Part Keren Yamaha Xabre Yang Bisa Dijadikan ‘Sembako Modif’ Untuk Motor Sport Lain!! | Indoride.com

  8. Pingback: Lampu Sein New Vixion Cocok Dipakai Di Segala Motor ; Bahkan Di Moge Sekalipun! | Indoride.com

  9. Mw hadapin k bawah klo kontur perbukitan masih bisa kena mata tuh..bhaya ktmu pas tanjakan atw turunan nikung..klo ak tetep aja lmpu biasa..g dbacotin org..

    Like

  10. Pingback: Daily Review Honda CBR250RR ; Sorot Lampu Depannya Terang dan Fokus, Jalan Gelap No Problem! | Indoride.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s