Kehilangan SIM Dan STNK,Sudah Pakai Surat Kehilangan Resmi Masih Ditilang Juga?!

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist,salam geber sampai redline!!

Ilustrasi Razia Resmi

Ilustrasi Razia Resmi

Beberapa waktu lalu,kita sempat digegerkan dengan perlakuan oknum yang membuat ramai jagat raya dunia maya,dengan melakukan tindak penilangan terhadap bikers yang sebenarnya hanya melakukan kesalahan kecil,ataupun bahkan tidak melakukan kesalahan sama sekali. Gak heran,banyak netizen yang merasa kesal dan mengeluarkan sumpah serapah nya di kolom komentar.

Berita tentang tilang menilangnya bisa dicek disini bro sist..

Tak henti-hentinya,semenjak berita penilangan tak lazim tersebut beredar,banyak netizen yang menshare hal yang sama tuh brosist,berdasarkan pengalaman yang dialaminya! Nah,belum selesai tuntas tentang berita-berita tersebut,sekarang adalagi nih berita yang bikin geger sekaligus geram netizen! Dishare oleh mbak Dewie R Sidauruk di laman Facebook pribadinya,ia menceritakan apa yang terjadi dan dialami oleh adik sepupunya! Yang terjadi kurang lebih seperti ini kronologinya :

screenshot_2016-02-23-05-39-03.jpg

“ini dia tadi polisi yang nilang di jalan… padahal udah ada surat keterangan hilang sim dan stnk… tapi tetep mau ambil motor atau kasih 200 ribu… Awalnya minta 400 rb *pengalaman adik sepupu tadi pagi!!! Pak polisi kasihan anak-anakmu makan uang tidak halal :)))” Dishare tanggal 20 Februari 2016 pukul 11:07pm

Nah,apakah yang menjadi kesalahan adik sepupu dari mbak Dewie ini ya brosist? Wah saya kurang paham tentang seluk-beluk hukumnya nih,tapi menurut info yang saya dapatkan dari berbagai sumber,ternyata surat kehilangan ini hanya berlaku untuk waktu tertentu. Namun lagi-lagi,belum jelas seperti apa kronologi lengkapnya,jadi jangan main judge dulu ya brosist!

Jadilah di dalam cerita tersebut,ia ditilang dan diminta untuk menyerahkan motornya atau menyerahkan uang sejumlah 400 ribu rupiah,namun berubah jadi 200 ribu rupiah! Nah.. Ini nih yang sekiranya ingin saya sorot sih..

Kalau soal SIM dan STNK “sementara” ini saya memang gak ngerti aturannya brosist. Maklum bukan anak hukum :D. Namun,yang bikin agak “janggal” nih,ada kata-kata uang disitu brosist.. Apakah harus pakai uang kalau masalahnya kayak gini??

Jangan lupa ini saat terkena razia

Jangan lupa ini saat terkena razia

Saya selalu memberikan respect yang tinggi kepada pihak kepolisian,terlebih polisi adalah sosok yang “seharusnya” mengayomi masyarakat,dan membuat masyarakat aman. Tapi,ketika semua berjalan seperti ini,masihkah ada respect yang diberikan oleh masyarakat kepadanya? Semoga saja hanya oknum,dan hanya terjadi sekali ini saja.

Nah,kalau SIM atau STNK hilang,jangan sekali-kali mengendarai kendaraan ya brosist.. Karena memang sudah seperti itu prosedurnya. Namun,didalam cerita ini,harusnya ada tenggang waktu untuk surat kehilangan tersebut,agar kendaraan masih bisa dipakai kemana-mana. Belum jelas didalam cerita,apakah surat tersebut sudah ‘mati’ atau masih berlaku..

Last,kita tunggu saja berita selanjutnya tentang kasus ini ya brosist. Apakah memang letak kesalahan ada di pengguna jalan dengan surat kehilangan tersebut,atau ada di pihak kepolisian. Semoga segera ditanggapi dan diusut tuntas ya brosist.. Agar citra pihak kepolisian sebagai pengayom masyarakat bisa terus baik :). Gimana tanggapanmu? Ayo share di kolom komentar brosist,biar bisa diskusi bareng-bareng..


Thanks for reading and sharing,please leave your comment below here,and see you on the next article.

Wassalamualaikum.

Written by Alki Rahmatullah

Follow me on..
Whatsapp : 08892377086
Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

Advertisements

11 thoughts on “Kehilangan SIM Dan STNK,Sudah Pakai Surat Kehilangan Resmi Masih Ditilang Juga?!

  1. ya pasti ditilang karena memang surat hilang itu tidak bisa menggantikan sim dan stnk, tapi digunakan untuk mengurus kembali pembuatan sim dan stnk.
    jadi pengendara memang salah. polisi juga salah minta duit, kurang gajinya kali.

    Liked by 1 person

  2. Tujuan operasi ranmor itu apa sih ?
    Sudah jelas kan kalau ada sim stnk / surat kehilangan itu motor bukan motor curian..
    Tambah busuk aja tuh perut oknum polisi !!

    Like

  3. Surat keterangan hilang bukan pengganti STNK atau SIM, bukan juga dipakai untuk berkendara, tapi dipakai untuk mengurus SIM & STNK yang hilang, sementara dibonceng dulu yah sampai punya STNK & SIM yang baru

    Like

  4. Balikin aja , bila bapak polantas mengambil motor nya , berarti maling ! , bila bapak polantas meminta uang berarti pemalak sama saja penjahat . Tanya saja , undang undang dari mana denda uang Rp. 200.000 atau Rp. 400.000 masuk kantong bapak polantas ? Kalau tidak bisa menjawab , kok dia bisa jadi pooantas ? .

    Like

  5. Kalau hilang ditengah perjalanan gimana misalnya keluar kota terus stnk hilang, minta surat keterangan kehilangan. Apa selama perjalanan pulang membawa motor dengan surat keterangan tadi masih di tilang juga?

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s