Pertama di Dunia! Test Ride dan Review Suzuki GSX150 Bandit Indonesia, BONGKAR Lebih dan Kurangnya!

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!

Brosist, judulnya wow banget yak? Wwkkwkw.. sekali-kali nyoba clickbait ala-ala supaya lebih heboh wkwk.. Tapi ga bisa dibilang clickbait juga sih, toh memang benar kok saya dan rekan-rekan media serta blogger yang mengikuti test ride kemarin menjadi yang pertama di dunia untuk ngetes dan Review Suzuki GSX150 bandit Indonesia! Jadi gak salah ya kan, ya dong? hehe.. Oke, sebelumnya mohon maaf baru bisa terbit sekarang karena 5 hari kemarin saya sedang berada di Thailand untuk trip singkat dan nonton Langsung MotoGP Buriram Thailand. Jadi baru bisa terbit sekarang deh.. Yang penting reviewnya sampe kan yaaa.. Oke, lanjut yuk brosist! Penasaran gimana review Bandit 150 ala om beruang IndoRide.com? Jangan di skip bacanya ocehhh…

Sebelumnya baik di video dan artikel saya sudah bahas first sight dan first impression Suzuki GSX150 Bandit yang dipajang di GIIAS 2018 ICE BSD Agustus lalu. Kali ini, Suzuki memilih Taman Impian Jaya Ancol sebagai tempat untuk melakukan test ride dan first review yang akan dilakukan oleh kawan blogger serta media. Asiiik banget nih! Karena tempatnya relatif luas dan hari Jumat, tanggal 5 Oktober kemarin Ancol relatif sepi dan gak crowded! Jadi, saya bisa cukup leluasa geber sang Bandit di beberapa spot sepi yang enak buat narik. Mantep bener! Yang hadir pun banyak, mungkin ada lebih dari 100 orang baik dari komunitas maupun rekan media dan blogger yang siap ngetes kenyamanan motor terbaru suzuki ini.

TEST RIDE DAN REVIEW SUZUKI GSX150 Bandit 2018!

Cuss!

Sebelumnya mau mengucapkan terimakasih kepada rekan-rekan dari Suzuki yang udah kasih kesempatan saya dan mang Kobayogas untuk ngetest lebih awal, karena habis shalat Jumat kami sudah harus berangkat ke Airport (suwun poll mba Yemima dan pak Banggas)! so, Saya dan mang Kobay berkesempatan untuk riding bareng dan ambil sedikit footage video di tengah riding kami. Kami juga dibantu oleh om Andika Diego di blognya andikadiego.wordpress.com yang udah bantuin kita untuk ambil foto! Mantaappp! Saatnya gasss Suzuki Bandit 150!

Oke, cusss! kebetulan IndoRide dapet Suzuki GSX150 Bandit warna putih hijau, atau nama jualnya adalah Brilliant White Aura Yellow, yang eye catching dan nyentrik. Pas banget sama jiwa muda IndoRide wkwkkw #halahhh! Langsung cobain naik di atas jok naked bike terbaru dari Suzuki ini. FEELnya bener bener berbeda dibanding naik GSX-S150! Tentu saja jadi lebih nyaman, karena jok terasa lebih lebar dan empuk, posisi stang dan footstep juga sedikit terkoreksi akibat jok yang lebih tebal. Feel in bike nya lebih dapet. Kesan pertama sudah mantap!

ERGONOMI SUZUKI GSX150 BANDIT 2018

Ergonominya, emang nyaman! Cuma.. footstep masih telalu mundur

Soal ergonomi adalah satu hal yang harus diperhatikan oleh pabrikan ketika merilis motor terbarunya. Apalagi, bermain di kelas Naked Bike yang biasanya orang juga mencari kenyamanan untuk dipakai jarak jauh maupun dekat. Suzuki berkomitmen untuk membuat Naked Bike terbarunya ini lebih nyaman untuk dikendarai harian maupun touring. Dengan revisi pada rangka belakang yang lebih rendah, membuat GSX150 Bandit pas dipakai berboncengan. Nah gimana kalo dipakai sendiri?

Bicara tinggi motor, dipakai oleh yang tingginya 180cm kayak saya jelas aman banget ya. Kaki full napak ke aspal tanpa harus jinjit. Tapi gimana kalo dipakai yang tingginya 155-160cm kang? Masih aman kok.. Walau agak jinjit sedikit, tapi tertolong dengan berat Suzuki GSX150 Bandit yang hanya 136kg, cukup ringan! Posisi stang juga membuat tubuh rata-rata bikers Indonesia menjadi tegap saat naik motor ini. Sayangnya, Posisi footstep masih tetap sama dengan GSX-R150 dan GSX-S150, agak sedikit mundur, tapi ini gak masalah karena posisi ridingnya malah jadi pas, tetap Sporty tanpa harus kehilangan kenyamanan!. Sekilas, posisi riding ini mengingatkan saya sama si Edward, Yamaha Byson yang juga mirip kayak gini ergonominya! Posisi tangan lurus yang selama 15 menit lebih dibawa keliling Ancol gak bikin pegel. Hemmm, jadi naksir nihh..

PERFORMA SUZUKI GSX150 BANDIT 2018, GAHAR!

Tenaga emang gahar!

Bicara performa dan hasil test ride, biasanya jadi sub-bab yang ditunggu-tunggu di artikel test ride ya bro, ngaku deh! wkwkwk.. Apalagi untuk motor Suzuki yang selama ini menonjolkan sisi performa yang beringas di kelas 150cc ini. Btw, udah tau kan kalo dari segi performa, Suzuki GSX150 Bandit sama persis dengan GSX-R150 dan GSX-S150? Yap, sama persis gak ada yang berubah masbro! So, ketika brosist membeli sebuah GSX150 Bandit, brosist akan mendapatkan mesin 150cc DOHC 4 Valve Radiator dengan tenaga 19.2 PS dan Torsi 14Nm! Gak berubah! Yang jadi pertanyaan, gimana kalau mesin gahar ini dimasukkan ke rangka terbaru yang lebih bersahabat? Masuk kah?

Buat jalan lurus kosong bener bener NAGIH!

Jujur saya suka banget sama karakter mesin Overbore yang putaran atasnya seakan gak abis-abis ini. Apalagi, GSX150 Bandit bisa digeber sampai limit di angka 13K RPM! Sangar! Tenaga tersalurkan dengan baik oleh rantai diteruskan ke roda berukuran 90/80 dan 130/70, membuat motor ini dengan mudahnya ngacir di aspal Ancol. Tapi tentunya bukan tanpa kekurangan, seperti biasa untuk mesin Overbore, terutama di generasi GSX-Series yang saya rasakan adalah tenaga bawahnya yang kurang begitu ngisi. Maklum, biasa bawa motor bermesin Square, hal ini pastinya berasa. Hanya perlu membiasakan diri untuk memainkan kopling dan gas agar sesuai dengan karakter yang kita inginkan. Mudah kok, karena pada dasarnya kopling dan gas GSX-Series ini ringan banget!

Untuk performa pengereman, saya rasa sudah cukup ya. Cakram wavy disk berukuran lebar di depan dan belakang dipadukan dengan kaliper Nissin, sudah cukup untuk memperlambat laju mesin bertenaga 19 daya kuda ini.

HANDLING SUZUKI GSX150 BANDIT 2018

Lihatlah betapa nyamannya handling GSX bandit 😀

Soal handling, yang saya rasakan gak ada perubahan sama sekali dengan GSX-R150 dan GSX-S150 yang lebih sporty. Walau ada perubahan bentuk rangka plus penambahan berat (136kg), namun bicara handling gak ada yang berubah dibanding dua pendahulunya. Di Ancol sendiri banyak tikungan yang cukup menantang untuk ngetes handling GSX150 Bandit. Mulai dari tikungan tajam, parabolic maupun tikungan putar semuanya menjadi hal yang mudah bersama GSX150 Bandit!

KELEBIHAN SUZUKI GSX150 BANDIT 2018

Bicara kelebihan dari motor ini, tentu saya acung jempol soal mesin dan tenaga yang bener-bener memanjakan brosist, terutama untuk yang seneng jarak jauh, karena mesin Overborenya siap melayani brosist untuk kondisi jalan lurus yang butuh tenaga lebih di putaran atas! Joknya juga fix lebih empuk, dan dengan perubahan jok serta buritan jadi lebih landai membuat motor ini jadi lebih nyaman dikendarai baik sendiri maupun berboncengan. Hal ini juga diakui oelh om Andika Diego yang sempat saya boncengi keliling ancol kemarin. Footstep boncenger juga jadi lebih turun, membuat feel berboncengan jadi lebih nyaman dan tanpa kendala. Diberikan behel/pegangan belakang juga jadi memudahkan boncenger untuk berpegangan, ataupun sekedar untuk memindahkan motor di parkiran. Useful!

Kelebihan-kelebihan lain mayoritas sama sih dengan GSX series sebelumnya. Seperti sensor ketinggian yang otomatis menyesuaikan debit bbm, sensor throttle positioning, dll. Fitur lain seperti speedometer full digital yang lengkap, headlamp LED, dan One Push STart System juga masih tersedia di GSX150 Bandit.

KEKURANGAN SUZUKI GSX150 BANDIT 2018!

Jatoh apa gak nih? hehe

Ada kelebihan tentunya ada kekurangan, hal yang wajar dari produk massal buatan manusia ya brosist. Nah kekurangan ini yang jujur saya rasakan selama test ride Bandit kemarin. Jika berbeda mohon maaf, mungkin feels kita beda saat ngerasain bawa sebuah motor. Dan sebelumnya ini adalah kekurangan yang saya rasakan di sesi test ride singkat selama 15 menit kemarin, jadi mungkin akan beda setelah pemakaian lama/daily life ride! Cekidott!

Seperti yang udah saya sebut diatas, kekurangan awal ada di jok nya. Walaupun sudah tandem dan lebih nyaman dibanding GSX-S150, tapi jok ini masih kurang begitu empuk dan jahitan kulit jok terasa biasa aja. Bagusnya, jok ini punya bentuk yang sangat ergonomis dan pas dengan lekukan *maaf* bokong kita, jadi bisa ditebak untuk duduk akan terasa pas dan nyaman, ya cuma itu agak kurang empuk aja busanya.

Kekurangan lain ada di tenaga bawah mesin yang terasa kurang “narik”. Terasa sedikit beda dibanding GSX-S150 yang akselerasinya sedkit lebih nampol. Mungkin efek berat yang lebih berat sekitar 6kg dibanding GSX-S150. Ini sih bisa diakali dengan ganti gear yang lebih besar, atau sesuaikan aja gaya ridingnya dengan narik gas lebih dalam. Simple.

Desain sih selera, gimana menurut brosist?

Kalo dari segi desain, ya ini bisa jadi kekurangan atau bahkan kelebihan, terganrung bagaimana brosist melihatnya. Soal harga… Sebenernya agak kaget sih, mepet dengan GSX-S150 yang sudah versi keyless. 26 Juta rupiah, saya kira suzuki akan memberikan harga yang shocking selama masa perkenalan. Ternyata, 26 Juta rupiah menjadi harga final yang ditetapkan Suzuki sebagai harga jual perdana di Indonesia. Tapi, jangan sedih dulu, ada diskon 3 juta siap menanti untuk pembelian Bandit 150 ini, cekidot artikelnya!

KESIMPULAN…

Suzuki GSX150 Bandit cocok banget buat brosist yang butuh “suasana baru” di kelas naked bike 150cc. Walau dari segi design banyak pro kontra, namun pastinya ada kelebihan yang sulit ditolak dari sang Bandit terbaru. Dari segi mesin pun gak ada perubahan, tetap gahar dan kencang seperti layaknya GSX150 series lainnya. Untuk handling pastinya gak diragukan lagi, tetap enak untuk dibawa selap selip. Intinya, GSX150 Bandit bisa jadi pilihan brosist yang seneng mesin kencang ala GSX, namun nyaman seperti layaknya Thunder yang pernah meramaikan kancah permotoran di tahun 2000an lalu. Tidak mudah, namun saya rasa GSX150 Bandit bisa bertarung di kelas 150cc naked bike Indonesia, sekali lagi, walau pasti tidak mudah.

Desain sih selera, gimana menurut brosist?

Jatoh apa gak nih? hehe
Ergonominya, emang nyaman! Cuma.. footstep masih telalu mundur

Gimana menurut brosist? Untuk videonya lagi diedit ya, semoga kelar di minggu-minggu ini. Makasih banyak untuk yang sudah nyimak dari atas, semoga bisa jadi pilihan terbaru buat brosist ya! Gassss!

Semoga berguna!

Jangan lupa follow media sosial saya lainnya untuk bersilaturahmi..

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com

Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

.<

 

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*