Test Ride dan Review Honda CRF250 Rally ; No Road No Problem, Gasss Terus!

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!

Gass gasss!

Honda beberapa waktu lalu memang sudah melaunching motor bergenre trail/enduro (genre apa ya sebenernya?) yakni Honda CRF250 Rally. Yap, saat itu sang CRF250 Rally ini dirilis berbarengan dengan Honda CRF1000L Africa Twin. Kebetulan waktu itu saya juga ikutan lihat prosesi launchingnya dan udah sempet icip-icip sedikit soal ergonominya brosist.

Hasilnya bisa dilihat di link berikut ini : Honda Resmi Merilis CRF250 Rally ; Harganya 62 Jutaan! Ancurrr Tabungan Bro! . Di link tersebut, lengkap deh pembahasan mengenai spesifikasi, gallery foto, hingga impresi awal saya dengan ergonomi khas trail nya CRF250 Rally. Nahh, setelah pertamakali nyagap istilah sundanya, atau pertama kali icip naikin, saya emang udah penasaran banget pengen tes motor buat blusukan ini! Seperti apa sih kemampuannya saat dibawa di “habitat aslinya”?

Tes nyagap CRF250 Rally, makin penasaran gimana pas dibawa di habitat aslinye!

Yang namanya rezeki gak akan kemana brosist, ternyata saya berkesempatan buat nyobain dan test ride langsung motor jangkung ini! Alhamdulillah, diundang sama PT. Wahana Makmur Sejati selaku Main Dealer Honda wilayah Jakarta & Tangerang untuk ngeliput prosesi launching plus bisa juga icip-icip test ride motor ini! Ahsedaapp, gak pake ba bi bu, langsung konfirmasi dan siap datang!

Lokasinya di Taman Impian Jaya Ancol brosist, tepatnya di dekat Mall Ancol. Memang disitu disediakan trek khusus BMX, yang juga biasa dipakai buat latihan offroad para pecinta motor garuk tanah. Sip! Udeh cocok bener inimah sama bodi si CRV! Eh CRF…

Registrasi dulu sama mbak-mbak cantik dari Wahana *ejiyeee :D, terus langsung disuruh duduk dan nunggu giliran ngetes! Adrenalin memuncak ke atas kepala melihat temen-temen dari Komunitas dengan asyiknya meliuk-liuk menggaruk tanah dengan CRF250 Rally!

Makin deg deg ser ngeliat yang lain tes duluan!

Sip, giliran ay ngetes setelah ngantre cukup lama! Ga pake lama langsung sikat itu protektor beserta sarung tangan dan helm Zeus yang keren banget itu. Sempet sanksi mau pakai helm MDS Pro Rider kebanggaan aink takut dikira salah kostum. Akhirnya nyoba pake helm trail. Muat sih, tapi nyiksa coy wkwkwk! Oke langsunggg gazzz.. Kebetulan kami dikasih 2 Lap buat ngiterin arena test ride! Ajib!

Arenanya luas, puaas!

Oia sekedar intermezzo saja, arena test yang dibuat oleh PT. Wahana Makmur Sejati ini bener-bener bikin kita serasa “Blusukan” beneran loh brosist! Gak kaya arena test ride pada umumnya yang biasanya hanya seuprit saja di arena parkir, tapi yang kali ini bener-bener bikin puas! Segala macem rintangan ada. Kayak misalnya gundukan tanah yang tinggi-tinggi, disambung dengan rintangan tanah basah beserta pasir basah, dan dilanjutkan lagi dengan jalanan aspal, pokoknya asli test ride tadi puas banget! Oke lanjut..

Saya berdua dengan om Vandra MMBlog saat test ride CRF250 Rally ini. Saya jalan duluan meninggalkan om Vandra dibelakang. Bumpy road pertama saya lalui dengan mudah tanpa perlu mengeluarkan effort lebih. Setelah bumpy road dilalui, saya berhadapan lagi dengan tanah liat basah! Ah, iseng bener ini team Wahana.. wwkwk but its okay!

Saya coba untuk sedikit memelankan kecepatan motor untuk mengamankan diri dari ngegubrag konyol. Dilanjut dengan lintasan pasir basah juga. Ya akhirnya saya bisa beradaptasi melewati jalan tanah dan jalan pasir tersebut, setidaknya pada lap 1 saya harus lihat sikon dulu…

Mantebbb

Setelah semua itu, treknya disambung dengan trek aspal yang lumayan panjang. Jadi selain di “habitat aslinya”, PT. WMS juga mau bikin kita paham soal tarikan dari CRF250 Rally ini! Saat jalanan aspal, cuma tembus 70 km/jam di gigi 2 karena treknya pendek..

Lanjut masuk lagi ke jalur campuran batako dengan rumput, bikin jalan tersebut jadi licin banget. Terbukti banyak rekan-rekan dari komunitas dan juga beberapa rekan blogger terjatuh di bagian tersebut. Untungnya saya gak sampai terjatuh karena langsung saya gas kencang aja.. Jatoh gak jatoh yang penting gazz dulu dahh! :D.

Di lap kedua, baru saya bisa mengeksplor secara lebih dalam soal performa mesin 250cc DOHC milik CRF250 Rally ini. Memakai basis mesin dari Honda CBR250R Thailand single-cylinder, yang memang terkenal kaya akan torsi. Buat saya yang biasa bawa motor 150cc lemot, hentakan tarikannya cukup kerasa, bahkan dengan bobot saya yang berat pun..

So, di lap kedua, saya baru berani sedikit geber. Trek basah saya coba pakai teknik sliding ban belakang sambil di gas-gas dikit, tapi gak kenceng-kenceng banget. Pokoknya asal lewatnya lebih cepet dari yang awal aja udah syukur dah! Wkwkwk.. Traksi ban Michelin khusus offroad nya pun cukup baik, begitu juga dengan kemampuan shockbreker depan Showa serta shock belakang yang reboundnya manteb buat blusukan.

Trek-trek berikutnya dilalu alhamdulillah tanpa accident sedikitpun. Berhenti pun langsung turun kaki. Yah alhamdulillahnya punya badan tinggi besar, jadi ketemu motor jangkung juga ga usah takut, soalnya shocknya turun sendiri pas dinaikin! Wkwkwkwkwk…

Cocok buat hajar jalanan gak masuk akal rusaknya!

Terus menurut saya, CRF250 Rally ini gimana impresinya? Kalau menurut saya sih, motor ini rasanya sudah lebih dari cukup untuk meladeni trek-trek light offroad hingga heavy offroad blusukan ke jalan-jalan yang gak berbentuk! Feelnya asik, friendly, gak terlalu buas tenaganya namun tetap bisa bikin newbie kayak saya bisa menerabas jalan-jalan yang sulit dilalui dengan motor biasa.

Namun kalau untuk nerabas jalan aspal sih kayaknya kudu sabar-sabar disalip motor 250cc lain, ya karena bukan habitatnya! Wkwkwk.. Apalagi kalau lewat jalanan dengan genangan air, pasti becekannya nyiprat kemana-mana. Dijadiin supermoto baru manteb buat diaspal neh! Tinggal ganti velg plus ban aspal udah siap ngaspal jauh!

Murah, beli, langsung arogan gini nanti!!

Kesimpulannya, dengan harga Rp 63 jutaan OTR Jakarta, motor ini saya anggap sebuah paket hemat untuk kalian penghobi offroad pemula brosist! Tau kan harga-harga motor trail diatas 250cc itu harganya berapaan? Gak salah saya bilang, CRF250 Rally ini adalah paket hematnya! Dalam keadaan standart pun, sudah cocok kok melintasi jalanan yang rusaknya gak masuk akal. Dan pastinya buat lewat jalanan keriting, dia bakal lebih nyaman reboundnya dari motor biasa. Trust me deh!

So, Honda CRF250 Rally? No road, no problemo!! :D.

Video test ridenya dibawah ini nih, silahkan dinikmati! :D.

Semoga berguna!

Thanks for reading and sharing, please leave your comment below here, and see you on the next article.

Wassalamualaikum.

Written by Alki Rahmatullah

Follow me on..

Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com
Instagram : @indoride

Baca yang menarik lainnya brosist…

Advertisements

About IndoRide.com

Seorang pemuda yang mencintai dan punya passion di dunia Roda 2. Senang menulis dan sharing apa yang saya tahu dan saya alami. This is my ordinary blog, selamat berkunjung di IndoRide.com.
This entry was posted in Tak Berkategori and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s