Review Harian Honda CRF250 Rally Di Perkotaan, Di Luar Ekspektasi! Motor Idaman Pria Gagah Berani…

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist, salam geber sampai redline!

Honda CRF250 Rally, idaman pria gagah berani seperti saya.. Huhahaha, ojok protes!

Brosist, alhamdulillah beberapa waktu yang lalu saya kembali dipercayakan oleh Main Dealer Honda Jakarta-Tangerang yakni PT Wahana Makmur Sejati alias Wahana Honda, untuk mereview salah satu motor jangkung nan gagah milik mereka. Kalau brosist udah ngikutin Insiagramnya Indoride.com di @indoride. brosist pasti tau saya bawa motor apa beberapa waktu lalu. Yap, the handsome and tough Honda CRF250 Rally!! Asli seneng banget saat dikabarin bakal dapet unit test ride CRF250 Rally ini bro, kenapa?

Karena sejak awal perilisannya, saya emang udah penasaran banget sama motor ini. Ditambah waktu itu pernah diajak test ride juga sama Wahana Honda di trek cross Ancol, jadi kepengen ngerasain kalau dibawa harian dengan kondisi yang bermacam-macam itu gimana impresinya. Sebenarnya kali ini saya bakal nulis review CRF250 Rally ini saat dipakai harian, yang mostly jalanannya aspal dan macet aja ya brok. ehehe.. Maklum, dimari jarang ada tempat oprod hihi.. Soal reviewnya di jalur yang kurang wajar dilewati, brosist bisa lihat di tulisan yang satu ini :

Baca dulu nih artikel Test Ride dan Review CRF250 Rally!

Ditemenin Honda CRF250 Rally selama 5 hari, gimana impresinya?

Oke, kita mulai aja review on road dari motor jangkung ini. Dari segi desain, no doubt lah ya. Udah gagah banget! Apalagi kalau brosist pakai di jalanan umum kota Jakarta yang notabene ramai padat. Dijamin, rata-rata orang pada nengok ngeliat brosist pas lewat! “Ini motor kamen rider ye?” pikirnya. Ya! Ini semua berkat bodynya yang besar dan gagah perkasa, ditutupi dengan fairing yang layaknya motor Rally. Warna merahnya juga bikin motor ini makin ngejreng saat dibawa di jalan. Oke, saya ga akan bahas desain, karena secara overall saya udah suka banget sama desain dari motor ini. Unik, besar, dan gagah. Kalau desain mungkin masalah selera ya…

Baca dulu berita menarik lainnya!

Desainnya keren lah, no doubt!

Lanjut ke Fitur Honda CRF250 Rally! Motor ini walaupun didesain sebagai motor penggaruk tanah, yang biasanya minim fitur (CMIIW), tapi nyatanya fiturnya cukup kok bro buat riding harian maupun riding jarak jauh. Fitur-fitur standarnya seperti Speedometer yang sudah full digital, lengkap dengan rpm meter, trip A dan B, odometer, serta lampu hazard buat keadaan darurat! Tentu udah cukup dong ya buat adventurean nih.

Lampunya CRF250 Rally, terang walau kecil!

ada hazardnya lhoo.. Use wisely!

Speedometer Honda CRF250 Rally, adem di mata

Apalagi speedometernya juga adem di mata dan sangat jelas baik siang maupun malam hari. Fitur lainnya seperti headlamp LED dual eyes dan lampu sen LED juga membuatnya semakin cocok buat jalan-jalan baik onroad maupun offroad! Sinar lampunya terang ga? ooo jelass.. brosist boleh lihat di video instagram yang saya post beberapa waktu lalu ini :

//platform.instagram.com/en_US/embeds.js

Hmm, motor nagiiihh! Nyaman benerr hmmm

Lanjut lagi ke bagian Ergonomi Honda CRF250 Rally ini. Soal ergonomi, lagi-lagi semua motor yang saya test harus nurut dengan postur tubuh yang saya miliki. Dengan spesifikasi badan TB 180cm dan BB >100kg membuat motor apapun (150-250cc) rasanya masuk aja sama badan saya. Nah, kebetulan CRF250Rally ini punya ergonomi yang bisa dibilang rileks banget, asal brosist nyampe kakinya ke tanah! Wkkwkw.. Cukup ngeri juga bro, karena tinggi jok dari CRF250 Rally ini adalah 895mm! Alias hampir 1 meter.. Nahloh!

Buat saya mah aman nih!

Untungnya, suspensi belakangnya secara otomatis dapat menyesuaikan dengan badan saya hehe.. Suspensinya yang lembut, langsung ambles normal ketika saya naiki. Namun yang bagian depan tetep aja sih jangkung. Yang pasti ergonominya enak, tegap, saat dinaiki juga sangat rileks, apalagi kalau badan brosist mendukung. Wah enak broo.. Dibawa di jalanan rata dan bebatuan di daerah Depok pun cukup nyaman, ga bikin pegel. Dibawa macet? Asal kaki nyampe pasti nyaman aja! Cuma kalau dibawa agak lama memang keluhannya di bagian (maaf) bokong yang lama-lama akan kebas bro. Maklum, joknya tifisss.. :D. Soal suspensi saya bahas nanti selanjutnya..

Mesinnya kencang, rileks!

Lanjutt lagi ke bagian Mesin Honda CRF250 Rally! Nah, gimana nih soal kemampuan mesinnya baik di on road maupun offroad? Honda CRF250 Rally pakai mesin yang identik dengan Honda CBR250R Thailand single cyl nih masbro. Yang notabene adalah mesin high revving! Yup, dengan ukuran bore yang lebih besar daripada stroke, membuat mesin CRF250 Rally ini bisa sangat rileks bila brosist bejek sampai putaran atas, bahkan hingga lewat RPM 10 ribu.. Ngeri!

Kecepatan segini mah gampaang.. Asal sepi aja hehe

Hal ini pula yang membuat saya kesenengan geber motor ini di jalan yang sepi dan lurus hehe. Eits, tapi bener-bener sepi lho ya, jangan pas rame disikat juga hihi.. Lari 100km/jam bukan hal yang sulit buat motor ini. Asal ada nyali, dan ada bensinnya, motor ini siap membuat adrenalin brosist keluar dari dalam jiwa. Engine 250cc overbore turunan motor sport fairing tersebut emang ga bisa bohong deh bro. Terus, gimana soal tenaga di putaran bawahnya?

Menurut saya sih bisa dibilang biasa aja ya bro. Gak intimidatif, gak ngajol-ngajol agresif, namun bisa dengan mudah dikontrol dan digeber sesuka hati brosist! Dengan kata lain, kalau mau santai pun di putaran bawah masih enak, tapi kalau narik gas sedikit juga masih bisa bejaban sama 250cc lain! Hmm, katanya sih gini emang karakter motor buat Rally/Adventurean,,, Enak pokoknya!

Namun kekurangannya mungkin ada di panas mesin ya bro. Dengan mesin 250cc 1 silinder berpendingin cairan, motor ini punya panas mesin yang cukup berasa ke betis. Mungkin akibat dari siklus pembuangan panasnya yang lewat pinggir fairing bukan lewat bawah. Cuma ya ini perasaan saya yang biasa bawa motor 150cc SOHC aircooled, mungkin kalo brosist yang biasa bawa Sport 250cc 2 silinder sih bakal ngerasa nyaman deh!

Lainnya? No complaint.. Vibrasi halus banget (bahkan berasa lebih halus dari CBR250R? Cmiiw), tenaga mantap, cukup buat offroad offroad ria, maupun buat ngeledekin sport 250cc lain dijalan! :D.

Beralih ke Suspensi Honda CRF250 Rally. part ini yang bikin Honda CRF250 Rally jadi sangat easy to ride dan easy to control! Dengan suspensi depan merk Showa berukuran 43mm serta suspensi belakang Prolink membuat motor ini semakin nyaman dibawa di jalanan yang kurang rata! Saya coba untuk bawa motor ini ke trek yang biasanya banyak polisi tidur dan jalanan bebatuan, dan coba sedikit geber disana. Asli, berasa kayak lewat begitu saja tanpa ada halangan berarti! Wkwkwk, suspensinya nyaman benerr ini, bahkan buat harian!

Brosist yang biasa bawa motor matic atau sport yang shocknya keras mungkin bakal ngerasa betah naik motor ini. Nyaman dan ga berasa kalau ada halangan jalan jelek di depan. Shock Upside Down Showa nya memang ajib, dibantu dengan shock belakang prolink yang lembut bikin redaman jadi terasa sempurna. Lagi-lagi saya ga mengajukan komplain di sektor suspensi! Showa, you did it welll…

Next ke soal Konsumsi BBM Honda CRF250 Rally… Saya gak mengadakan penghitungan secara rinci mengenai konsumsi BBM motor ini brosist. tapi secara kira-kira sih ada di angka 1:25an, soalnya saya menempuh jarak sekitar 75km dan habis sekitar 3 liter pertamax saja. Lumayan lah, standarnya 250cc jaman now tuh segitu, apalagi diisi dengan bobot saya yang lumayan.. Bahaha :D. Ukuran tangkinya 10,1 liter bro, yang sudah cukup besar untuk ukuran motor sekelasnya. Di klaim sama AHM sih bisa jalan sampe 330km dalam kondisi full, alias 1:33, tapi kalo sama saya kayaknya gak berlaku tuh klaim itu deh. Wkwkwk..

Overall.. Motor ini emang sangat eye catching, keren, tinggi, jangkung, gagah perkasa, bahkan bisa disebut sebagai idaman para pria gagah berani! Wkwkwk.. Dengan desainnya yang keren dan dimensinya yang besar membuat siapapun yang naik motor ini bisa mendongkrak tingkat kerennya hingga 100%. Namun, tingginya yang gak wajar buat postur rata-rata orang Indonesia mungkin akan menjadi masalah nih bro. Tapi kalau brosist udah bisa mengendalikannya, ini adalah motor yang cukup nyaman dengan on road dan offroad capability yang baik! Apalagi kalau brosist memilih untuk memakai motor ini menemani keseharian brosist. Suspensi makjlub maknyoss, obstacle gak berasa! Mesin juga oke, namun dengan panas yang cukup berasa di betis terutama buat saya riders pemula hehe..

Keren, tapi butuh penyesuaian.. Hehe.. I believe i can flyyy

Last, Honda CRF250Rally memang keren, tapi memang bukan untuk semua orang. Tingginya cukup bikin jiper buat yang belum biasa. Tapi, buat brosist yang kepengen punya motor unik, beda dari yang lain, dan tangguh serta keren, CRF250 Rally bisa jadi pilihan pertama di list elo sob! Akhir kata, terimakasih untuk. PT. Wahana Makmur Sejati yang udah mempercayakan saya buat mereview motor ini selama beberapa hari! Gasss terus yuk, braappp!

Semoga berguna!

Jangan lupa follow media sosial saya lainnya untuk bersilaturahmi..

Instagram : @indoride
Facebook Fanspage : Indoride.com

Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

Baca juga artikel menarik lainnya bro..

Advertisements

4 thoughts on “Review Harian Honda CRF250 Rally Di Perkotaan, Di Luar Ekspektasi! Motor Idaman Pria Gagah Berani…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s