Water Transfer Printing ; Ngecat Pakai Air Dengan Hasil Yang Maksimal,Semua Motif Bisa!

IndoRide.com – Assalamualaikum brosist,salam geber sampai redline!!

Cat motor kalau kinclong enak dilihatnya :D

Cat motor kalau kinclong enak dilihatnya 😀

Brosist sekalian,cat pada kendaraan memang jadi daya tarik tersendiri buat orang-orang yang mencintai keindahan dan estetika. Pastinya,mereka ingin selalu tampil ‘good looking’,tentunya kendaraannya juga harus good looking dan selalu terlihat bersih tuh brosist. Nah,lagi-lagi,bagi para pecinta keindahan,cat yang melapisi kendaraannya bisa dijadikan ajang kreativitas bagi mereka untuk menumpahkan segala kreasi yang ingin dicurahkan. Modifikasi warna adalah salah satunya,membuat kendaraan jadi terlihat keren dan pastinya good looking terus..

Mungkin brosist udah pada tahu nih,ya gak ada salahnya buat dibahas lagi,siapatau yang belum tahu bisa jadi tahu juga :D. Kali ini saya akan sedikit bahas tentang hal yang bikin kendaraan brosist jadi terlihat kece terus nih. Yap,cat brosist. Pastinya,cat pada kendaraan memegang peran yang paling penting demi kendaraan terlihat selalu keren. Lebih enak mana,lihat kendaraan yang catnya kusam dan gak terawat,sama kendaraan yang catnya masih kimpling bin kinclong? Simpulkan sendiri.. :D.

Baca juga yang lainnya brosist..

Water Transfer Printing?? Apaan sih?

Water Transfer Printing?? Apaan sih?

Apa sih Water Transfer Printing? Menurut info yang saya ambil dari gugel,Water Transfer Printing atau yang juga dikenal dengan Water Immersion Printing,Hydrographic Printing,Hydro Dipping dan Hydro Imaging),adalah proses dekorasi  3 Dimensi,dimana dapat dicetak pada objek-objek yang rasanya rumit untuk ‘dicat’. Seperti Serat kayu,Fiber Carbon,dan lain-lain.

Proses Water Transfer Printing banyak digunakan untuk menghias objek apapun,selama objek tersebut memiliki permukaan yang masih dalam kondisi baik. Barang-barang apapun bisa dicat menggunakan teknik Hydrographic ini,media yang bisa diterapkan untuk teknik pengecatan simple ini adalah Plastik,fiberglass,kayu,keramik,dan logam. Selama barang tersebut bisa dicelupkan ke dalam air,berarti barang tersebut bisa ikutan dicat pakai cara ini brosist.. Cocok nih,buat gonta-ganti warna spakbor,body motor,dan barang-barang lainnya yang menunjang penampilan kendaraanmu.

Penasaran gimana mekanisme pengecatan di air ini,sehingga hasilnya bisa maksimal dan top banget,gak kalah dari cat spray pada umumnya? Jadi,teknik Hydrographic ini menggunakan bahan semacam Film yang larur didalam air yang mengandung pola atau sebutan kerennya Pattern tuh brosist. Pattern ini bisa larut didalam air,dan menyisakan tinta yang nantinya akan melapisi barang yang ente celupkan ke permukaan air tersebut. Nih lihat deh videonya yang saya ambil dari YouTube..

Kok kelihatannya agak ribet ya?? Gak juga kok brosist,lihat video di atas,maka brosist akan melihat dahsyatnya teknik Hydrographic ini.. Syaratnya adalah,objek yang akan dilapisi oleh film pattern tadi haruslah dilapisi cat dasar terlebih dahulu. Gunanya? Agar pattern sukses menempel sempurna di permukaan benda yang akan brosist lapisi tersebut. Setelah dipastikan kering dan sudah halus,barulah celupkan permukaan benda tersebut ke permukaan air yang sudah dipenuhi oleh tinta film yang sudah larut tersebut.

Nih,tinggal celup aja..

Nih,tinggal celup aja..

Jika sudah,angkat dan keringkan serta berikan finishing berupa cat clear atau pernish agar penampilan benda yang dicelupkan tersebut jadi semakin kinclong dan mengkilap.. Mudah betul bukan? Mantapnya lagi,segala macam motif bisa digeber oleh teknik pengecatan simple seperti ini.. Akan lebih mudah lagi jika brosist ingin pakai motif abstract yang tidak usah pakai pola.. Dikerjakan sendiri di rumah juga bisa tuh :D.

Nah,kalau pengen coba teknik Water Printing ini dirumah,kira-kira bahan inilah yang kudu disiapkan..

  1. Air hangat
  2. Cat semprot; primer coat, warna, atau clear coat utk finishing.
  3. Film (wooden looks, carbon looks, camuflage looks atau lainnya) atau
    Kertas Decal (Water slide transfer paper).
  4. Bak penampung air ukuran besar untuk proses pencelupan.
  5. Aktivator, sejenis perekat yg biasa sepaket dgn kertas film.
  6. Sprayer, semua jenis bisa dipakai.
Hasilnya josss,carbon fiber look!

Hasilnya josss,carbon fiber look!

water print 3

Gitar pun bisa,pakai motif abstract

Gitar pun bisa,pakai motif abstract

Stick Xbox? Bisa!

Stick Xbox? Bisa!

water print 6

Kalau mau mudah lagi,bisa cari di mbah Google tentang pengusaha jasa lapis cat water printing ini brosist. Pastinya,cari penyedia jasa yang terpercaya dan juga murah,supaya hasilnya joss dan gak mengecewakan.. :D. Bisa jadi solusi juga buat brosist yang suka modif-modif warna motornya,namun ingin tetap murah semurah skotlet,dan tidak ribet dan memakan waktu lama seperti cat dengan metode spray..

Ngecat didalam air? It sounds impossible but now it’s possible!!


Thanks for reading and sharing,leave some comments below here,and see you on the next article.

Wassalamualaikum.

Written by Alki Rahmatullah

Follow me on..
Whatsapp : 08892377086
Facebook Fanspage : Indoride.com
Facebook : Alki Rahmatullah
Twitter : @alkirahmatullah
Gmail : rahmatullahalki@gmail.com

Advertisements

6 thoughts on “Water Transfer Printing ; Ngecat Pakai Air Dengan Hasil Yang Maksimal,Semua Motif Bisa!

  1. Pingback: Konsep Modifikasi ‘Ekstrim’ Yamaha NMax Jadi Ala Low Rider dan Trail! | Indoride.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s